Saran master murai!!! Dua metode mengetahui burung murai pancingan yang jelas dan tepat untuk para pemula [Yantopedia]

Burung Murai Batu adalah burung yang memiliki harga lumayan mahal dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan burung kicauan yang lainnya, burung ini memiliki suara yang nyaring dan gaya tarung yang berbeda dengan gaya tarung kicau lainnya. Dengan harga yang mahal bukan berarti burung ini sepi peminatnya, namun harga yang mahal bukan menjadi penghalang bagi para pecinta burung murai.


Burung murai ini memiliki ciri khas ekornya yang panjang yang akan terlihat indah saat berbunyi dengan gaya yang unik membuat orang jatuh cinta pada pandangan pertama.
Jika anda ingin memelihara burung murai ini anda dapat membelinya dipasar burung atau bisa dengan cara mencarinya di online nan. Namun dalam memilih burung murai anda harus berhati hati karena ada beberapa burung murai yang didapat dari alam liar dengan cara pancingan. Cara itu sangat fatal buat burung, karena jika salah pemeliharaan atau perawatannya maka sudah pasti murai yang baru anda beli akan mati dalam waktu singkat.

Karena alasan itulah kami tim yantopedia akan membahas dua metode mengetahui burung murai pancingan yang jelas dan tepat untuk para pemula, agar anda sekalian tidak tertipu dengan harga burung murai, dan dapat memilih burung murai yang berkualitas bagus tanpa cacat. 

Berikut ada 2 metode untuk mengetahui burung murai hasil pancingan :

  • Mengenali Burung Murai Pancingan dengan cara melihatnya

Metode yang pertama untuk mengenali burung muri pancingan adalah dengan cara melihatnya dengan jeli ciri – ciri yang dapat dikenali pada burung murai pancingan seperti berikut ini :

1. kondisi fisik burung murai pancingan
Ciri fisik burung murai pancingan pada umumnya burung akan terlihat seperti kedinginan atau seperti burung telat makan.

2. mata burung murai pancingan
Untuk mata burung murai hasil pancingan biasanya terlihat sayu seperti burung sakit. Untuk mengetesnya silahkan berikan jangkrik, biasanya burung murai pancingan nafsu makannya akan menurun.

3. tingkah laku burung murai pancingan
Jika anda sudah melihat ciri fisik diatas maka yang ketiga adalah lihat gerak – gerik atau tingkah lakunya, burung murai pancingan bisanya akan sangat giras dan takut pada kehadiran manusia, namun ada juga yang terlihat jinak namun nyatanya burung murai itu sudah dalam keadaan kurang fit atau sakit. Untuk itu anda harus jeli dalam memilih burung murai yang akan anda beli.

  • Mengenali Burung Murai Pancingan dengan cara memegangnya

Jika anda masih kurang mantab dalam memilih burung murai dan takut kalau itu adalah burung murai pancingan maka pakailah metode kedua yang yantopedia sarankan dengan cara memegangnya. Adapun caranya sebagai berikut ini :

1. Raba bagian dada burung murai
Untuk mengenali burung Murai Batu pancingan, mintalah izin supaya diperbolehkan memegang burung tersebut kepada penjual. Setelah itu raba bagian dadanya, jika dadanya agak runcing (kurus) maka bisa diartikan kalau burung murai tersebut pancingan (sakit).

2. Kondisi kaki (suhu)
Bukan hanya kondisi dadanya, namun pegang dan rasakan suhu kaki burung murai yang akan anda beli, burung murai pancingan biasanya kakinya akan terasa dingin dan tidak hangat. Hal itu disebabkan burung murai itu sakit atau stress.

3. Bagian dubur burung murai pancingan
Pada bagian dubur burung murai pancingan biasanya akan kotor seperti tidak terawat.

4. Kondisi mulut burung murai pancingan
Selain 3 tanda diatas, burung murai pancingan biasanya memiliki lendir yang kotor di mulutnya (tidak kesat). Karena jika murai bukan pancingan mulutnya akan bersih, tidak pucat dan tidak ada lendir.
Setelah anda puas melihat kondisi burung murai dengan cara memegangnya maka tinggal anda cermati kondisi fisik burung setelah anda memegangnya, yaitu dengan cara mengembalikan burung murai kembali pada sangkarnya. Jika burung murai itu mau membenahi (merapikan) ekor dan bulu-bulunya, bisa dikatakan jika burung Murai batu tersebut memiliki kualitas bagus alias bukan murai pancingan. Akan tetapi, apabila sebaliknya burung tersebut ada kemungkinan merupakan jenis murai hasil pancingan.

Mengenali burung murai pancingan memang dinilai sangat penting. Pada umumnya, apabila burung tersebut pancingan, pedagang itu tidak akan mengizinkan calon pembeli untuk memegang atau memberi makan burung tersebut.

Karena dengan cara itu, akan membuat calon pembeli akan segera mengetahui apabila burung tersebut tidak baik kualitasnya atau burung murai hasil pancingan. Dan selain itu, supaya kita tidak kecewa setelah membeli burung, jangan sampai kita percaya sepenuhnya dengan promosi pedagang dengan membandrolnya dengan harga murah.
Sebab sudah banyak para calon pembeli yang sebenarnya sudah tau mengenai ciri-ciri burung Murai Batu pancingan, namun terkadang masih percaya omongan pedagang yang tidak jujur.


Demikian penjelasan yantopedia mengenai dua metode mengetahui burung murai pancingan yang jelas dan tepat untuk para pemula. Semoga artikel ini dapat berguna untuk para pecinta burung murai agar tidak tertipu dengan pedagang burung yang kurang bijak dalam transaksi jual beli. Mohon share artikel ini dan jangan lupa sertakan sumber agar para kicau mania juga mengerti mengenai burung murai pancingan. Atas kunjungannya pada yantopedia kami ucapkan terimakasih.

0 Response to "Saran master murai!!! Dua metode mengetahui burung murai pancingan yang jelas dan tepat untuk para pemula [Yantopedia]"

Posting Komentar