obat efektif untuk kambing lumpuh

Sudah pasti, tiap usaha pasti ada rintangan, hal itu tidak luput juga pada dunia perternakan. Ada beberapa kendala yang pasti banyak dilewati oleh peternak terutama perternak kambing yang akan saya bahas kali ini. Ada sekitar 15 bahkan lebih penyakit kambing. Dari sekian banyak penyakit tersebut, jenis penyakit kambing yang sering dialami peternak adalah kambing lumpuh.  Dalam tulisan ini akan saya bahas beberapa point pokok mengenai obat efektif untuk kambing lumpuh. Point tersebut adalah sebagai berikut
1. Pengertian Kambing  Lumpuh
Pengertian kambing lumpuh adalah kambing yang mengalami kondisi sakit dan secara tiba-tiba dalam keadaan ini kambing tidak bisa berjalan bahkan berdiri. Kambing lumpuh disebut juga sebagai penyakit polio kambing. Penyakit kambing lumpuh atau polio kambing ini tidak jauh berbeda dengan polio yang terjadi pada balita. Sudah seharusnya peternak tidak asing lagi dengan istilah penyakit kambing lumpuh atau polio yang merupakan jenis penyakit yang mematikan.

 2.  Penyebab Kambing Lumpuh

Penyakit kambing lumpuh atau polio kambing atau disebut juga sebagai Poliochepalomalacia(PEM) adalah jenis penyakit metabolik. Penyakit kambing lumpuh ini menyerang sistem saraf pusat dan sistem pergerakan pada kambing. Penyebab kambing lumpuh adalah karena kambing mengalami kekurangan Vitamin B1 (Thiamin). Kekurangan Tiamin disebabkan karena asupan vitamin B1 yang kurang. Selain itu, kekurangan tiamin juga disebabkan oleh kelebihan pemberian pakan butiran dan konsentrat sehingga mempengaruhi aktivitas mikroba di dalam rumen. Dalam kondisi ini, mikroba dalam rumen kambing yakni spesies Clostridium Sporogenes  dan Bacillus aneurinolyticus akan menghasilkan enzim Tiaminase. Enzim tiaminase bersifat merusak tiamin, sehingga menyebabkan katabolisme atau pencernaan karbohidrat gagal. Hal demikian mengakibatkan kambing mengalami kekurangan energi karena pencernaan karbohidrat di dalam tubuh kambing gagal yang akhirnya berujung pada penyakit kambing lumpuh atau PEM. 

Defisiensi tiamin atau vit B1 juga disebabkan oleh beberapa hal yaitu penggunaan terapi antiprotozoa amprolium dalam jangka waktu lama, penggunaan antithelmintik dalam dosis yang tinggi, pola pakan grazing dengan pupuk pasteurisasi, dan pakan yang telah terkontaminasi sulfur.

3.  Gejala Kambing Lumpuh

Sebenarnya lumpuh ini sangat jarang terjadi pada kambing,akan tetapi penyakit ini biasanya menyerang indukan bunting ataupun anak kambing (cempe). Para peternak sebaiknya mengetahui gejala-gejala penyakit kambing lumpuh sehingga bisa melakukan tahap pertolongan pertama pada kambing dan kambing lumpuh bisa segera diatasi. Penyakit kambing lumpuh adalah penyakit yang sangat kronis sehingga kambing akan cepat sekali mati jika sudah terkena penyakit ini. Dari beberapa kasus di lapangan menyebutkan bahwa kambing yang mati secara mendadak disebabkan karena kembung. Akan tetapi, pada beberapa kasus kambing mati mendadak tersebut disebabkan oleh penyakit kambing lumpuh. tanda-tanda pertama untuk mengenali kambing terserang penyakit kambing lumpuh adalah :

·                     Temperatur tubuh meningkat (demam)
·                     Detak jantung dan respirasi juga meningkat
·                     Kelumpuhan pada otot kaki dan juga rahang bawah
·                     Mata yang terlihat keruh dan keputih-putihan seperti terkena pink eye
·                     Kambing mulai terlihat berjalan atau berdiri sempoyongan disertai kepala mendongak ke atas.

4. Pengobatan Kambing Lumpuh

Jika sudah mendapati tanda – tanda kelumpuhan diatas, maka cepatlah melakukan pertolongan pertama. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati kambing lumpuh seperti diberikan obat kambing lumpuh dan sebagainya. Dan berikut ini beberapa alternatif atau pengobatan kambing lumpuh yang bisa kita lakukan.

·                     Terapi atau pemberian vitamin B1 dengan injeksi ataupun melalui oral
·                     Pemberian anti radang dan terapi cairan jika dirasa perlu. Hal ini untuk memberikan atau mengganti nutrisi kekurangan karbohidrat.
·                     Untuk menambah stamina kambing lumpuh berikan gula merah yang sudah diberi air panas agar encer, tapi jangan terlalu encer, jika ada madu asli campur dengan madu asli. Lalu spet kan pada kambing yang lumpuh agar tenaganya pulih walau belum bisa bergerak / berjalan.

5. Pencegahan Kambing Lumpuh
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kelumpuhan pada kambing, hal itu adalah :
·                     Pemberian pakan hijauan yang cukup,
·                     Pemberian formulasi pakan yang tepat sesuai dengan nilai kebutuhan nutrisi harian kambing,
·                     Penambahan mineral di dalam pakan kambing (minuman) tiap sore menjelang malam,
·                     Kurangi penggunaan pakan konsentrat dan pakan kering yang terlalu tinggi.


Itulah artikel mengenai obat efektif untuk kambing lumpuh, semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah wawasan para peternak kambing. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pertanyaan itu di kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "obat efektif untuk kambing lumpuh"

Posting Komentar