Racikan pakan nafsu makan untuk penggemukan kambing

Penggemukan kambing sangat dibutuhkan oleh tiap para peternak kambing, untuk itu banyak dari mereka mencari pakan dari fermentasi, dan racikan dari beberapa tumbuhan yang akan yantopedia bahas kali ini. Cara menggemukkan kambing bisa kita lakukan pertama kali dengan pemberian obat cacing. Langkah selanjutnya barulah kita memikirkan dengan proses penggemukan. Pada saat proses penggemukan, bisa juga kita berikan jamu supaya kambing cepat gemuk. Salah satu jenis jamu yang banyak kita temui dipasaran adalah SOC-HCS. Berfungsi sebagai perangsang nafsu makan agar lebih lahap mengkonsumsi pakan.

Racikan cara menggemukkan kambing bisa kita lakukan dengan cara pemberian jamu. Tingkat nafsu makan pada kambing bisa berbeda – beda. Ada saatnya kambing sakit atau kurang sehat makannya akan berbeda dari kambing yang sehat atau normal. Untuk kambing yang kurang nafsu makannya bisa diberi jamu ditoko – took peternakan, Banyak jamu juga yang sudah dijual dan kita temui dipasaran, bisa kita beli dan kita berikan pada ternak. Apabila masih ragu produk mana yang cocok agar tenak kita dapat sehat, mempunyai nafsu makan tinggi bisa kita datang kedokter atau mantri hewan terdekat. Pemberian obat dalam jangka waktu panjang akan merepotkan peternak. Baik repot untuk masalah waktu, karena harus keluar untuk mencari toko obat ternak, juga repot di kantong.

Namun dalam jangka waktu yang panjang, pemakaian obat untuk ternak tentunya tidak baik bagi kesehatan hewan, hal ini dikarenakan jamu bisa menimbulkan efek samping. Solusi yang baik adalah kita bisa memberikan jamu atau ramuan atau racikan bisa kita buat sendiri maupun bisa kita beli resepnya dipasaran untuk lebih menghebat biaya. Beberapa ramuan yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada hewan ternak diantaranya adalah :

  1. Kencur
  2. Umbi lembayung gajah
  3. Terasi
  4. Mentimun
  5. Daun talas
  6. Daun buni
  7. Asam jawa
  8. Garam dapur


Bahan diatas bisa ditumbuk jadi satu dan setelah halus dan campur rata siram dengan air panas stelah dingin tiriskan seperti membuat teh, atau jika ingin lebih mudah gunakan saja perasan air kunir dan temulawak dengan kedua bahan itu sudah cukup. Dan itu sering dipakai dulu oeh orang tua saya saat pelihara sapi, tentunya tidak jauh dengan kambing.
Jika peternak mengalami kesulitan dalam membuat ramuan cara menggemukkan kambing dan memilih  pakan yang tepat, kami telah meberikan solusi dengan memberikan pakan komplit. Pakan komplit ini sudah sangat lengkap nutrisi dan komposisi pakannya. bahkan sudan mengandung vitamin, mineral dan ramuan an perangsang nafsu makan dan ramuan rempah yang dapat meningkatkan bobot badan. Jadi peternak tidak perlu repot lagi.


Bagitulah Racikan pakan nafsu makan untuk penggemukan kambing, semoga bisa membantu anda dalam berternak agar menjadi sukses seperti yang dicitkan, jika ada pertanyaan silahkan taruh unek – unek anda di kolom komentar yang telah yantopedia sediakan. 

0 Response to "Racikan pakan nafsu makan untuk penggemukan kambing"

Posting Komentar