fungsi dan bahan pembuatan kandang kambing yang baik (lengkap)

Kandang Kambing
Dalam berternak kambing ada beberapa faktor yang sangat mendukung berhasil atau tidaknya dalam berternak kambing, terutama tentang lantai kandang. Mengapa saya bilang sangat penting? Ya, karena lantai kandang sangat berpengaruh pada kesehatan dan kebersihan kandang terlebih lagi pada tubuh kambing.

Lantai kandang yang baik seharusnya aman, tidak mudah patah, tidak licin, mudah untuk membuang kotoran dan juga mudah untuk dibersihkan. Dalam artikel berikut ini saya akan membahas tentang lantai kandang kambing secara lengkap mulai dari 
  • Fungsi lantai kandang,
  • Bahan lantai kandang yang baik dan,
  • Pembuatan lantai kandang.


Untuk menyingkat artkel langsung saja saya bahas secara lengkap ketiga point diatas

1.Fungsi Lantai Kandang Kambing
Yang pertama adalah lantai kandang kambing. Lantai kandang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kambing untuk beraktifitas disetiap harinya. Bukan hanya satu dua saja fungsi lantai kambing, namun banyak sekali fungsi lantai kandang kambing untuk kehidupan ternak kambing yang kita pelihara. Berikut ini merupakan fungsi lantai kandang kambing :

·                     Lantai kandang kambing berfungsi untuk memisahkan kambing dari kotoran kambing yang bisa mengotori bulu kambing yang nantinya kotoran itu akan menjadi tempat bersarang kuman dan penyakit.
·                     Lantai kandang kambing juga berfungsi sebagai pijakan bagi peternak agar tidak menginjak-injak kotoran yang dikeluarkan kambing.
·                     Lantai kandang kambing yang baik juga berfungsi untuk memudahkan peternak membersihkan kandang kambing
·                     Selain itu, lantai kandang kambing juga berfungsi untuk menghindarkan kambing dari suhu dingin lantai dasar yang bisa membuat kambing mengalami masuk angin. 
·                     Lantai kandang kambing berfungsi menghindarkan kambing dari serangan serangga seperti contoh : kelabang, kalajengking, dan cacing yang biasa bersarang di dalam tanah. 

2. Bahan-bahan lantai kandang kambing

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lantai kandang kambing adalah sebagai berikut :

·                     Pilihlah bilah-bilah bambu yang kuat, lurus, dan sudah dibersihkan bagian pinggir bamboo yang tajam agar tidak melukai kaki kambing.
·                     Potongan kayu atau reng kayu yang berukuran 2,5 cm atau 3 cm sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kambing
·                     Besi berdiameter 0,3 - 1 cm yang disusun dan dilas seperti ram kawat supaya saling menyambung dan kuat
·                     Kayu usuk atau kayu berukuran 5 cm sebagai penopang kayu reng
·                     Balok kayu berukuran 10-20 cm sebagai penopang kayu usuk
·                     Yang terakhir adalah semen dan anyaman besi sebagai penopang dasar pembuatan kaki kandang kambing, semen berfungsi agar rayap tidak menggerogoti kaki kandang kambing.

3. Pembuatan Lantai Kandang Kambing 

Pembuatan lantai kandang kambing sebaiknya memenuhi beberapa ketentuan berikut ini :

·                     Jarak lantai kandang kambing dengan lantai dasar kandang sebaiknya minimal 60 cm
·                     Ukuran lantai kandang kambing sebaiknya menyesuaikan dengan jenis kandang kambing yang akan dibuat, karena beda jenis kambing juga beda sifat dan besar tubuhnya juga berbeda
·                     Kemiringan lantai kandang kambing maksimal 15-20 derajat agar kambing tidak terlalu mengalami kesulitan dalam berpijak, lebih baik lagi jika kemiringan lantai kandang kambing 0 derajat. 
·                     Desain lantai kandang kambing hendaknya jangan terlalu sulit, lebih baik mempertimbangkan kegunaan dari lantai kandang kambing dengan arah kayu reng melintang dari depan ke belakang.
·                     Jarak untuk masing-masing kayu reng adalah 1 cm sampai 1,5 cm. Ukuran lantai juga harus menyesuaikan dengan umur kambing. Jangan sampai lantai kandang kambing terlalu lebar dan membuat kaki kambing terjepit atau terjatuh.

Itulah pembahasan lengkap mengenai fungsi dan bahan pembuatan kandang kambing yang baik (lengkap), semoga artikel ini berguna bagi para peternak terutama pada peternak pemula yang masih bingung untuk membuat kandang kambing. Jika ada pertanyaan silahkan taruh dikolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibahwa ini. Atas kunjungannya di blog ini saya ucapkan terimakasih.


0 Response to "fungsi dan bahan pembuatan kandang kambing yang baik (lengkap)"

Posting Komentar