Tips sukses ternak burung LOVEBIRD trah maupun non trah

Selamat datang kembali para pembaca setia blog yantopedia, kali ini saya akan memberikan tips sukses ternak burung LOVEBIRD trah maupun non trah. Sebenarnya dalam urusan burung, nyatanya lebih mudah mengurus breeding daripada menyetel burung lomba. Mudahnya breeding yaitu jika kita bisa membedakan mana jantan, mana betina, kalau berjodoh masukkan kandang, kasih makan dan minum setiap hari, kasih vitamin dan menjaga kebersihan kandang, setelah itu tinggal sabar menunggu hasilnya.
Walaupun Lovebird adalah burung koloni, dengan pemilihan indukan trah jawara yang terbaik maka semua keturunannya disini bisa di latih menjadi Lovebird layaknya seperti burung fighter.
Hasil gambar untuk Tips sukses ternak burung LOVEBIRD trah
Burung Lovebird
beberapa hal yang perlu diperhatikan/dilakukan agar sukses ternak burung LOVEBIRD  maupun non trah adalah sebagai berikut :
1. Pembuatan Kandang
dalam pembuatan kandang lovebird, tentunya perlu diperhatikan berapa ukuran yang diperlukan, karena ada dua pilihan yang bisa dipilih dalam ternak lovebird, pertama adalah dengan mengurung beberapa pasang lovebird  dalam satu kandang atau yang biasa disebut dengan koloni, dan yang kedua adalah mengurungnya dalam kandang kecil karena hanya berpasang pasangan. dan jangan lupa utnuk membuat kandang umbaran untuk lovrbird.
Setiap kandang berukuran 1 X 1, 5 meter tersusun rapi di setiap sudut bangunan serta ukuran 3 X 4 meter untuk kandang umbaran yang biasa dijadikan menjodohkan calon induk ataupun untuk sekedar mengumbar, serta beberapa kandang yang tersusun rapi di tengah bangunan semakin memperindah dan mempermudah para perawatnya dalam kesehariannya mengurus breeding.
2. Pemilihan Indukan
untuk pemilihan indukan, alangkah baiknya melihat sifat fighter atau daya tempurnya di lapangan. Karena kalau burung fighter digantangkan pasti akan ‘ngekek’ dan tentunya akan bagus untuk dibuat indukan
3. Penjodohan
Proses Penjodohan terlebih dahulu Burung dilepaskan ke ruangan khusus, di dalam kandang koloni juga disediakan glodok, biarkan mereka mencari pasangannya masing–masing, setelah terlihat jodoh dan bertelur di dalam glodog yang tersedia barulah dimasukan ke kandang sendiri begitupula seterusnya.
Dengan ruangan yang luas, selain mengurangi tingkat stress karena ruangan sempit, meminimalkan resiko bertengkar yang biasanya terjadi jika ada lovebird baru yang dimasukkan ke dalam kandang koloni. Tentu saja mempermudah perjodohan secara acak.
Walaupun ada kelemahan, jika ada penyakit menular yang cepat menyebar. Hal itu bisa ditangani dengan menjaga kebersihan kandang dan pengaturan sinar matahari serta ventilasi udara yang masuk ke dalam kandang koloni.
4. Perawatan sehari - hari
Untuk perawatan sehari - hari perlu penjemuran dibawah sinar matahari pagi menjelang pukul 9.00, hal ini karena pada jam - jam segitu sinar matahari banyak mengandung Vitamin D yang masuk ke dalam kandang umbaran akan melatih Lovebird mempunyai power suara yang makin bagus dan menambah kerja menjadi semakin stabil. Sehingga tak perlu takut akan kehabisan tenaga, semua lovebird saling bersahut-sahutan asyik berjemur sambil bergelayutan diseutas tali yang disediakan dalam kandang umbaran yang berukuran 3 x 4 meter. 
5. Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan harian, semua lovebird dibuatkan seragam. Cukup diberikan millet putih yang tersaji pada batok kelapa dikandang umbaran yang didominasi warna biru. Tak ubahnya seperti kita makan nasi, kandungan nutrisi pada millet putih didominasi karbohidrat yang bersifat mengenyangkan dan tentu saja tidak akan menyebabkan birahi lovebird.
6. Pemberian vitamin
Di alam bebas Lovebird akan mencari sendiri asupan vitamin yang mereka butuhkan. Walaupun fasilitas sudah disediakan dan dibuat ruangan luas agar Lovebird bisa bebas bergerak. Kadang beberapa ditemui Lovebird yang stamina menurun dan tidak maksimal dalam pertumbuhannya. “Penyakit snot (mata) dan dada nyilet sering ditemui disini, 
Untuk mengobati penyakit mata ringan, BIO-SNOT produk dari EBOD JAYA. Obat berbahan baku 100% herbal ini mempercepat penyembuhan penyakit mulai dari iritasi mata hingga katarak dan tentu saja cocok bagi semua burung pemakan biji-bijian.
Sedangkan untuk Dada Nyilet dapat dilihat dari kondisi burung yang ringkih dengan berat badannya berkurang dan tulang dadanya yang menonjol. Kondisi ini bisa disebabkan karena kekurangan gizi dan vitamin, ada bakteri atau cacing yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika tidak ditangani secepatnya Lovebird akan menganggu fungsi metabolisme tubuh, reproduksi dan menyebabkan kematian.
8. Mengelola keluar masuk uang 
Mengelola keluar masuk uang sangat perlu di perhatikan dengan baik, hal ini untuk menyambungkan siklus kehidupan Lovebird dan yang pasti akan memperpanjang rezeki  bagi peternak. contohnya : anggap saja memiliki 10 anakan lovebird, 5 kita jual untuk pembiayaan pakan dan perawatan, dan yang 5 lagi dibuat calon induk untuk bahan tambahan. Bagaimanapun juga breeding harus mempunyai strategi. Resiko bisnis harus diperhitungkan misalnya indukan mati atau kabur dari sangkar. Kesemuanya itu agar Breeding bisa bernafas panjang tidak hanya mengejar keuntungan sesaat dengan menjual semua anakannya.
9. Menyetel Burung Lomba/trah
Lalu yang kesembilan dalah menyetel burung trah. Pentingnya pemberian Jagung muda sebelum lomba kerap mengantarkan Opium dan beberapa pelapis lainnya meraih prestasi. untuk para pengunjung setia yantopedia perlu ketahui, Jagung muda dan segar memiliki kadar air yang lebih tinggi dan kandungan karbohidratnya lebih dari pada jagung tua. Kandungan vitamin, mineral dan protein didalamnya selain membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh lovebird juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kekuatan tulangnya.
10. Pemasaran
Sistem pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan cara online atau offline. dalam zaman yang serba modern ini jual beli online sangat efektif untuk jual beli, tentunya juga harus menjaga hubungan baik dengan sesama pecinta burung agar lebih mudah untuk menjual hasil ternakan kita.disamping melalui relasinya sesama peternak Lovebird baik pembeli partai kecil maupun partai besar, pertemanan saat bertemu di arena lomba ataupun membangun pertemanan di jejaring Facebook.
Itulah Tips sukses ternak burung LOVEBIRD trah maupun non trah, semoga artikel ini dapat membantu permasalahan para pecinta lovebird terutama para bredding sekalian. terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini pada yang lain agar lebih bermanfaat.

0 Response to "Tips sukses ternak burung LOVEBIRD trah maupun non trah"

Posting Komentar