Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik pedaging

Jika pada artikel sebelumnya yantopedia membahas Penyebab nafsu makan itik pedagingmenurunan drastis,maka pada artikel kali ini yantopedia akan membahas tentang bagaimana Cara MeningkatkanNafsu Makan Itik pedaging. Untuk peternak itik petelur tentunya berharap itiknya makan dengan konsumsi sewajarnya saja karena jumlah pakan itik petelur berbanding lurus dengan biaya produksi telur. Namun hal itu sedikit berbeda dengan peternak itik pedaging yang dimana banyak peternak itik pedaging mengharapkan agar itiknya memiliki nafsu makan yang tinggi dengan harapan agar itiknya cepat memenuhi target bobot tubuhnya dan hal itu dilakukan untuk bisa cepat dijual. Untuk itulah maka peternak itik pedaging sering mencari cara bagaimana meningkatkan nafsu makan itiknya sekaligus meningkatkan bobot ternaknya secara cepat.


itik peking garut yantopedia



Untuk menyingkat pembahasan maka langsung saja membahas bagaimana meningkatkan nafsu makan itik. Ada beberapa perlakuan yang dapat meningkatkan nafsu makan itik diantaranya adalah :

1. Berikan Vetsin/MSG
Berikan Vetsin/MSG atau yang biasa disebut penyedap rasa. Pemberian vetsin/MSG sebanyak 3 gram/kg pakan akan meningkatkan pertumbuhan unggas ( Riza 1992). Hal ini dikarenakan asam glutamat memberikan rasa lezat pada pakan sehingga itik mengkonsumsi lebih banyak pakan, dengan banyaknya konsumsi pakan maka nutrisi yang diterima lebih banyak dan bobot itik akan meningkat cepat. Selain itu asam glutamat juga berfungsi sebagai zat antara dalam reaksi interkonversi asam amino. Asam glutamat membantu proses sintesis asam amino non esensial yang akan bergabung dengan asam amino esensial yang masuk lewat pakan untuk membentuk protein tubuh sehingga meningkatkan pertambahan bobot badan (Anggorodi, 1995). Namun disarankan untuk tidak berlebihan dalam memberikan vetsin/MSG, hal itu dikarenakan pemberian yang berlebihan akan mempengaruhi kinerja otak itik.

2. Pemberian Daun Pepaya

Pemberian daun pepaya sangat baik diberikan pada unggas, pemberian bisa diberikan daunnya secara segar maupun diperas untuk diambil airnya, hal itu terbukti meningkatkan nafsu makan itik. Daun papaya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan dikarenakan salah satu sebabnya daun pepaya mengandung Flavanoid yang bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, antiradang, antioksidant, antitumor, memperbaiki daya tahan tubuh( imunostimulant) dan antinyeri (analgesik). Tidak adanya nyeri, radang, bakteri dan virus serta lainnya pada tubuh itik tentu akan membuat itik sehat dan nafsu makan itik meningkat.

3. Pemberian Herbal

Ada beberapa herbal yang bisa diberikan pada itik yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan itik diantaranya adalah kunyit, temulawak, temu ireng, bawang putih, brotowali, lempuyang dan dedaunan/buah yang memiliki rasa pahit. Buah/daun yang memiliki rasa pahit itu berguna sekali untuk memproduksi enzim pencernaan, kaya akan vitamin dan merangsang kebutuhan akan gula/glukosa dan karbohidrat yang biasa terdapat pada pakan. Anda dapat membuat campuran bahan herbal ataupun menggunakannya secara individu (misal bawang putih dilolohkan) untuk meningkatkan nafsu makan itik. Hal itu sudah sering dilakukan oleh nenek moyang kita dahulu sebelum adanya obat – obatan.

4. Pemberian Probiotik/Synbiotic

Probiotik atau symbiotic memiliki kandungan bakteri baik. Dengan adanya kandungan bakteri baik, probiotik dapat memperbaiki pencernaan unggas sehingga nafsu makan itik akan meningkat. Gabungan probiotik dengan karbihidrat/herbal atau biasa disebut juga Synbiotic juga meningkatkan nafsu makan itik akibat adanya penggabungan khasiat herbal dan probiotik dalam isinya.

5. Pemberian Pakan Basah/Mamel

Itik adalah hewan yang suka dengan makanan basah, hal itu bisa ditandai dari bentuk paruhnya yang memang dirancang untuk menyisir makanan ditempat becek seperti cacing,ikan dan buah – buahan seperti papaya yang jatuh dari poonnya. Memang jelas bahwa itik lebih menyukai pakan basah/mamel ketimbang pakan kering, namun pemberian air pada pakan hendaklah tidak berlebihan atau cukup pakan memiliki kadar air tidak lebih dari 20% dari komposisi pakan. Pakan basah juga memiliki kelemahan yakni tidak tahan lama, sehingga anda harus mengganti pakan setelah itik makan walaupun pakan belum habis. Jika itik diberi pakan basah maka nafsu makan itik akan bertambah bila dibandingkan dengan penyajian pakan kering.


Itulah artikel tentang bagaimana Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik. Semoga artikel ini bisa berguna untuk para peternak itik di Indonesia, dan jika ada suatu pertanyaan silahkan saja taruh pertanyaan itu di kotak komentar yang sudah yantopedia sediaka dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara Meningkatkan Nafsu Makan Itik pedaging"

Posting Komentar