Tips jitu dari pakar burung!!! Cara cepat menjinakkan burung yang giras dengan shampoo mandi

Selamat datang di blog yantopedia para kicau mania yang saya hormati, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana menjinakkan burung hasil tangkapan alam atau obrokan agar cepat jinak dan tidak giras. Dalam pemeliharaan burung tentunya burung yang giras tidak akan mudah berbunyi karena selalu takut dengan kehadiran manusia, belum lagi burung yang giras akan mudah mati karena stress yang dialaminya, bulu banyak yang lepas dan paruh luka akibat membentur pada sangkarnya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjinakkan burung yang giras seperti dengan terapi lapar, terapi mandi dan lain – lain. Namun yantopedia kali ini akan membahas cara yang paling tepat untuk cepat menjinakkan burung yang cara menjinakkannya kami dapat dari pakar - pakar burung yaitu dengan media shampoo mandi.


burung tangkapan dari alam liar (obyokan akan memiliki bulu yang rusak)


Adapun cara menjinakkan burung giras dengan shampoo mandi adalah sebagai berikut :

1. Mandi basah kuyup
Karena burung giras tentunya saat dimandikan menggunakan sprayer akan glabakan nabrak sana nabrak sini tanpa memperdulikan keadaan tubuhnya terutama paruhnya, maka burung perlu dimandikan basah kuyup agar kedinginan dan mulai tenang yaitu dengan cara pegang burung kicau anda secara perlahan dan celupkan pada bak mandi atau timba untuk memandikannya. Celupkan saja burung pada air dan siram dengan tangan anda satunya, lama – lama burung akan kedinginan dan tidak giras untuk beberapa menit sebelum kering. Ada kepercayaan tradisional bahwa dengan memandikan burung dengan cara demikian akan membuat burung cepat lupa pada kebiasaannya yang kemarin – kemarin, maka akan sangat baik untuk proses penjinakan burung dan burung pastinya akan cepat jinak karena terbiasa dipegang tangan manusia.

2. Semprot dengan shampoo
Setelah anda memandikan burung anda yang giras menjadi basah kuyup langkah kedua adalah dengan memnyemprotnya dengan shampoo, namun tentunya masukkan kebali burung anda yang giras pada sangkarnya. Caranya adalah isi sprayer anda dengan air ½ saja, lalu beri satu tetes shampoo dan kocok – kocok agar berbusa setelah itu semprotkan secara perlahan agar burung burung tidak loncat – loncat. Penyemprotan bisa dilakukan sampai air shampoo anda habis sampai dengan busanya. Setelah itu biarkan shampoo meresap ke pangkal bulu burung, diamkan sekitar 1 sampai 2 menit. Setelah itu baru anda dapat mengisi sprayer anda dengan air bersih (tanpa shampoo) untuk membilas bulu brung anda yang giras. Semprotkan kembali secara perlahan sampai shampoo tadi bersih.

3. Tahap pengenalan
Dalam tahap ini dilakukan saat burung yang giras sedang basah kuyup (setelah dimandikan shampoo). Lakukan pendekataan dengan cara mengelus atau menggoda burung dengan tangan anda didalam sangkar, burung yang sedang dalam keadaan basah kuyup akan lebih jinak karena kedinginan, setelah anda puas tinggal jemur burung anda yang giras tersebut.

4.  Penjemuran yang benar
Penjemuran anda dapat meletakkan burung anda yang giras pada tanah (jangan di gantang) hal ini akan menambah cepat proses penjinakan. Saran saya letakkan burung anda di tempat yang banyak orang lalu lalang agar cepat beradaptasi dengan kehadiran manusia.

5. Terapi lapar
Terapi lapar caranya bisa dilakukan dengan cara memberi makan secukupnya (5 menit habis), setelah makanan di tempat pakan habis biarkan sampai siang hari, lalu isi kembali dengan ulat kandang sedikit dan nanti menjelang maghrib beri yang banyak.

6. Terapi haus
Keenam agar burung anda yang giras menjadi lebih cepat jinak adalah terapi haus, terapi haus sebenarnya tidak jauh berbeda dengan terapi lapar caranya. Yaitu setelah anda memberinya minum setelah 10 menit keluarkan tempat minumnya dan berikan kembali pada siang hari dan malam hari. Pada waktu malam hari biarkan wadah pakan dan minum berisi full agar tidak kelaparan dan malah mati.

6. pemberian extra fooding lewat tangan
Yang terakhir adalah pemberian extra fooding dengan tangan, anda dapat melakukannya dengan member jangkrik, ulat hongkong. Jika burung masih giras maka tusuk jangkrik dengan lidi dan berikan pada burung anda yang giras.

Itulah pembahasan yantopedia tentang bagaimana cara cepat menjinakkan burung yang giras agar cepat jinak yng kami beri judul artikel “Tips jitu dari pakar burung!!! Cara cepat menjinakkan burung yang giras dengan shampoo mandi”.

Menurut pengalaman pribadi, saya hanya membutuhkan watku 3 hari untuk menjinakkan burung saya yang giras hasil tangkapan alam liar, namun ada teman saya butuh waktu seminggu untuk menjinakkan burungnya yang giras. Cepat tidaknya proses penjinakan tergantung dari ketelatenan kita dalam merawat burung yang giras.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjinakkan burung yang baru anda dapatkan dari alam liar atau obyokan. Jangan lupa share artikel ini agar dapat berguna untuk yang lainnya dan lebih bermanfaat. Atas kunjungannya pada blog yantopedia kami ucapkan terimakasih.


0 Response to "Tips jitu dari pakar burung!!! Cara cepat menjinakkan burung yang giras dengan shampoo mandi"

Posting Komentar