Ciri khusus pada kelinci Dutch agar tidak tertipu saat membelinya


Kelinci adalah hewan mamalia mungil yang tidak sedikit orang meyukainya,apalagi jika kelinci jenis hias yang memiliki postur tubuh mungil dan ditambah lagi dengan model rambut yang khas. Contohnya adalah  Dutch yang akan saya bahas kali ini karena kelinci ini memiliki bulu yang unik secara turun temurun.

Kelinci hias jenis Dutch pertama kali ditemukan di Holland sekitar tahun 1850-an yang saat itu lebih dikenal dengan nama lain sebagai kelinci Hollander Rabbit. Kelinci Ducth ini juga sangat populer pada tahun 1864 sehingga muncul di Inggris dan setelah itu mulai menyebar keseluruh dunia termasuk di Indonesia. jenis kelinci Dutch ini mudah dipelihara dibandingkan dengan jenis kelinci liaryang berada di Eropa saat itu. Ada beberapa ciri yang sangat mudah untuk diingat walaupun seorang peternak pemula sekalipun, adapun ciri – ciri yang saya maksudkan sebagai berikut :
1.      Ciri-ciri fisik
Kelinci jenis DUTCH adalah jenis yang tidak terlalu besar dengan telinga yang berdiri tegak dan memiliki kaki belakang yang kuat. Kaki belakangnya selalu lebih panjang daripada kaki depannya. Ciri utama kelinci jenis DUTCH ini adalah seakan-akan memakai seragam warna putih yang menutupi sebagian warna dasar kelinci itu sendiri. Kelinci jenis ini adalah merupakan jenis yang populer dikalangan para pecinta kelinci kelinci sampai saat ini.










                                                 




·         Berat badan pada saat usia dewasa adalah berkisar antara 2 -2.5 Kg dengan masa rentang hidup adalah sekitar 5 – 8 tahun.
·         Masa kehamilan (Gestation Period) adalah 30 – 33 hari
·         Masa sapih yang optimum bagi anak-anaknya adalah pada sekitar usia 4 – 6 minggu
·         Rata-rata konsumsi makannya kelinci dewasa adalah 160 gram per kilogram berat badan
·         Rata-rata konsumsi air adalah 100 – 200 ml per Kilogram berat badan, tapi hal ini juga tergantung dengan kondisi temperature lingkungan
·         Kotoran yang dihasilkan adalah sekitar 5 -6 gumpalan
2.      Karakter, Perangai dan Penanganan
Kelinci Ducth ini juga dikenal memiliki karakter yang spesial yang jarang dimiliki oleh kelinci jenis lain yang biasanya membuatnya disukai oleh anak – anak, karakter itu ialah :
·         Memiliki sifat sosial yang tinggi dan sangat energik
·         Kelinci Dutch ini tidak terlalu menuntut perhatian khusus
·         Mudah cepat bosan
·         Memiliki intelegensi yang tinggi
·         Mudah dilatih
·         Senang dipangku dan diberi perhatian

3.      Ciri umum
Ciri ini merupakan perpaduan kesempurnaan dari bentuk badannya dengan kombinasi penampilan bagian-bagian tubuh yang lain yang memiliki keharmonisan dan keseimbangan yang baik. Dan biasanya yang sangat terperhatikan dari kelinci Dutch ini adalah dari kesempurnaan warna bulu dan matanya.
4.      Ciri badan
Kelinci hias jenis Dutch ini memiliki bentuk badan yang padat yang berpadu dengan bentuk badan yang membulat dibagian belakang dan memiliki tubuh yang sempurna apabila dilihat dari belakang yaitu dibagian punggung kelinci Dutch memiliki bagian yang paling tinggi apabila diukur dari pinggul dan pinggangnya. Dan apabila dilihat dari atas bagian punggungnya akan terlihat membulat serta memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan lebar pahanya. Lalu bagian pinggulnya memiliki bentuk yang bulat sempurna yang berarti begian kaki belakang dan pinggang kelinci Dutch menyentuh tanah serta kelinci ini tidak memiliki tulang yang kelihatan menonjol yang dapat merusak kesempurnaannya saat dilihat.
5.      Ciri kepala
Kelinci Dutch memiliki kepala yang berbentuk bulat penuh serta tidak berbentuk seperti buah pir atau memiliki monyong diarea mulutnya. Bentuk lehernya pendek yang dilihat seakan menyatu dengan bagian punggungnya.
6.      Ciri telinga
Kelinci hias jenis Dutch memiliki telinga yang berbentuk pendek dan gemuk serta ditumbuhi bulu yang merata dan berdiri tegak. Ukuran telinganya sangat proporsional dengan kepala maupun badannya.
7.      Ciri mata
Mata kelini Dutch sangat bersih dan cerah tanpa ada bintik – bintik dibagian korneanya dan korneanya sama pada kedua martanya yaitu ada yang berwarna coklat,biru dan ke abu – abuan dan yang terpenting memiliki warna yang terang.
8.      Ciri kaki
Bentuk kaki dan tungkai kelinci Dutch ini adalah lurus dan memiliki ukuran keseimbangan yang harmonis dengan bentuk tubuhnya. Dan yang tidak kalah penting adalah warna kuku-nya  yang berwarna putih atau bersih.
9.      Ciri bulu dan warna
Bulu dari kelinci DUCTH berukuran pendek dan padat namun tidak sepadat bulu kelinci rex / karpet. Warna bulu kelinci Dutch ini juga terlihat sampai ke kulitnya, jadi kalau bulunya hitam maka warna permukaan kulitnya juga akan hitam, begitu juga dengan coklat. Biasanya akan nampak pada masih bayi. Tanda warna juga jelas antara hitam dan putih atau warna lainnya. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.



Itulah beberapa ciri khusus pada kelinci Dutch agar tidak tertipu saat membelinya. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua, silahkan share pada yang lain dan cantumkan sumber. Atas kunjunganya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Ciri khusus pada kelinci Dutch agar tidak tertipu saat membelinya"

Posting Komentar