Ciri kelinci rex yang bagus (kualitas Show)



Ada beberapa kriteria yang wajib di perhatikan untuk para master kelinci jika ingin menang atau paling tidak mendapat nomor saat mengikuti kontes kelinci, terutama kelinci rex yang akan saya bahas kali ini. Walaupun kelinci rex bulu dan bentuknya tidak selucu English anggora dan Holland Lop, namun karismatik kelinci rex ini tidak kalah dari jenis hias lainnya.
Karena terbukti peminat jenis rex ini sangat tinggi dipasaran apalagi anakannya banyak dicari, dengan alasan itu tidak jarang para peternak yang "Tidak Bertanggung Jawab" yang hanya ingin memanfaatkan kesempatan pasar yang ada untuk memperoleh keuntungan yang besar semata - mata tanpa memikirkan kualitas kelinci yang dia dihasilkan. Bahkan para peternak nakal ini tidak segan-segan menghalalkan kawin silang dengan kelinci yang bukan ras jenis rex (biasanya memakai kelinci lokalan) agar turunananya bisa semirip mungkin dengan kelinci rex. Namun hal itu tidak akan bisa terjadi pada rex yang berkualitas Show, karena memang sangat nampak perbedaannya dengan kelinci rex abal – abal.

Adapun ciri kelinci rex yang bagus (kualitas Show) adalah sebagai berikut :

1. Pose Rex saat Kontes
          

Sudah pasti hal pertama yang akan dinilai dalam kontes adalah pose dari kelinci tersebut secara keseluruhan. Untuk Rex adalah kelinci dengan tipe tubuh komersial, karena itu ketika berpose jari-jari kaki belakang harus / wajib sejajar dengan paha dan pinggang, lalu untuk jari-jari kaki depan bila ditarik garis lurus ke atas sejajar dengan matanya.

2. Tubuh Rex


Untuk kelinci Rex yang ideal harus mempunyai proporsi tubuh yang baik, hal itu yang akan mencerminkan kualitas kelinci pedaging. Pinggul  Rex harus bulat dan penuh (padat), panjang badan medium (sedang), lebar bahu seimbang dengan rusuk dan pinggulnya, serta terlihat kokoh dan berotot. Besar kepala, telinga, kaki-kakinya, dan ekor harus seimbang dengan anggota tubuh yang lain dan memiliki ukuran tulang yang medium. Saat anda merabanya di bagian punggung hingga ke ekor, tidak terasa tulang-tulangnya yang terlalu menonjol (kelinci terlalu kurus). Dan pada bagian pinggul bawah tidak terdapat lipatan-lipatan lemak (kelinci terlalu gemuk).

3. Kepala

Untuk kepala kelinci rex yang ideal haruslah agak lebar (rex jantan harus mempunyai kepala yang lebih lebar dari betinanya) dan mepet dengan bahu atau terlihat seperti tidak memiliki leher. Dan besar kepala harus terlihat proposional dengan telinga dan badannya. Nilai kurang akan didapatkan jika kelinci rex memiliki bentuk kepala yang agak lancip dan kepala yang kecil yang tidak seimbang dengan tubuhnya seperti yang dimiliki kelinci lokalan.

4. Telinga

Ukuran telinga yang tidak terlalu lebar dan ketebalan yang medium dan panjangnya seimbang dengan besar kepala dan tubuh menandakan bahwa telinga kelinci tersebut ideal, serta diikuti dengan posisi berdirinya. Jika telinga terlalu tipis atau telinga terlalu lebar apalagi tidak proposional dengan tubuhnya, maka sudah pasrti kelinci rex yang anda konteskan akan mendapat nilai kurang dari para juri. Hal itu biasanya disebabkan karena sil silah nya ada yang tidak beres atau nenek kakeknya dulu adalah rex hasil silangan. untuk itu jangan pernah menyilankan kelinci yang anda ternak.

5. Mata

Mata yang bersi, tebal dan cerah menandakan mata kelinci rex yang bagus, dan tentunya warna mata sesuai (serasi) dengan warna standart pada bulu yang dimilikinya. Dan jika kelinci rex yang konteskan memiliki mata bulan sudah pasti akan di diskualifikasi oleh juri.

6. Kaki dan Kuku

Kaki kelinci rex yang ideal adalah yang mempunyai tulang medium dan lurus. Kaki kelinci rex juga tidak terlalu panjang, kaki depan agak lebih pendek. Kelinci rex yang mempunyai warna Coklat, Lynx,  Black Otter, Opal,  Biru, Castor, Chinchila, Seal Seal, Hitam, Lilac, Merah, dan Sable harus mempunyai warna kuku yang gelap. Untuk kelinci rex yang berwarna Putih, kukunya harus berwarna putih atau pink (seperti warna kuku jari-jari kita). Dan untuk warna Broken (belang), warna kuku tidak terlalu menjadi persoalan (asalkan seragam) dengan bulunya. Nilai kurang akan didapatkan jika kelinci memiliki kaki yang terlalu panjang dan mempunyai tulang yang agak tipis. Diskualifikasi akan didapatkan jika kelinci rex mempunyai warna kuku yang salah atau tidak sesuai standart kontes.

7. Ekor

Dan yang tidak kalah penting adalah begian ekor, untuk ekor haruslah lurus melipat keatas ke arah punggung dan mempunyai panjang yang proposional dengan besar tubuh secara keseluruhan.

8. Bulu

Bagian bulu ini adalah bagian yang terakhir namun bisa dibilang sangat penting. Banyak sekali saya jumpai peternak kelinci rex yang belum memahami standar yang baik untuk bulu rex ini apalagi dia peternak pemula yang belinya asal – asalan dari peternak yang kurang faham juga. Sebutan “kelinci karpet” yang umum disematkan pada kelinci ini adalah salah satu buktinya. Belum lagi “hancurnya” warna-warna kelinci rex yang banyak beredar dipasaran karena dampak dari kawin silang yang tidak selaras atau tidak sesuai dengan jenisnya.

Ada beberapa penyebab Fault atau kesalahan (nilai kurang) pada kelinci rex yang ikut kontes, dan hal itu disebabkan bulu yang tidak memiliki standar kontes, adapun kekurangan itu sebagai berikut :

·         Warna bulu yang kusam,
·         Bulu penjaga (guard hair) tidak sama panjang dengan bulu dalam,
·         Bulu keriting (seperti karpet),
·         Tekstur bulu kasar dan tipis,
·         Jejak tangan terlihat ketika bulu diusap,
·         Penampilan bergelombang (panjang bulu tidak rata),
·         Dan pola warna kurang sempurna.


Itulah Ciri kelinci rex yang bagus (kualitas Show) yang perlu anda perhatikan jika ingin mengikuti kontes di daerah anda, semoga artikel ini bisa membantu permasalahan anda dalam merawat kelinci karpet / rex yang anda miliki. Silahkan share dan salin ke blog anda jika artikel ini menarik dan bermanfaat. Namun pastikan bahwa anda juga mencantumkan sumber dari blog saya ini. Untuk kunjungan dan pengertiannya saya ucapkan terimakasih sebesar – besarnya. Jangan sungkan untuk memberi komentar dan di tunggu kunjungannya lagi di artikel baru yang akan saya share untuk anda.

1 Response to "Ciri kelinci rex yang bagus (kualitas Show)"