Cara jitu merawat lovebird agar cepat bertelur dan selalu produktif _[Yantopedia]



Selamat datang kembali di blog yantopedia yang mengulas lengkap tentang cara merawat hewan dan berternak. Kali ini kami akan mengulas tentang cara jitu agar lovebird cepat bertelur dan produktif. Karena pasti setiap peternak menginginkan lovebird yang diternaknya dapat lancar bertelur dan produktif agar mendapatkan laba yang menguntungkan. Untuk itu simak ulasan dari yantopedia berikut ini.


sebelum melakukan proses perkawinan alangkah baiknya jika merawat calon induk terlebih dahulu, saran saya adalah dengan membeli lovebird bakalan dengan cirri fisik juara agar kelak anak turunnya bisa membanggakan pemiliknya. Untuk proses perawatan lakukan pemandian secara teratur (baca artikel tentang cara merawat lovebird bakalan di kotak Search). Dan untuk pemberian pakan berikan makanan yang memliki kandungan khusus yang dapat membuat lovebird anda cepat birahi seperti :

a. Kangkung
b. Biji bunga matahari
c. Jagung muda (jagung manis)
d. daun bayam
e. tauge
f. tulang sotong

Menurut pengalaman saya sayuran diatas sangat ampuh untuk meningkatkan birahi lovebird terbukti pada indukan lovebird yang saya ternak. Setelah pemberian makan tersebut maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah membuat indukan nyaman dengan suasana kandangnya seperti ulasan dibawah ini.

1. Tempatkan pasangan lain pada suatu tempat yang sama
Untuk merangsang bakalan yang sudah mapan maka letakkan sangkarnya di dekat sangkar lovebird yang sudah produksi, jangan lupa sangkar kedua bakalan jangan dipisah agar bisa kawin secepatnya.

2. Gunakanlah lampu full spektrum
Lampu ini akan mempercepat proses bertelur si betina, kenapa demikian? Karena lampu ini memiliki suhu warna sekitar 5500, jadi bisa dibilang sangat tenang dan sejuk untuk proses bertelur. Sebaiknya selalu gunakan lampu full spektrum di kandang lovebird, dengan tujuan agar sang betina mau untuk bertelur dengan kondisi yang nyaman. Jika perlu Anda juga bisa menggunakan timer pada lampu tersebut, agar jika malam hari lampu tersebut mati dan burung Anda pun lebih nyaman untuk beristirahat. Namun jika anda ingin berhemat maka tidak usah memakainya juga tidak masalah, karena saya sendiri berternak lovebird dengan apa adanya tetap produktif namun dengan perawatan yang baik.

3. Atur pola makan
Jika Anda ingin sang betina cepat bertelur maka gantilah menu makanannya dengan menu makanan yang dapat merangsang proses bertelur seperti pemberian sayuran yang saya jelaskan diatas.

4. Pemasangan kotak sarang yang tepat
Agar proses bertelur dan pengeraman lancar sebaiknya Anda buatkan kotak sarang yang tepat. Gunakan kotak sarang yang tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil, untuk pintunya sesuaikan dengan ukuruan tubuh burung Anda. Selain itu Anda juga harus menyiapkan serutan kayu setebal 2,5 cm untuk sarang burung di dalam kotak. Jika ingin yang mudah maka dapat menggunakan rumput teki yang sudah dijemur hingga benar – benar kering. Menurut saya sarang dari rumput teki lebih bagus karena lebih empuh dan lentur membentuk sarang bulat yang baik.

5. Pemberian pakan saat bertelur
Jika induk sudah bertelur maka jangan sekali – kali anda melihat – lihat kotak sarangnya lagi karena lovebird memiliki sifat ganas yang mudah emosi jika sarangya sering dilihat, jika sudah demikian maka telur yang sudah ada akan di cocor atau dipecahkan dan dibuang. Untuk pemberian pakan cukup beri milet putih jangan memberinya sayur lagi. Karena untuk menekan birahinya agar tidak naik. Jika sudah terjadi induk akan membuang telurnya.

6. Perawatan setelah telur menetas
Telur pertama akan mentetas pada hari ke 21 – 22, namun jika pada hari itu tidak menetas jangan dibuang dulu telurnya karena biasanya sang induk bertelur selang 3-4 hari, bahkan milik saya sampai 5 hari. Untuk itu jika telur lebih dari 2 maka aka nada kesempatan telur yang ke 3 – 5 akan menetas. Setelah terhitung 30 hari setelah dilihat kembali belum juga menetas maka anda bisa membuang telur – telur tersebut dan memulainya dari awal kembali dan bisa mengganti pejantannya atau coba satu dua perkawinan lagi. Namun jika telur – telur tersebut menetas maka hal yang dapat anda lakukan adaah memberinya makanan berupa milet putih dan jagung biasa (bukan jagung manis), seperti proses bertelur jangan sekali – kali anda melihat – lihat anakan yang sudah menetas karena induk akan membunuh bayi – bayinya sendiri. Anakan bisa anda angkat setelah berumur 15 – 18 setelah menetas untuk di spet sendiri agar sang induk bisa melakukan perkawinan kembali secara produktif.


Itulah ulasan yantopedia kali ini tentang Cara jitu merawat lovebird agar cepat bertelur dan selalu produktif. Jangan lupa share artikel ini dengan mencantumkan sumber dan agar dapt lebih bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya kami ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara jitu merawat lovebird agar cepat bertelur dan selalu produktif _[Yantopedia]"

Posting Komentar