faktor keguguran pada kambing dan cara pencegahannya [yantopedia]

Ada banyak sekali godaan bagi para peternak kambing, mulai dari penyakit yang kerap kali menyerang, kambing mandul, nafsu makan menurun drastis dan kambing keguguran yang akan menjadi topik utama di artikel kali ini. Namun sebelumnya saya sangat berterimakasih atas kesediaannya untuk membaca artikel tentang faktor keguguran pada kambing dan cara pencegahannya. Sudah pasti masalah yang satu ini akan cukup membuat para peternak jengkel, karena yang utama dalam berternak adalah masa induk melahirkan anak – anaknya yang tentunya itu adalah laba dari jerih payah peternak mencari rumput setiap hari, dan gagalnya produksi susu karena kambing tidak jadi beranak.

Penyebab keguguran pada ternak kambing bisa bermacam-macam seperti dari beberapa faktor berikut ini :

-Diseruduk kambing pejantan
-Kambing terjatuh
-Terkena penyakit seperti (Salmonella sp, Brucella sp, Chlamydia, Toxoplasma atau Bue Tongue).
-salah dalam pemberian pakan, dan
-tidak sengaja meminum pestisida dalam dosis renda

Keguguran yang disebabkan oleh mikroroorganisme penyebab penyakit hanya dapat ditentukan dengan analis di laboratorium. Pengobatan yang efektif harus didasarkan pada penyebb penyakit tersebut.
Penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat diobati dengan tuntas, sehingga kambing yang mengidap virus ini sebaiknya segara disingkirkan dari populasi, misalnya dipotong atau bisa juga dijual untuk memutar modal membeli induk baru. Upaya ini juga merupakan upaya pencegahan agar penyakit tidak mewabah. Keguguran yang disebabkan oleh  bakteri masih bisa diatasi dengan memberikan preparat sulfa atau antibiotika.

Berbagai bentuk benda cairan yang dikeluarkan oleh kambing yang keguguran harus segara dibakar.
Bagian kandang yang terkena cairan, misalnya dara kambing yang keguguran, harus dibersihkan dengan disinfektan. Keguguran yang disebabkan oleh mikroorganisme penyebab penyakit bisanya bersifa zoonois, yaitu dapat dengan mudah menular pada manusia, sehingga harus hati-hati dalam menolong kambing yang keguguran.

Penyebab keguguran secara fisik bisa dihindari dengan memisahkan kambing yang bunting dari kambing lainnya,terutama kambing jantan. Kandang harus bersih dan tidak licin untuk menghindari terjatuh atau tergelincirnya kambing di dalam kandang.

Tanda Klinis kambing mengalami keguguran :

-Produksi susu menurun
-Keluar cairan dari alat kelaminnya yang infectious
-Cairan janin keruh
-Nafsu makan menurun

Pencengahan :

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran terjadi pada kambing yaitu :

-Sanitasi atau kebersihan kandang harus selalu terjaga
-Tata laksana kandang harus baik
Pengobatan
-Injeksi antibiotic dengan dosis 5 ml
-Ternak lain yang masih sehat perlu divaksinasi.
-jangan member makan tumbuhan hijau yang dipercaya bisa membuat kambing keguguran
-jauhkan obat – obatan kimia agar tidak dijilati kambing.

itulah artikel mengenai faktor keguguran pada kambing dan cara pencegahannya, semoga artikel ini dapat membantu para peternak yang mengalami masalah seperti diatas. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini.

0 Response to "faktor keguguran pada kambing dan cara pencegahannya [yantopedia]"

Posting Komentar