Saran Maser Lovebird!!!! Cara mengatasi Lovebird macet ngekek saat lomba [Yantopedia]


Semangat untuk mendapatkan piagam saat lomba adalah hal yang paling dirasakan oleh pecinta burung kontes (lomba), dan jika anda adalah salah satu dari mereka maka tentunya anda setiap hari selalu meluangkan waktu untuk merawat gaco anda, namun jika nyatanya pada saat pertandingan gaco anda tidak mau ngekek pastilah anda akan kecewa dan mulai mencari settingan kembali atau mungkin aka putus asa dan tidak mau lagi berkecimbung di gantangan. 



Sebelum hal itu terjadi maka kami akan membahas seputar burung lovebird tentang bagaimana Cara mengatasi Lovebird macet ngekek saat lomba. Simaklah pembahasan yantopedia berikut ini :

1. Wajib memahami karakter Lovebird
Ini merupakan hal yang sangat penting yang harus anda lakukan. Pahami karakter lovebird anda misalnya seperti mengamati kapan burung anda senang berkicau apakah saat birahi atau tidak dalam keadaan birahi, saat setelah dimandikan atau tidak dimandikan, saat diberikan EF atau sebaliknya, dan lain-lain masih banyak lagi karena karakter Lovebird sangat beragam. Ada kisah didaerah saya yang memahami karakter lovebird sampai kurung waktu 3 tahun baru dapat memahami karakternya dan settingan lovebird yang dimiliki. Untuk memahami karakter lovebird tentunya anda wajib berulang – ulang untuk melombakan lovebird anda digantangan yang biasa anda datangi.

2. Pahami kenapa Lovebird macet ngekek digantangan
Pada umumnya burung Lovebird yang tidak mau bunyi saat di gantangan disebabkan karena sedang mengalami OB (Over Birahi). Terjadinya over birahi pada burung yang akan dilombakan tentu dapat membuat peforma atau kinerja burung menjadi tidak baik saat dilapangan, seperti melakukan ngeruji dan menabrak sangkar. Jika burung Anda sedang dalam kondisi OB, maka cobalah melakukan hal berikut:

            a. Memandikan
Untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi birahi pada lovebird anda yang terbaik adalah dengan cara memandikannya secara rutin dan kurangi penjemuran. Cukup angin – anginkan saja setalah proses mendi selesai.
            b. Mengawinkan
Mengawinkan lovebird anda adalah cara alami untuk menghilangkan over birahi. Namun cara ini tidak bagus untuk Lovebird yang tujuannya untuk lomba, karena jika sudah dikawinkan kondisi birahi akan cepat datang kembali. Selain itu, burung Lovebird yang sudah dikawinkan juga biasanya suara menjadi serak.

3. Memahami Karakter Siap Tempur Lovebird

Yang terakhir Cara mengatasi Lovebird macet ngekek saat lomba adalah dengan memahami karakter siap tempur Lovebid anda. Ada dua cara untuk memahami karakter siap tempur lovebird ada dua macam, yaitu sebagai berikut :

            a. Kondisi Sayap
Lovebird yang sudah siap fisik untuk dilombakan (digantang) yaitu kedua sayap Lovebird anda saling menyilang. Jika kondisi sayap seperti itu maka menandakan bahwa Lovebird anda sedang dalam kondisi prima (fisik dan mental).

            b. Memancing Burung
Burung yang selalu gacor dirumah memang tidak bisa menjadi patokan burung tersebut akan tampil menawan dan ngekek panjang saat di arena lomba. Oleh karena itu kita perlu memancing burung saat akan dilombakan agar kondisinya menjadi bermental fighter dan membuatnya ngekek secara maximal, adapun cara memancingnya sebagai berikut :

1. Trek dulu Lovebird anda sebelum naik gantangan.
2. Lovebird di gantung / digantang  sendirian agar dia merasa tenang karena sudah mengalami perjalanan dari rumah anda hingga gantangan.
3. Biarkan lovebird full krodong dan buka saat di gantang.
4. Jika memilih Lovebird untulan (jodohan) maka Lovebird anda harus di cas terlebih dahulu dengan pasangannya.

Jika anda sudah melakukan cara diatas dengan benar namun Lovebird anda masih macet ngekek maka anda perlu mengganti gaco anda dengan lovebird yang lain, karena mungkin Lovebird yang anda miliki sudah tidak prospek lagi untuk digantangkan (dilombakan)

Itulah sedikit pembahasan dari yantopedia tentang bagaimana cara Cara mengatasi Lovebird macet ngekek saat lomba. Semoga setelah melakukan tips diatas gaco anda segera pulih da dapat membanggakan anda kembali. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya kami ucapkan terimakasih.


0 Response to "Saran Maser Lovebird!!!! Cara mengatasi Lovebird macet ngekek saat lomba [Yantopedia]"

Posting Komentar