Urutan kualitas kelinci Holand Lop (HL)


Mungkin bagi para peternak pemula masih asing mendengar nama kelinci Holand Lop ini, karena biasanya pemula akan memelihara kelinci lokal terlebih dahulu daripada kelinci hias. kelinci Holand Lop ini sangat populer di indonesia dan juga di mata dunia, harganya pun menuurut saya cukup mahal dibanding dengan ukurannya yang kecil. Holand Lop di bagi menjadi 3 golongan kualitas yang dibedakan dari ciri fisiik tubuhnya.
 
Karena ke populeran kelinci hias dimasyarakat, dari pengalaman saya biasanya ada beberapa peternak senior atau para penjual kelinci di pinggir – pinggir jalan yang mengambil kesempatan dari ketidaktahuan peternak pemula untuk menjual kelinci gadungan alias kelinci bukan asli ras holand tapi dibilang ras asli. Untuk mencegah hal itu terjadi maka akan saya membuat artikel urutan kualitas kelinci Holand Lop, adapun urutannya sebagai berikut :

Holand Lop Kualitas Pet



HL Kualitas Pet sebenarnya hanya cocok sebagai peliharaan/untuk senang-senangan saja. Kualitas ini tidak saya sarankan untuk di ternak, bukan karena HL Pet ini tidak bisa beranak, tetapi karena jika sepasang kelinci kualitas pet ini diternakan lagi maka peluang besar akan menghasilkan keturunan yang jauh dari kriteria kesempurnaan atau kasarnya melahirkan keturunan yang jelek nantinya dan lebih banyak lagi. Tentu saja hal ini sangat jauh dari konsep seorang breeder yang baik, karena pada prinsipnya seorang breeder sejati harus mampu menghasilkan keturunan yang minimal harus sama dengan kualitas bapak ibunya atau lebih bagus lagi (upgrade).

untuk harga kelinci HL Pet ini sudah jelas lebih murah dari saudara – saudaranya yang

Kisaran Harga Pasar Rp 500,000,-  sampai dengan  Rp 900.000,-

Kualitas HL Brood


HL Kualitas Brood adalah Kualitas yang sebenarnya sudah cukup bagus dan memiliki potensi untuk menjadi kualitas Show. HL dengan kualitas Brood ini sebenarnya masih mempunyai potensi kualitas Show, namun walaupun demikian  tetap saja HL Brood ini tetap saja tidak layak di ikutkan show.  Karena kelinci ini tidak cukup layak untuk diikutkan kontes maka kelinci ini sangat cocok untuk/ sebagai bahan breeding (bahan ternakkan). Dan jika anda mengawinkan HL jantan dan HL betina dengan kualitas brood maka beras kemungkinan anakan yang diperoleh akan menjadi HL kualitas Show, setelah anakan itu lahir maka tergantung bagaimana cara perawatan anda kedepannya dalam memprospek pertumbuhan dan kesehatan kelinci hasil perkawinan keuda HL Brood itu.


Kisaran harga Brood Rp 1,200,000,- sampai dengan Rp 2,000,000,-

Kualitas HL Show




Untuk yang satu ini memang sangat istimewa dikalangan para peternak yang hobi dengan kontes, karena HL show ini memiliki postur tubuh sempurna untuk diikutkan show. Dan tentunya HL show ini juga sangat cocok untuk diternak dan di jadikan maskot di kandang anda untuk mengangkat keeksisan ternak anda di mata pembeli. Untuk harga HL show ini relatif mahal, apalagi jika HL Show ini berkelamin betina maka pasti akan diminati pembeli dan ditambah dengan warna yang diminati maka akan semakin melonjat harganya. Bahkan dari pengalaman teman ternak saya banyak yang rela mengantri untuk membeli anakan yang masih dalam kandungan induk HL Show mengingat HL betina sangat sulit didapatkan dibanding dengan HL jantan.

Kisaran harga HL Show Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- 

Dari ketiga kualitas ini, harga pet adalah yang paling rendah, harga brood adalah harga menengah dan harga Show adalah yang paling tinggi maka dari itu harga HL Show jauh lebih mahal dari HL Brood dan HL Pet.


NB: Untuk membeli kelinci dengan harga yang sangat tinggi (nahal), saya sarankan untuk membelinya pada saat umurnya minimal sudah 4 Bulan, karena akan mengurangi resiko kematian dan memang pada usia dibawah  4 bulan, dan anakan umur 4 bulan adalah usia yang paling tepat untuk menentukan kualitas HL. Dengan membeli kelinci dengan kisaran harga di atas 1,5jt pastikan untuk mendapatkan Pedigree. Pedigree adalah semacam Sertifikat silsillah kelinci yang dapat menguatkan atau terjaminnya asal-usul kelinci anda secara jelas. Memang tidak wajib juga untuk anda miliki, namun pedigree sangat berguna untuk membantu dalam program breeding anda dan tentunya untuk menjual hasil anakannya kelak.

Itulah kualitas kelinci HL yang saya sodorkan untuk anda, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda kedapannya. Silahkan share dan copas ke blog anda jika artikel ini menarik, namun jangan lupa untuk mencantumkan sumber. Atas kunjungannya saya haturkan terimakais.

0 Response to "Urutan kualitas kelinci Holand Lop (HL)"

Posting Komentar