Faktor lovebird ngosek atau over birahi dan cara mengatasinya [Yantopedia]


Untuk para pecinta lovebird mania pasti tidak asing lagi dengan istilah ngosek. Perilaku ngosek adalah tingkah laku lovebird yang seringkali mengosekkan atau menggosok – gosokkan pen nya pada tangkringan / ruji sangkarnya. Peristiwa itu bisa terjadi karena lovebird over birahi dan telat dalam masa perkawinannya, faktor makanan juga seringkali menjadi faktor lovebird ngosek. 



Adapun faktor lovebird ngosek adalah :

1. Karakter
Lovebird ngosek karena karakter tentu saja tidak bisa ditangani lagi, karena memiliki sifat mulai kecil. Lovebird ngosek karena karakter tidak bisa dibuat pejantan karena tidak akan mengisi telur betina, alhasil telur akan busuk.

2. Telat kawin
Kedua yang menjadi faktor lovebird ngosek adalah telat masa perkawinannya. Untuk faktor telat kawin masih bisa disembuhkan dengan cara memberinya jodoh.

3. Makanan
Yang ketiga yang menjadi faktor lovebird ngosek adalah salah dalam pemberian pakan. Jika lovebird dibuat kontes (lomba) tentu saja birahi adalah hal yang tidak diinginkan bagi para pemilik burung lovebird, untuk itu jangan beri makanan yang bisa membuat lovebird birahi seperti sayur bayam, jagung manis, kangkung, milet merah.

4. Penjemuran terlalu lama
Yang terakhir adalah proses penjemuran. Proses penjemuran yang salah maka akan membuat lovebird menjadi over birahi, jangan jemur lovebird anda terlalu lama karena akan menaikkan birahi lovebird secara alami.


Jika lovebird anda sudah terlanjur ngosek maka hal yang perlu dilakukan adalah menurunkan birahi lovebird. 
Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama kita harus menyembuhkan lovebird yang mengawini tangkringan karena over birahi bisa dilakukan dengan cara memberinya milet putih saja.

2. Selanjutnya kita lakukan beberapa tindakan agar lovebird tidak melakukan kebiasaan buruknya tersebut dengan mengambil tangkringan dalam sangkar. Biarkan lovebird terbiasa tanpa tangkringan dan agar menghilangkan kebiasaannya tersebut. Lovebird juga bisa aktif bergerak ke atas ke bawah sangkar, namun jika birahinya sudah terlalu parah maka lovebird akan mengawini alas sangkar dan ruji sangkar juga.

3. Untuk tindakan selanjutnya yaitu atur pola makan terlebih dulu jangan berikan lovebird Extra Food atau makanan yang bisa membuat lovebird menambah birahi seperti makanan yang saya jelaskan diatas.

4. Untuk sementara jangan menjemur lovebird terlebih dulu karena penjemuran bisa menambah birahi pada lovebird, cukup diangin-anginkan di teras saja.

5. Mandikan lovebird sesering mungkin pada waktu pagi, siang, sore, malam silahkan pilih keempat waktu tersebut. Jika memang lovebird dalam keadaan fit bisa kita mandikan 2 sampai 4 kali sehari sesuai waktu luang anda.

6. Usaha selanjutnya yang bisa kita lakukan pada lovebird yang mengawini tangkringan yaitu dengan melepas tangkringannya. Namun jika anda tidak tega mengambil tangkringannya maka solusinya adalah dengan mengganti tangkringan lovebird dengan tangkringan yang lebih besar. Ganti tangkringan lovebird yang biasa (biasanya berbentuk bulat) dengan tangkringan yang berbentuk kotak dan agak lebar sehingga lovebird akan sulit untuk mengawini tangkringan dan sedikit demi sedikit bisa menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut.

7. Langkah terakhir adalah menuruti nafsu lovebird anda, yaitu dengan mengawinkan lovebird. Setelah lovebird kawin diharapkan kebiasaan lovebird mengawini tangkringan bisa hilang karena hasratnya sudah terpenuhi.


Itulah artikel kali ini tentang Faktor lovebird ngosek atau over birahi dan cara mengatasinya yang dapat kami buat untuk anda, jangan lupa share artikel ini pada yang lain dan cantumkan sumber agar bisa lebih bermanfaat lagi. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Terimakasih.

0 Response to "Faktor lovebird ngosek atau over birahi dan cara mengatasinya [Yantopedia]"

Posting Komentar