Ciri fisik Kambing Etawa / PE Mandul

Dalam berternak, hal yang paling ditunggu – tunggu adalah masa hamil dan melahirkan pada hewan ternak yang di peliharanya, namun bagaimana jadinya jikalau ternyata hewan yang dipelihara itu mandul? Atau majer menurut bahasa jawa nya. Ya tentunya kita akan rugi waktu dan rugi perawatan pastinya. Mandul juga kerap kali menjadi musibah bagi para peternak kambing, bukan bagi para pemula namun para senior pun kadang kalah tidak dapat mengetahui jikalau kambing yang dipelihara ternyata mandul, jika saja kambing yang mandul hanya jenis kambing gibas tentu tidak terlalu dipikirkan, tapi bagaimana jika kambing etawa yang mandul? Yang harganya juga lumayan mahal dan jika tidak bisa melahirkan tentunya air susu tidak akan keluar. Air susu kambing etawa juga mahal jika dijual. Untuk itu kali ini saya akan membahas ciri fisik kambing etawa / PE mandul agar kita  tau dan tidak sembrono dalam memilih bibit yang akan di beli.

Berikut ini adalah artikel untuk mengetahui sedikit cara mengetahui  kambing Peranakan Etawa (PE) yang mandul (majer).

1.    Ciri Kambing etawa / PE jantan Mandul

Gambar etawa jantan

Pertama adalah kambing etawa jantan. Dalam keadaan normal, kambing etawa / PE jantan sudah mulai birahi pada usiasekitar  6 – 8 bulan. Pada umur tersebut seekor kambing etawa / PE jantan biasanya sudah dapat birahi dan dapat dicirikan dengan kaki depan yang berwarna coklat-kuning-kotor. Jika pada usia tersebut kaki depan kambing etawa jantan terlihat bersih, maka bisa jadi kambing PE jantan tersebut mandul / majer.

Langkah pertama untuk memilih seekor kambing PE jantan yang normal yaitu  mengetahui usia pejantan tersebut. Jika kambing PE pejantan tersebut telah rampas giginya atau mulai poel satu (sekitar 1 – 1.5 tahun) maka kambing PE pejantan tersebut harusnya sudah birahi. Jika kaki pejantan PE tersebut berwarna coklat-kuning-kotor maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut tidak mandul.

2.    Ciri Kambing PE Mandul: Untuk Indukan Kambing PE Mandul

Gambar etawa betina

Kambing etawa / PE betina masuk dalam masa birahi mulai dari usia 6 bulan. Pada usia tersebut agak sulit untuk menentukan secara fisik apakah seekor kambing etawa betina mandul atau tidak.
Kambing etawa / PE betina yang mandul bisa dinilai jika sudah agak tua yakni poel dua keatas (1,5 tahun keatas). Pada usia ini kambing PE betina sudah pernah beranak 1 kali. Logikanya jika kambing pernah beranak maka ukuran ambing kambing tersebut sudah berubah bentuk. Ukuran ambing sudah lebih besar daripada ukuran kambing etawa betina dara (calon indukan). Jika dijumpai kambing etawa betina yang sudah tua, poel dua keatas, jembrak belakang lebat namun jika ukuran ambing masih kecil seperti dara, maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut mandul / majer. Ada kalanya ambing jenis tersebut dapat diperah mengeluarkan sedikit cairan seperti susu berwarna bening. tetapi hendaknya peternak waspada dan tidak tertipu dengan jenis kambing etawa betina seperti ini.

Saran saya, ada baiknya anda membeli pejantan dan indukan kambing etawa dari peternak lain yang terpercaya. Disarankan peternak datang langsung ke peternakan untuk melihat dan mengamati langsung kambing etawa yang akan dibeli. Anda dapat juga menanyakan langsung ke pemilik kambing untuk mengetahui umur dan riwayat dari kambing tersebut. Menggunakan pengetahuan diatas maka peternak sedikitnya memiliki modal untuk mengetahui kambing etawa mana yang mandul (majer) atau tidak.

Itulah artikel yang kali ini dapat saya sajikan lewat yantopedia. Semoga artikel Ciri fisik Kambing Etawa / PE Mandul ini bisa digunakan untuk mempermudah anda dalam memilih bibit yang berkualitas. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

Disarikan dari berbagai sumber
source:etawajaya.com



0 Response to "Ciri fisik Kambing Etawa / PE Mandul"

Posting Komentar