Ilmu Master Bonsai!!! Metode mudah pembuatan bonsai bagi pemula [Yantopedia]

Bonsai adalah tumbuhan yang di rawat sedemikian rupa agar menarik dan indah dipandang, ada beberapa tumbuhan / bunga yang dapat dibuat bonsai seperti bunga bogenvile, pohon beringin, asam jawa dan lain – lain. Sekarang bonsai semakin banyak peminatnya, dari perkotaan padat penduduk sampai pada pedesaan sudah mulai tau dan tertarik untuk menanam bonsai sebagai hiasan halaman rumah dan untuk hiasan didalam rumah.

Namun jika anda sendiri yang sedang tertarik untuk memulai proyek bonsai untuk menghias ruangan anda, maka cobalah ikuti panduan dari How Stuff Work yang dirangkum pada blog yantopedia dengan tahap – tahap yang jelas.

Centralbonsai


Adapun tahapan proyek pembuatan bonsai dapat dilakukan dengan beberapa metode khusus seperti dibawah ini.

1. Metode pemilihan spesies pohon sesuai dengan lokasi geografis.
Pertama adalah pemilihan spesies pohon yang sesuai dengan lokasi geografis didaerah anda. Mengapa demikian? Ya karena beberapa pohon biasanya kehilangan asupan kadar air di musim kemarau dan meminta temperatur yang rendah. Pohon lain selain pohon yang biasa tumbuh di lokasi yang panas sudah pasti tidak akan bisa bertahan hidup atau benar-benar meranggas saat panas. Untuk itu riset betul dan pelajari seksama bagaimana area anda dan tipe pohon bonsai yang cocok agar calon bosai yang anda buat dapat hidup lama dan tentunya sehat agar dapat membanggakan diri anda.

2. Metode pemilihan jenis tumbuhan.
Jika anda sudah paham betul dengan beberapa tumbuhan yang cocok untuk dibuat bonsai didaerah anda maka tinggal anda putuskan tipe bonsai yang anda inginkan, barulah anda beli tanaman yang pas atau mencarinya di lingkungan sekitar anda (jika ada). Ketika anda membelinya periksalah bagian daun dan warnanya untuk memastikan tumbuhan sehat. Kemudian berkeliling untuk melihat ragam pilihan dan imajinasikan bagaimana setiap tanaman akan terbentuk nantinya bila sudah dibonsai. Jangan terburu-buru memutuskan bila hanya membuat Anda kecewa begitu tahu tanaman itu tak cocok untuk bonsai.

2. Metode penentuan ukuran bonsai
Pada umumnya pohon bonsai bisa berada dalam rentang mulai miniatur berukuran 6 inci hingga yang setinggi 90 centimeter. Untuk itu putuskan tipe bonsai yang Anda inginkan sebelum pergi untuk membeli tumbuhan di pusat pembibitan.

4. Metode pemilihan pot yang sesuai
Yang keempat adalah Metode pemilihan pot yang sesuai. Proses ini juga penting, karena pot sangat berhubungan dengan ukuran bonsai yang diinginkan dan gaya tumbuhan. Pilihlah bentuk dan warna yang Anda sukai secara pribadi. Pot yang anda gunakan tentunya harus cukup besar untuk membuat tanah menutupi akar tanaman. Jangan sampai pot hanya mampu menampung sedikit tanah sehingga tak bisa memberi kelembaban kepada akar.

Jika anda tidak memperhatikan ukuran pot yang sesuai (asal – asalan) maka sudah pasti anda akan membunuh pohon bonsai anda dengan cepat bila pot tidak cukup besar. Gagasan utama bonsai adalah menyeimbangkan figur pot dengan tanaman, dan membuatnya seperti miniatur pohon. Bila Anda tidak memiliki bor untuk melubangi dasar pot, lebih baik belilah pot yang sudah memiliki lubang drainase.

5. Metode penyiapan pohon dan pot
  • Pertama pangkas daun-daun tanaman seperti bentuk yang Anda kehendaki. Potong akar-akar sehingga sistem akar bisa pas dengan aman di pot yang baru dengan jumlah tanah yang tepat.
  • Pastikan tanaman muda sudah disiram dengan baik sebelum ditanam dalam pot.
  • Tempatkan lapisan tipis pasir besar di bawah pot untuk drainase, tutupi lubang draise sedikit bila pasir keluar.
  • Keluarkan pohon bonsai dari pot yang lama dan hilangkan tanah yang melekat di sekitar akar. Periksa pula akar apakah ada yang busuk dan rusak, lalu hilangkan.
  • Potong akar sekitar dua pertiganya. Ini sepertinya ekstrem, namun mengontrol pertumbuhan akar adalah bagian esensial menciptakan dan membuat bonsai tetap tumbuh mini.
  • Tuntaskan proyek Anda dengan memberi tanah yang lembab atau sudah diairi ke pot. Pohon-pohon dari iklim tropis bisa ditanam kapan pun cuaca hangat.



Itulah pembahasan yantopedia tentang Metode mudah pembuatan bonsai bagi pemula yang disarikan dari beberapa sumber. Semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah ilmu para pecinta bonsai terutama bagi pemula. Terimasih atas kunjungannya pada blog yantopedia. Jangan lupa gabung pada  Halaman facebook yantopedia untuk mengikuti artikel terbarunya. Terimakasih salam sukses.

Disarikan dari berbagai sumber.

0 Response to "Ilmu Master Bonsai!!! Metode mudah pembuatan bonsai bagi pemula [Yantopedia]"

Posting Komentar