Sejarah dan penampilan kelinci Karpet / Rex yang bagus

Banyak sejarah yang menceritakan tentang Kelinci, mulai dari pedaging maupun hias seperti kelinci jenis Rex ini. Sebenarnya beberapa pendapat kelinci rex ini adalah masuk dalam kategori pedaging, karena alasan dagingnya yang padat dibanding kelinci jenis lain dan juga postur tulang yang kecil jika membuat kelinci ini banyak diminati u ntuk di sembelih. Hal itu terjadi hanya di beberapa negara saja, karena di Indonesia kelinci jenis rex masih disakralkan dalam kelompok hias dan juga sering dipakai untuk kontes.

Kelinci jenis Rex ini pertama kali di temukan di daerah prancis sekitar tahun 1918 – 1920 (ditemukan didaerah louche – pringe pd tahu 1919) dan karena banyak para peternak diluar prancis yang ikut pameran pada international di paris pada tahun 1924. Akhirnya kelinci rex ini di impor ke amerika serikat pada tahun 1924. Pertama kali ditemukan kelinci ini hanya memiliki warna castor, namun karena kecanggihan dan kegigihan para peternat dalam mengawin silangkan kelinci rex akhirnya dapat keluar warna – warna barupada kelinci Rex yang menarik yang bisa kita lihat sekarang ini. Bukan karena hal itu saja kelinci rex ini menjadi buruan para peternak dan penghobi kelinci, namun karena kualitas kulit bulunya yang sangat lembut seperti karpet atau beludru yang akhirnya membuat kelinci ini dibuat maskot di kandang – kandang peternak kelinci atau juga untuk keperluan Show karena memang Rex dapat mengikuti Kontes kelinci Hias, namun ada syarat khusus kelinci rex show agar tidak di diskualifikasi. Jenis kelinci rex ini juga memiliki daya tahun tubuh yang cukup baik terhadap serangan penyakit ditambah lagi perawatannya yang sangat mudah, tidak seperti jenis hias lain seperti English Anggora dan beberapa jenis kelinci yang harus dicukur bulunya karena terlalu cepat tumbuh bulu. Selain dari beberapa kelebihan di atas jenis ini dapat dimanfaatkan untuk diambil kulit bulunya, dan juga dagingnya karena memang daging nya yang padat menjadi buruan para pecinta olahan daging kelinci.

Saat ini paling tidak ada 16 Varietas kelinci jenis karpet / Rex yang diakui oleh NRRC ( National Rex Rabbit Club ) USA. Dengan adanya varietas warna yang begitu banyak pada jenis rex ini, tidak sedikit para peternak yang mencoba bereksperimen dari warna – warna buku yang kelak dihasilkan dengan cara mengawin silangkan dengan warna lain. Biasanya warna solid yang menjadi pilihan utama untuk bermain crossing untuk mendapatkan warna yang diinginkan karena lebih mudah dalam memastikan munculnya gen-gen warna bagi keturunan selanjutnya.

Kelinci ini disebut rex karena menurut informasi yang saya peroleh bahwa sebutan rex mulanya berasal dari ucapan peternak kelinci di prancis bahwa kelinci ini adalah raja kelinci (rabbit king). Dan jika dalam bahasa latin adalah arti kata dari king adalah REX. Sehingga sampai saat ini pun masih digunakan dan disebut kelinci jenis REX.


Penampilan Rex
Rex Black Otter dan Rex Broken Black_yantopedia.blogspot.com


Ada 3 point khusus yang paling banyak diperhatikan oleh para peternak senior untuk memperindah penampilan rex, mulai dari perawatan khusus, bulu, dan Bobotnya yang bertujuan agar mendapatkan kualitas Rex yang bagus sebagai bahan kontes. Adapun 3

1.      Perawatan Khusus.

Karena begitu mudahnya merawat kelinci Rex ini, maka sepertinya tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan memelihara jenis rex ini, tentunya juga tidak perlu grooming. Jika bulunya kotor karena air kencing atau disebabkan dari rumput – rumput basah maka hanya cukup diseka (di lap) menggunakan kain halus yang sedikit dibasahi air bersih. Cuaca juga tidak akan menjadi penghalang untuk berkembangnya jenis rex ini secara baik. Sebagaimana perilaku kelinci pada umumnya, jenis rex inipun merupakan hewan sosial yang membutuhkan teman yang ditempatkan dikandang sebelahnya, untuk itu jika Anda ingin memeliharanya sebaiknya tidak cuma membeli satu tetapi upayakan bisa sepasang agar kelinci rex ini stres kedepannya.

2.      Bulu

Kelinci jenis rex ini memiliki kehalusan bulu yang berstektur sangat halus dan pendek, panjang bulu rex hanya berukuran sekitar 1,25 cm atau 0,5 inch, dalam ukuran itu juga membentuk kepadatan bulu yang bagus. Terlebih lagi untuk kelinci rex  yang dengan kualitas baik (kontes) disamping kehalusan dan kerapatan bulu yang baik juga semua bulu rex ini rata. Kehalusan bulu dapat diraba dengan belakang punggung telapak tangan, semakin kita merasakan secara perlahan maka terasa seperti menyentuh hembusan angin,karena kualitas bulu rex kontes semakin baik. Jika mengelus bulu dari arah belakang ke atas, maka jejak jalan tangan kita di bulu akan langsung terhapus atau otomatis kembali lagi ke posisi awal, ini menandakan kerapatan bulu yang baik.

3.   Bobot

Untuk bobot kelinci jenis rex ini memiliki bobot tubuh ideal antara 3 Kg -  4,5 Kg, tentunya tidak akan kalah dengan bobot kelinci pedaging, akan tetapi di Indonesia sangat sedikit bahkan langka breeder bisa menghasilkan kelinci jenis rex ini dengan bobot di atas 3 Kg. Hanya breeder yang punya komitmen tinggi dan mau merawatnya secara khusus mulai dari porsi makan dan mengusahakan dalam keadaan sehat yang bisa menghasilkan rex berbobot 3,5 Kg dan itu hanya bisa dihitung dengan jari. Rata-rata jenis kelinci ini dijual dipasaran dengan bobot kurang dari 3 Kg. Namun walaupun hanya berbobot

Itulah Sejarah dan penampilan kelinci Karpet / Rex yangbagus yang bisa saya bahas untuk anda sekalian, mohon maaf jika ada salah kata dalam pengetikan, mohon untuk komentarnya di kolom yang sudah saya siapkan dibawah. Jika artikel ini menarik silahkan share atau salin ke blog anda namun jangan lupa cantumkan sumber. Atas kunjungannya pada blog ini saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Sejarah dan penampilan kelinci Karpet / Rex yang bagus"

Posting Komentar