Rahasia peternak lovebird terbongkar!!! Inilah makanan dan vitamin untuk Lovebird ternak [Yantopedia]

Bagi para peternak Lovebird senior sudah bukan rahasia lagi tentang resep pakan lovebird agar produksinya berjalan mulus, namun bagi para peternak yang masih baru merintis di dunia peternakan burung lovebird pastiya masih bertanya – Tanya bagaimana caranya agar peternakannya bisa berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.
Dengan alasan membantu para peternak lovebird pemula maka saya sebagai admin yantopedia saya akan membeberkan rahasia peternak lovebird dan membongkarnya pada anda. Ada beberapa makanan dan vitamin untuk lovebird ternak yang harus anda siapkan dirumah, mulai dari biji – bijian, sayuran dan multivitamin ternak lovebird yang bisa anda dapatkan di pethop – petshop pakan burung didaerah anda. 


Untuk lebih jelasnya mari simak tentang rahasia tentang peternak lovebird berikut ini :

1. Asupan gizi pakan harian Lovebird ternakan
Pertama adalah tentang asupan pakan. Hal ini perlu anda perhatikan agar menu dapat variatif sehingga lovebird anda akan kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D.

Di samping vitamin, yang perlu anda perhatikan juga adalah tentang kecukupan mineralnya. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diperlukan burung lovebird adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

2. Makanan yang sesuai untuk burung lovebird
Pakan burung lovebird sangat bervariatif, ada empat jenis makanan yang wajib anda sediakan untuk lovebird ternakan anda yaitu sebagai berikut :

Bijian Mix
     Berikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran  sebagai pakan utamanya. Contohnya milet putih, merah dan canary sed.

* Sayuran segar
     Burung lovebird sangat menggemari sayuran segar, anda bisa buktikan dengan cara memegang sayuran dan perlihatkan pada lovebird anda, pasti lovebird kesayangan anda akan mencoba menghampiri sayuran yang anda perlihatkan. Untuk itu coba berikan sayuran seperti Kangkung, Sawi Putih, Jagung  muda dan sayuran lainnya.

* Asinan
     Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Anda dapat memberinya tulang sotong atau asianan yang biasa dijual di toko pakan burung untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.

* Extra Fooding.
     Extra fooding lovebird sendiri sama dengan pakan nomer satu diatas yaitu tentang biji – bijian, namun kali ini sedikit berbeda dengan takran pemberiannya, anda dapat memberinya 2 – 3 kali dalam seminggu saja dan jangan banyak – banyak karena akan berpengaruh terhadap berat badan lovebird (gemuk) hal itu sangat tidak baik untuk burung ternakan karena akan menghambat pembuahan yang nantinya lovebird betina akan susah bertelur. Contoh dari extra fooding sendiri ialah : Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang hijau  sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan  menaikkan suhu  tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuhnya.

Itulah artikel mengenai asupan pakan untuk lovebird ternakan yang yantopedia beri judul “Rahasia peternak lovebird terbongkar!!! Inilah makanan dan vitamin untuk Lovebird ternak [Yantopedia]”. Semoga artikel ini bisa membantu para peternak lovebird pemula yang ingin peternakannya berjalan lancar dan berkembang. Silahkan share artikel ini pada yang lain agar semakin bermanfaat namun jangan lupa cantumkan sumber. Atas kunjungannya kami ucapkan terimakasih.


0 Response to "Rahasia peternak lovebird terbongkar!!! Inilah makanan dan vitamin untuk Lovebird ternak [Yantopedia]"

Posting Komentar