Cara Fermentasi Pakan Kambing menggunakan Em4


Fermentasi ini mempunyai keunggulan adalah mengawetkan pakan untuk beberapa hari kedepan serta dengan fermentasi ini nutrisi yang terkandung dalam pakan tidak akan hilang. Cara fermentasi pakan ternak kambing dengan Em4 adalah salah satu cara pembuatan pakan ternak kambing yang banyak diterapkan. Metode pembuatan pakan dengan fermentasi ini sangat cocok untuk kambing ataupun domba dan juga sapi dan kerbau.

Salah satu  jenis ternak kambing yang menggunakan pakan fermentasi adalah kambing potong.  Kambing potong merupakan jenis kambing yang dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya. Masa penggemukan memakan waktu kurang lebih 6 bulan.  Pada masa penggemukan ini merupakan masa produktif untuk penggemukan kambing potong.
Pada masa penggemukan ini sebaiknya hrus disediakan pakan yang bernutrisi tinggi dan berkualitas sehingga mampu menaikkan bobot dengan cepat. Jika penggemukannya lebih cepat maka nilai jual kambing potong semakin tinggi.
Asupan pakan yang baik dan bernutrisi tinggi  sangat dibutuhkan dalam masa penggemukan ini.  Jenis pakan yang bisanya diberikan ke ternak diantaranya adalah rumputan, daun hijauan, jerami, rumput, bekatul, vitamin dan pakan tambahan lainnya. Semua pakan tersebut harus ada dan disiapkan untuk mendukung dan membantu produktifitas dan penggemukan kambing.
Cara membuat fermentasi pakan ternak kambing dengan em4 tergolong sangat mudah dan mudah untuk diaplikasikan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan probiotik jenis Em4 yang dapat dibeli di toko pertanian atau peternakan didaerah anda
  2. Siapkan tempat yang besar  digunakan untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi, bisa menggunakan tong dan lubang persegi yang sudah disemen.
  3. Untuk bahan-bahan pakan hijauan yang dapat  difermentasi adalah  jerami, gedebog pisang, rumput hijauan.
  4. Sebelumnya Cacah atau potong terlebih dahulu semua bahan hijauan menjadi ukuran yang lebih kecil, agar cepat dan ukurannya seragam bisa menggunakan mesin pencacah.
  5. Larutkan tetes atau air gula dan probiotik em4 (sesuai ukuran)dengan air menjadi 1 dengan takaran yang sudah disebutkan di atas.
  6. Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan kemudian larutkan cairan prebiotik tersebut, agar mudah campur diatas terpal.
  7. Masukkan semua bahan kedalam wadah sedikit demi sedikit lalu dinjak injak hingga padat.
  8. Tutup rapat semua bahan dengan platik agar proses fermentasi lebih sempurna.
  9. Pakan fermentasi ini bisa dibuka  Setelah 2 minggu dan siap diberikan kepada ternak.
Seperti itulah tata cara fermentasi yang bisa anda terapkan untuk ternak anda, semoga artikel ini bisa membantu anda agar lebih mudah untuk berternak. Untuk kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

Disarikan dari blog sebelah.


0 Response to "Cara Fermentasi Pakan Kambing menggunakan Em4"

Posting Komentar