Rahasia perawatan burung cucak ijo!!! Cara merawat cucak ijo kurus karena stress dan kurang makan [Yantopedia]

Sudah dari dulu burung yang satu ini memiliki pesona tersendiri bagi para cucak ijo mania, dari warnanya saja yang hijau membuat yang memandang merasa senang dan terhibur, belum lagi suaranya yang merdu membuat pikiran tenang. Namun lain halnya jika cucak ijo sedang mengalami stress akibat sering telat makan dan minum maka tentunya keindahannya juga akan berkurang.
Jika masalah itu yang sedang anda hadapi maka ada beberapa perlakuan khusus yang harus cucak ijo anda dapatkan versi Yantopedia. Untuk memulihkan kondisi cucak ijo yang kurus dan stress maka setidaknya anda harus mengenal karakter burung cucak ijo terlebih dahulu, karakter yang dimiliki cucak ijo sebagai berikut :

1. Burung Cucak ijo adalah burung yang menyukai hawa sejuk,
2. Burung Cucak ijo mudah jinak dan bersahabat dengan pemiliknya,
3. Burung Cucak ijo adalah burung fighter, maka jangan hanya memelihara satu jenis burung cucak ijo saja, namun peliharalah burung lain bisa burung prenjak sawah, trucukan, sirpo dll.

Dan untuk memulihkan kondisi cucak ijo yang kurus maka hal yang harus anda perlakukan pada cucak ijo anda adalah :

1. Pakan dan minum
Dalam masalah berat badan tentunya yang pertama yang harus diperhatikan adalah porsi makan dan minum, usahakan jangan telat memberinya pakan dan gantilah air minumnya sehari sekali. Makanan yang baik untuk cucak ijo adalah papaya,pisang,dan kroto.

2. Sangkar
Kebersihan adalah salah satu cara untuk mendapatkan hidup sehat, hal itu sangat perlu ada pada sangkar yang cucak ijo anda tempati. Selalu bersihkan sangkarnya dari kotoran burung setiap hari.

3. Pemberian pakan pokok
Tidak seperti jenis burung lain, burung cucak ijo tidak boleh diberi makanan berupa pellet karena akan merusak suaranya yang merdu menjadi pecah. Saat burung cucak ijo kurus maka makanan yang paling cocok adalah papaya, berilah pepaya tiap pagi namun setelah menjelang sore ganti dengan pisang. Karena pemberian pepaya yang melebihi 10 jam akan menimbulkan bau yang kurang sedap dan disukai lalat. Hal itu akan mengundang lalat dan pastinya akan membawa bakteri. Pemberian kroto cukup seminggu sekali satu sendok the.

4. Mandi dan penjemuran

Untuk masalah mandi anda harus memandikannya setiap hari, bisa memakai keramba atau sprayer yang halus tergantung kebiasaan cucak ijo. Pemandian dapat anda lakukan pada pukul 07.00 atau 08.00, setelah dimandikan langsung pasang krodong dan jemurlah, proses penjemuran jangan melebihi 1 jam cukup 30-45 menit penjemuran dalam krodong. Setelah itu angin – anginkan kembali diteras tanpa melepas krodong dan berikan jangkrik 4 – 6 ekor. Setelah 30 menit diangin – anginkan masukkanlah pada rumah agar cucak ijo tidak gerah diluar.

5. Pemberian vitamin

Pemberian vitamin anda dapat memberinya super N 2 – 3 tetes pada air minumnya, pemberian vitamin dapat anda berikan saat burung cucak ijo diangin – anginkan setelah mandi. Esok harinya ganti dengan air  bersih dan 2 – 3 tetes super N sampai cucak ijo anda pulih.

Dengan 5 perlakuan khusus tersebut saya rasa sudah cukup untuk memulihkan cucak ijo anda yang kurus dan stress. Pengalaman pribadi saya hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah bulan lalu cucak ijo saya sudah pulih dan mulai bersiul merdu lagi.
#saran saya jangan memberi cucak ijo ulat hongkong karena dapat merusak burung cucak ijo anda.

Itulah pembahasan dari yantopedia tentang Rahasia perawatan burung cucak ijo!!! Cara merawat cucak ijo kurus karena stress dan kurang makan. Semoga artikel ini bisa mengatasi masalah anda dalam merawat cucak ijo yang kurus kurang terawat. Jika ada pertanyaan bisa anda taruh pada kolom komentar dibawah ini yang sudah yantopedia sediakan. silahkan share pada yang lain agar artikel ini dapat berguna bagi yang lainnya. Atas kunjungannya kami ucapkan terimakasih.

0 Response to "Rahasia perawatan burung cucak ijo!!! Cara merawat cucak ijo kurus karena stress dan kurang makan [Yantopedia]"

Posting Komentar