Ciri – ciri kambing bunting / hamil 99% benar

Selamat datang kembali para pengunjung setia yantopedia, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tanda kelinci hamil dan yang telah saya beri judul ciri – ciri kambing bunting / hamil 99% benar, fase ini sangat penting untuk para peternak ketahui agar kelak jika kambaing sudah dalam pasca melahirkan akan siap dengan kandang tempat anak.

Pada fase pertama kehamilan kambing (masih dara), kehamilan belum terlihat jelas perbedaan fisik yang nyata. Ukuran ambingnya (putting) pun masih kecil, sehingga sulit untuk menentukan apakah kambing dara tersebut sedang hamil atau tidak. Namun kalau sudah hamil tua tentunya sudah bisa dikenali dengan tanda perut agak lebar dan kendor, dan nafsu makan dan minumnya bertambah dan bulu akan Nampak mengkilap dan lebih halus. Jika dilihat dari gerak geriknya kambing akan lebih jinak dari biasanya,tenang dan tidak gelisah

Jika penasaran dengan kehamilannya, maka ada cara sederhana untuk mengetahui apakah kambing sedang hamil atau tidak, hal ini diajarkan oleh petugas kawin suntik dan kesehatan yang datang kerumah saya. Pertama ikat leher kambing dengan tali pada tiang agar tidak lari, kemudian tutup hidung dan mulut kambing dengan tangan secara rapat. Jika dalam hitungan 30 detik si kambing terkencing-kencing berarti si kambing sedang hamil sekitar 1-2 bulan, jika dalam waktu 20 detik si kambing sudah terkencing-kencing berarti kambing diperkirakan sedang hamil 3-4 bulan dan kalau dalam waktu 10 detik saja kambing sudah terkencing-kencing berarti kambing sedang hamil tua sekitar 5 bulan. Hal itu menjadi acuan para peternak senior dan para petugas kawin suntik.

Sedangkan kambing yang sudah pernah beranak akan lebih mudah lagi mengenali hamil ataukah tidak, kehamilannya bahkan saat usia kehamilannya kurang dari 2 bulan. Ambing susu membesar, jika diperah akan keluar cairan bening yang lengket di kulit dan pada usia kehamilan yang lebih tua cairan tersebut berubah menjadi warna kuning transparan seperti gula pasir yang terkena air (meleleh). Pusar di perutnya melebar, nafsu makan bertambah dan perutnya yang membesar.

Itulah artikel ciri – ciri kambing bunting / hamil 99% benar, dan jika anda ingin tau bagaimana cara perawatan kambing maka silahkan klik dan baca artikel Perawatan pada kambing bunting/hamil lengkap  yang sudah yantopedia siapkan untuk para peternak yang berbahagia. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih. Silahkan copas artikel ini jika bermanfaat namun jangan lupa untuk mencantumkan sumber.

Disarikan dari blog sebelah


0 Response to "Ciri – ciri kambing bunting / hamil 99% benar"

Posting Komentar