2 tips jitu Agar Kelahiran Cempe Dominan Betina


Lain kandang lain perawatannya, lain peternak lain tujuannya. Mungkin itu kata – kata yang bisa saya lontarkan pada artikel berikut ini karena tiap peternak memiliki tujuan yang berbeda dalam usaha kambing. Jika usaha pembesaran kambing tentunya ingin anak – anak dari kambing betina memiliki jenis kelamin jantan. Namun lain halnya jika pada usaha kambing perah, kebanyakan dari mereka menginginkan agar anak yang dilahirkan adalah betina karena bermaksud untuk pemulihan bibit untuk menjadi indukan kambing perah nantinya.



Ada beberapa  serangkaian percobaan yang dilakukan untuk menghasilkan keturunan berjenis kelamin yang betina yaitu

1.  Mengatur perkawinan induk
Kawinkan kambing pada 1/3 akhir dari waktu birahi. Biasanya kambing birahi mulai pagi hari, maka kawinkan selepas maghrib atau mendekati maghrib. Dengan cara ini bisa mendapatkan prosentase 20:80 jantan dan betina

2. Menggunakan bantuan asam cuka
Dari berbagai sumber lain, ada salah satu peternak yang menggunakan asam cuka sebagai tujuan agar anakan dominan betina. Bahan yang diperlukan sebagai berikut :

1. Larutan asam cuka
2. Air aqua (air matang)
3. Alat speculum

Cara mengaplikasikan :

Sebelum dikawinkan, semprot alat kelamin induk dengan larutan asam cuka (yang untuk masak) dengan campuran 2 sendok makan asam cuka dicampur 200ml air matang (aqua). Gunakan bantuan alat spekulum untuk (maaf) membuka alat kelamin induk tersebut supaya larutan asam cuka yang kita semprotkan bisa masuk sampai kedepan lubang serviks. Gunanya supaya bisa dipastikan bahwa suasana didepan lubang serviks PH nya menjadi asam. PH asam sangat disukai kromosom X sebagai pembawa kelamin betina. Sebaliknya kromosom Y sebagai pembawa kelamin jantan tidak tahan suasana asam. Dengan larutan itu anakan yang dihasilkan menjadi dominan betina.

Itulah pembahasan yantopedia kali ini mengenai 2 tips jitu  Agar Kelahiran Cempe Dominan Betina, semoga artikel ini bisa diterapkan dengan baik untuk menghasilkan anakan kambing betina. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan diabawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.


0 Response to "2 tips jitu Agar Kelahiran Cempe Dominan Betina"

Posting Komentar