Penyebab nafsu makan itik pedaging menurunan drastis

itik adalah unggas yang sangat prospek untuk dijadikan bahan usaha, hal itu dikarenakan gampangnya perawatan dan makannya pun tidak rewel dan tentunya daging nya yang gurih sangat diminati masyarakat,belum lagi telurnya yang berukuran sedang sangat nikmat untuk digoreng apalagi dijadikan telur asin. Namun hal itu tidak segampang yang dibayangkan, karena tidak sedikit dari para pengusaha itik yang bangkrut atau memilih usaha yang lain dikarenakan kegagalan dimasa panen yang membuat modal kandas tidak kembali. Hal itu banyak disebabkan oleh kurangnya pemahaman / ilmu yang dimiliki si perternak pemula.
itik peking garut yantopedia
Banyak hal yang harus dipelajari dalam usaha itik agar tidak merugi, contohnya saja tentang nafsu makan itik yang akan saya bahas kali ini, jika nafsu makan itik menurun jelas saja jika daging tidak bisa sampai pada bobot yang telah ditargetkan, untuk itik petelur juga pasti produksi telurnya akan menurun.
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan itik pedaging adalah :
1. Penyakit
Hampir semua serangan penyakit pada itik semisal berak kapur, berak darah , cacingan dan lain sebagainya menyebabkan penurunan atau bahkan hilangnya nafsu makan itik. Hal ini wajar dikarenakan tubuh itik yang terserang penyakit akan menjadi lemah dan kekurangan energi untuk bergerak mencari makan atau lesu. Bila serangan penyakit itu juga menyerang persendian dan saluran pencernaan itik maka nafsu makan itik akan berhenti total yang berujung kematian itik. Hal itu tentunya akan membuat para pengusaha itik kebakaran jenggot mencari solusinya.

2. Tingginya suhu kandang

Tinggi rendah nya suhu kandang sangat penting untuk keseharian itik, tingginya suhu kandang yang tinggi/panas akan cepat direspon oleh tubuh itik, dan untuk menormalkan panas itu itik biasanya mengibas-ngibaskan sayapnya dan megap-megap dan minum lebih banyak dari seharusnya. Karena lambung itik terbatas dan banyaknya konsumsi air minum menyebabkan asupan pakan itik berkurang dari seharusnya. Sebaliknya bila udara dingin maka itik makan lebih banyak akibat tubuh itik membakar energi untuk menormalkan suhu tubuhnya dan harus mengganti energi yang hilang tersebut dengan makan yang lebih banyak. Untuk mengatur agar suhu kandang tidak panas maka buat ventilasi yang cukup besar, buat satu dari arah angin masuk dan satu lagi dari arah angin keluar agar suhu bisa berganti setiap saat.

3. Tingginya kadar amoniak

Tingginya kadar amoniak dapat menyebabkan bau kandang sangat menyengat, tingginya kadar amoniak ini disebabkan oleh kotoran itik dan sisa pakan. Hal itu dapat menyebabkan itik rentan dari serangan penyakit dan juga menyebabkan nafsu makan itik berkurang akibat tercemarnya udara kandang dan hilangnya aroma pakan. Selain dari bau yang menyengat kita dapat mengetahui tingginya kadar amonia secara sederhana dengan timbulnya rasa pedih pada mata dan hidung.

4. Stres

Stres dapat dialami itik biasanya disebabkan oleh perpindahan kandang, perubahan jenis pakan, kandang terlalu padat, adanya ancaman dan lain sebagainya akan menyebabkan penurunan nafsu makan. Saat stres, itik butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan/kondisi barunya dan ini menekan sifat ingin makannya. Setelah proses adaptasi itu selesai maka nafsu makan itik biasanya akan kembali normal.

5. Pakan & Ketersediaan Air

Jelas pakan dan ketersediaan air sangat berperan penting bagi nafsu makan itik. Hal itu dikarenakan itik adalah hewan yang doyan sekali makan dan minum. Namun jika tiba – tiba itik nafsu makannya menurun drastis sudah di pastikan bahwa ada yang tidak beres pada pakan dan air minumnya. Faktor dari pakan itik yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan itik diantaranya adalah :
  • Pakan kadaluarsa/tidak segar,
  • Terlalu tinggi kadar EM dan proteinnya,
  • Pakan banyak mengandung garam/asin,
  • Perubahan drastis jenis pakan,
  • Warna dan aroma ransum tidak menarik dan lain sebagainya.
Itik terbiasa mencari air setelah makan ( terutama pakan kering ) dan jika tidak tersedia cukup air minum maka tentu jumlah konsumsinya akan berkurang. Maka dari itu lebih pintarlah untuk menyediakan pakan dan persediaan air minum yang baik untuk itik anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik pedaging

itulah beberapa Penyebab nafsu makan itik pedaging menurunan drastis, semoga artikel ini dapat berguna bagi para pengusaha itik. jika ada pertanyaan silahkan taruh dikotak komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Penyebab nafsu makan itik pedaging menurunan drastis"

Posting Komentar