Cara mendekor sangkar branjangan agar branjangan merasa nyaman [Yantopedia]

Selamat datang kembali para branjangan mania yang kami banggakan, jika pada postingan kemarin yantopedia membuat artikel tentang tips memilih sangkar yang cocok untuk burung branjangan, maka kali ini yantopedia akan memabahas tentang cara mendekor sangkar branjangan agar branjangan merasa nyaman didalam sangkar dan rajin berkicau.
Hal ini kami lakukan karena burung branjangan ini lain daripada yang lain, yang cara berkicaunya atau keistimewaannya adalah berkicau sambil terbang.
Untuk itu anda akan benar – benar membutuhkan pengetahuan mendekor sangkar branjangan ini agar branjangan anda bisa nyaman tinggal didalam sangkar layaknya berada dialam liar.

Berikut ini cara mendekor sangkar branjangan menurut yantopedia :

1. Meletakkan tenggeran
Masalah pendekoran yang pertama adalah masalah letak tenggeran dan bahan yang digunakan. Untuk tenggeran burung branjangan anda disarankan menggunakan tenggeran dari bahan batu apung dengan bentuk bundar, oval, atau persegi dengan sudut tumpul, atau bentuk asli (alami) dari batu apung tersebut dengan diameter antara 6,5 cm - 9 cm. Ratakan bagian atasnya supaya datar dan pastikan tidak tajam/kasar yang bisa melukai kaki branjangan. Permukaan tenggeran tidak boleh terlalu halus dan licin. Sediakan cukup satu tenggeran saja dengan posisi di tengah supaya branjangan terbiasa berkicau di tenggeran tersebut.

2. Penempatan cepuk wadah
Yang kedua adalah penempatan cepuk wadah, terdengar sepele namun juga penting karena untuk penyesuaian di habitat aslinya. Untuk itu tempatkan cepuk wadah pakan, minum, dan EF dengan posisi lebih rendah dari tenggeran agar setelah branjangan berkicau sambil memamerkan gayanya (berkicau sambil terbang) maka dia akan langsung kewadah pakan dan minumnya saat merasa haus. Hal itu akan menambah kenyamanan burung brangjangan anda didalam sangkar.

3. Pemberian bubuk bata
Sekali lagi burung branjangan adalah jenis burung yang lain daripada yang lain. Pemberian bubuk bata menjadi kebutuhan pokoknya didalam sangkar. Untuk itu anda wajib memberinya agar burung branjangan anda merasa nyaman didalam sangkar. Untuk menempatkan bubuk bata adalah dengan cara memberinya bubukan bata yang sudah disaring halus (kira-kira sehalus kopi bubuk) ke dalam dasar sangkar dengan ketebalan 1 cm -1,5 cm. Alternatif yang bisa dugunakan sebagai bubukan alas sangkar adalah tanah liat (diambil di sawah) yang kering dan ditumbuk serta diayak halus, pasir laut, pasir bangunan,  atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut.
Hal itu dilakakukan karena di habitatnya burung branjangan memiliki tingkah laku yang suka mandi dengan menggesekkan seluruh badannya di permukaan tanah. Mandi pada branjangan bertujuan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Misal cuaca panas dan terik, branjangan akan berusaha untuk mengalirkan atau meredam hawa panas tubuhnya melalui mandi. Begitu juga sebaliknya jika badannya terasa dingin (malam hari), branjangan akan kipu dengan jalan menyerap panas yang disimpan oleh bubukan yang ada di dasar sangkar.

4. Pemberian penghalang semut
Yang dimaksutkan dari penghalang semut yaitu pemberian grease (minyak, gemuk, oli) pada pangkal besi pengait, supaya sangkar branjangan aman dari gangguan semut. Gantang sangkar di tempat yang aman dari gangguan dan jangkauan tikus maupun hewan predator.

5. Pengerodongan
Yang terakhir adalah pengerodongan, sama seperti burung lainnya burung branjanga perlu dikrodong agar merasa aman dan bisa beristirahat dengan nyaman tanpa melihat gangguan disekitarnya agar bisa cepat memulihkan staminanya yang sudah digunakan untuk terbang sambil berkicau.
Biasakan mengerodong branjangan pada malam hari supaya terbebas dari ganguan nyamuk, serangga pengganggu, angin/hawa dingin, sehingga branjangan bisa beristirahat dengan nyaman dan kemudian segar bugar bernyanyi riang keesokan harinya. Pakai dan pilihlah krodong yang sesuai dengan ukuran sangkar. Jangan terlalu ketat, jangan terlalu longgar. Krodong juga berfungsi menjaga sangkar dari embun. Ruji maupun ornamen dari bambu akan lebih cepat berubah bentuk, jika selalu terkena embun dan panas secara terus-menerus.

Itulah artikel dari yantopedia mengenai Cara mendekor sangkar branjangan agar branjangan merasa nyaman. Semoga dengan dibuatnya artikel ini akan menambah wawasan untuk para pecinta burung branjangan terutama untuk para pendatang baru didunia branjangan. Jika anda masih merasa kesulitan untuk memilih sangkar yang bagus dan nyaman untuk branjangan anda maka cobalah untuk membaca artikel yang sudah yantopedia sediakan berikut ini tentang Tips memilih sangkar yang cocok untuk burung branjangan. Atas kunjungannya pada blog yantopedia kami ucapkan terimakasih. Jangan lupa share pada yang lain agar artikel ini dapat lebih berguna dan jangan lupa untuk mencantumkan sumber. Terimakasih.  Salam kicau mania.


Disarikan dari berbagai sumber.

0 Response to "Cara mendekor sangkar branjangan agar branjangan merasa nyaman [Yantopedia]"

Posting Komentar