Saran master branjangan senior!!! Cara jitu membedakan kelamin burung branjangan [Yantopedia]



Selamat datang di blog yantopedia para branjangan mania yang kami banggakan. Kali ini yantopedia akan membahas tentang cara untuk membedakan jenis kelamin burung branjangan, dengan adanya artikel ini kami berharap tidak ada lagi branjangan mania pemula yang dikadalin sama bakul burung yang kurang bertanggung jawab karena membedakan jenis kelamin burung branjangan bisa dikatakan gampang gampang susah apalagi bagi pengemar burung branjangan yang masih pemula atau sama sekali belum memiliki pengetahuan tentang burung branjangan.



 Pemilihan jenis kelamin jantan sangat yantopedia sarankan karena memang salah satu point penting dalam memilih burung Branjangan adalah yang berjenis kelamin jantan, hal itu kami sarankan karena burung Branjangan dengan jenis kelamin jantan lebih baik dalam faktor volume, durasi dan variasi suara dibandingkan burung Branjangan yang berjenis kelamin betina.

Adapun cara Cara jitu membedakan kelamin burung branjangan dengan mudah adalah sebagai berikut :

Coba perhatikan gambar dibawah ini secara seksama

KETERANGAN
 :

JAMBUL
Jantan : branjangan berkelamin jantan akan memiliki jambul yang panjang panjang.
Betina : dan jambul branjangan betina lebih pendek.


Dalam hal ini bisa juga diketahui dengan ukuran kepala burung branjangan jantan yang biasanya lebih besar dibandingkan dengan betina, tetapi perbandingannya hanya bisa digunakan untuk membandingkan burung branjangan dalam satu wilayah saja.

PARUH
Jantan : Pada paruh bagian bawah burung branjangan jantan warna hitamnya lebih sedikit atau nyaris tidak ada.
Betina : Pada paruh bagian bawah burung branjangn betina warna hitamnya lebih banyak dan nampak lebih jelas.

Untuk jenis wilayah tertentu burung branjangan jantan juga memiliki warna hitam pada paruh bagian bawah berwarna hitam dan sifatnya relative.

DADA
Jantan : Seperti halnya burung jalak uret, burung branjangan jantan akan sering membelah bulu dadanya.
Betina : dan untuk  burung branjangan betina akan jarang membelah bulu dadanya.

Hal ini bisa diterapkan saat usia burung masih anakan atau masih muda belum berganti bulu sama sekali dan itu merupakan tingkah laku yang sifatnya temporer yang dilakukan sewaktu waktu oleh burung branjangan. Umumnya ketika burung dalam kondisi suhu badanya tinggi dan dalam kondisi fit / sehat. 

EKOR
Jantan : Burung branjangan jantan akan sering membuka bulu ekornya disaat menangkring atau sedang mandi di bata halus.
Betina : Dan burung branjangan betina jarang membuka bulu ekornya.

Hal ini merupakan tingkah laku yang sifatnya temporer yang dilakukan sewaktu waktu.

WARNA BULU
Jantan : Warna bulu branjangan jantan nampak lebih tajam atau tegas.
Betina : Namun bulu branjangan betina nampak kusam.

Perbedaan ini sangat nampak bila kondisi burung dalam posisi bersamaan untuk diperbandingkan.

Saran yantopedia dalam memilih branjangan pilihlah burung branjangan yang memiliki minimal 3 kriteria atau ciri ciri seperti diatas, dan tentunya semuanya sifatnya relatif, karena tidak ada ukuran yang pasti untuk bisa disebutkan dalam memberikan penjelasan, karena burung branjangan yang satu dengan yang lain dan dari wilayah satu dengan wilayah yang lain tentunya berbeda – beda. Dan sebaiknya gunakan cara – cara diatas sebagai referensi saja untuk anda memilih atau membedakan burung branjangan. dan untuk akurasi lebih lanjut bisa digunakan metode tes DNA agar hasilnya lebih akurat tentunya jika mau mengeluarkan sedikit goceh lagi.

Demikian artikel dari yantopedia mengenai bagaimana Cara jitu membedakan kelamin burung branjangan. Jika ada yang ditanyakan silahkan taruh pertanyaan anda pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat untuk para branjangan mania, namun jangan lupa untuk cantumkan sumber. Terimakasih



Disarikan dari berbagai sumber.

0 Response to "Saran master branjangan senior!!! Cara jitu membedakan kelamin burung branjangan [Yantopedia]"

Posting Komentar