Keunikan dan Keunggulan Kelinci English Spot


Ada beberapa kelinci yang memiliki keunikan tersendiri, entah dari bulu yang halus seperti kelinci Rex , telinga yang menggelantung, dan warna bulu yang diwariskan secara turun temurun seperti Dutch dan English Spot Jenis Kelinci English Spot yang akan saya bahas kali ini. Dan banyak lagi yang lainnya yang tidak mungkin saya bahas dalam satu artikel ini.
Anakan Kelinci English Spot_yantopedia.blogspot.com
Kelinci English Spot memiliki ukuran medium yang sangat aktif , walaupun demikian ternyata porsi makannya sangat sedikit dibandingkan dengan kebanyakan kelinci lain yang berukuran sama. Jenis Kelinci ini sangat senang berlari dan melompat. Terlihat dari hasil adaptasi bentuk badan yang ramping dengan kaki panjan, dan tentunya peminat kelinci English spot ini sangat banyak dikarenakan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki kelinci jenis lain. Adapun Keunikan dan Keunggulan Kelinci English Spot ini adalah sebagai berikut :


1.      Penampilan yang unik

Kelinci English Spot ini memiliki tubuh yang panjang juga ramping dengan punggung melengkung dan keunikan lainnya seperti :
  • Berwarna putih dengan hidung berwarna hitam  membentuk kupu-kupu,
  • Di pipi kanan kiri memiliki bulatan berwarna hitam,
  • Bulu disekitar mata berwarna hitam,
  • Telinga berwarna hitam,
  • Garis  berwarna hitam dengan tepian yang kasar bawah tulang belakang,
  • Bulu ekor bagian atas berwarna hitam,
  • Memiliki rantai bintik-bintik hitam kecil di setiap sisi, dan satu tempat di setiap sikunya juga bagian belakang disetiap kaki belakang,
  • Telinga Kelinci Spot ini berdiri tegak.

Karakteristik yang paling penting dari Kelinci English Spot ini adalah tanda-tanda berupa bercak warna (spot marking) di badannya. Hanya setengah dari anakan kelinci yang memiliki tanda-tanda tradisional, dengan bintik-bintik dan garis di pungggung. Pola warna/marking ini adalah syarat untuk kontes kelinci ras English Spot. Sisa dari anakan kelinci lainnya biasanya berwarna solid atau sebagian spotted.
Rata-rata berat English Spot dewasa antara 2.5-4.5 kg.  Untuk lebih jelasnya lihat gambar kelinci spot dibawah ini.


 

2.      Variasi Warna Kelinci English Spot

Variasi warna kelinci english spot sangat dibutuhkan untuk keperluan kontes kelinci jenis ini, Warna bercak/marking yang diakui untuk ras English Spot meliputi coklat, coklat muda (lilac),  hitam, coklat-hitam (tortoise),  abu-abu (blue), dan kuning keemasan (gold), Warna – warna tersebut adalah warna yang terdapat pada bercak (spot) dan garis di punggung. Lalu warna dasar/background yang diperbolehkan hanya warna putih saja.


3.      Sifat Kelinci Ras English Spot

Jika anda membelinya untuk hadiah anak anda yang masih kecil jangan kawatir, karena kelinci English Spot ini adalah kelinci yang cukup ramah walau terhadap majikan barunya, bersikap tenang dan bisa beradaptasi dengan kelinci atau hewan peliharaan lain. Apalagi jika dirawat dan dipelihara sejak keci, kelinci ini mempunyai tingkat energi yang cukup banyak, sehingga kelinci English Spot ini cenderung lebih aktif dibanding ras kelinci lainnya. Apalagi bila di umbar atau dibiarkan hidup bebas di taman atau pekarangan anda  Kelinci English Spot dikenal sebagai ibu yang hebat, karena Kadang-kadang mereka akan merawat anak kelinci dari induk lainnya seperti anaknya sendiri. Sifat baik ini tentu saja jarang dimiliki oleh kelinci indukan lain.


4.      Bulu kelinci English Spot
Kelinci English Spot memiliki bulu yang pendek dan mudah dirawat. Perawatan minimal seperti rutin disisir setiap minggu diperlukan agar rambut-rambut yang rontok bisa lepas dengan mudah dan tidak menjadi kusut. Dan pada saat musim rambut rontok, penyisiran ditambah hingga dua kali seminggu. Tentunya perwatan ini tidaklah menguras banyak waktu dibanding dengan perawatan pada kelinci English Anggora.

Itulah Keunikan dan Keunggulan Kelinci English Spot yang saya share untuk anda, saat ini masih jarang di Indonesia untuk kelinci jenis ini. Karena itu jika anda ingin menjadi peternak yang beda dengan yang lain cobalah untuk mendapatkan kelinci jenis English Spot ini agar dapat dengan mudah dikenal oleh pembeli karena hewan ternak anda yang beda dengan yang lain. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan bisa menjadi referensi bagi peternak pemula. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share pada yang lain atau salin pada blog kalian namun jangan lupa untuk mencantumkan sumber dari blog ini. Dan atas kerjasamanya saya pribadi mengucapkan beribu – ribu terimakasih.

0 Response to "Keunikan dan Keunggulan Kelinci English Spot"

Posting Komentar