cara akurat membedakan jenis kelamin burung Trucuk jantan dan betina [Yantopedia]

untuk membedakan jenis kelamin burung trucukan jantan dan betina sebenarnya tidaklah sulit jika kedua burung didekatkan satu sama lain, namun jika anda tidak jeli apalagi baru tau tentang burung trucukan mungkin membedakan antara jantan dan betina tentunya sangatlah sulit. Untuk itu yantopedia akan membahasnya untuk anda tentang bagaimana cara akurat membedakan jenis kelamin burung Trucuk jantan dan betina agar saat melakukan transaksi untuk membeli burung trucukan anda tidak akan mudah untuk di tipu oleh para penjual yang curang.

Ada beberapa ciri yang dapat anda lihat yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan jenis kelamin burung trucukan. Adapun cara membedakannya ialah sebagai berikut :

1. Ukuran dan Bentuk kepala
Jantan : Yang pertama untuk membedakan jenis kelamin burung trucukan adalah dengan cara melihat bentuk kepalanya. Trucukan jantan memiliki ukuran kepala lebih besar dan berbentuk kotak.
Betina : ukuran kepala trucukan cenderung lebih kecil dan berbentuk agak lonjong kedepan.
2. Postur tubuh
Jantan : Bukan hanya ukuran dan bentuk kepalanya saja yang besar, namun ukuran tubuh burung trucukan jantan juga lebih besar daripada burung trucukan betina. Bagian bahu terlihat lebih kokoh dan gagah.
Betina : Postur tubuh trucukan betina cenderung lebih kecil dan pendek. Bagian bahu juga lebih kecil dan ramping.
3. Jambul
Jantan : menurut yantopedia burung trucukan memiliki ciri khas jambul yang membentuk memanjang kebelakang kepala, untuk jambul trucukan jantan saat berkicau maupun saat diam akan berdiri tegak dari pangkal paruh sampai kebelakang.
Betina : burung trucukan betina juga memiliki jambul namun lebih pendek dan saat jambulnya berdiri hanya setengah bagian saja, yaitu dari atas kepala hingga kebelakang.
4. Alis
Jantan : alis burung trucukan jantan lebih panjang, tebal dan bergelombang keatas.
Betina : alis burung trucukan betina lebih pendek, tipis dan tidak terlalu bergelombang.
5. Ekor
Jantan : burung trucukan jantan memiliki ekor lebih panjang daripada betinanya, lebih tebal dan sering terbuka.
Betina : ekor burung trucukan betina lebih pendek mengimbangi tubuhnya yang juga pendek.
6. Posisi menangkring
Jantan : posisi menangkring burung trucukan jantan lebih tegap dan gagah. Walaupun dalam keadaan diam burung trucukan jantan juga terlihat siap tegak berdiri dan posisi kaki agak rapat dan terkesan mencengkram kuat pada tangkirang.
Betina : posisi menangkring burung trucukan betina lebih membungkuk dan posisi kaki lebih merentang.
7. Ukuran kaki
Jantan : ukuran kaki burung trucukan jantan lebih besar, bulat dan kokoh.
Betina : ukuran kaki burung trucukan betina tentunya lebih kecil daripada kaki burung trucukan jantan.

lebih jelasnya lihat foto trucukan jantan dan betina berikut ini :




8. Warna lidah
Jantan : warna lidah burung trucukan jantan berwarna kuning kemerahan, setelah dewasa warna lidahnya akan berubah menjadi orange kemerahan.
Betina : warna lidah burung trucukan betina sebenarnya juga berwarna kuning kemerahan saat usia muda, namun lebih pudar (pucat) atau tidak mencolok mendekati warna abu – abu. Jika burung trucukan betina sudah dewasa maka warna tersebut akan berubah menjadi orange keabu – abuan.

Ada beberapa pendapat bahwa warna pada lidah burung trucukan tidak menjadi patokan. Namun pengalaman admin yantopedia sendiri yang memelihara burung trucukan dari usia 3 minggu sampai dewasa warna lidah adalah yang paling mudah dalam membedakan jenis kelamin burung trucukan.

Itulah bagaimana cara akurat membedakan jenis kelamin burung Trucuk jantan dan betina yang dapat anda terapkan saat akan membeli burung trucukan dipasar burung maupun dirumah penjual. Namun Jika anda merasa kesulitan untuk melihatnya karena burung trucukan yang anda beli giras (tidak mau diam) maka cobalah minta ijin pada penjualnya agar diperbolehkan memegang burung trucukan tersebut. Atas kunjungannya pada blog yantopedia kami ucapkan terimakasih.





0 Response to "cara akurat membedakan jenis kelamin burung Trucuk jantan dan betina [Yantopedia]"

Posting Komentar