Panduan lengkap ternak kambing etawa bagi pemula

Kambing adalah salah satu hewan ternak yang banyak di pelihara di Indonesia, ada beberapa jenis kambing yang dapat di ternak, namun kali ini saya akan membahas tentang kambing etawa, iya, kambing jenis etawa ini bisa menjadi pilihan anda untuk meraih sukses. Bagaimana tidak? Kambing etawa ini bukan hanya dimanfaatkan gadingnya dan kulitnya, namun air susunya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan untuk wanita dan juga kesehatan bagi anak – anak sampai tua. Kambing etawa ini disebut juga dengan kambing PE. Untuk para pemula perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis kambing etawa yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Untuk itu saya akan member tau jenis – jenis kambing etawa sebagai berikut 

1. Kambing Etawa Senduro

Yang pertama adalah kambing Etawa Senduro, kambing ini  merupakan kambing Peranakan Etawa yang banyak dikembangbiakkan di daerah Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kambing Etawa Senduro ini juga merupakan hasil perkawinan antara kambing Etawa atau kambing Jamnapari India dengan kambing lokal atau kambing Lokal yang ada di daerah Lumajang, Jawa Timur. Kambing Etawa Senduro memiliki ciri warna bulu dominan berwarna putih menyeluruh dari kepala ke kaki. Kambing Etawa Senduro merupakan kambing penghasil susu kambing yang baik.

2. Kambing Etawa Kaligesing

Yang kedua adalah Kambing Etawa Kaligesing atau kambing Peranakan Etawa (PE), kambing kaligesing ini merupakan kambing Etawa yang banyak dibudidayakan di Kaligesing, Purworejo. Kambing Etawa kaligesing memiliki ciri warna bulu putih dominan dan biasanya terdapat warna hitam pada bagian dada ke kepala. Masyarakat Kaligesing membudidaya kambing etawa kaligesing ini untuk menghasilkan susu kambing Etawa karena dipercaya banyak kahasiat susu kambing Etawa. Salah satu khasiat susu kambing Etawa adalah untuk mengurangi resiko stroke.

3. Kambing Etawa Super

Yang terakhir adalah Kambing Etawa Super, kambing ini merupakan kambing Peranakan Etawa yang merupakan hasil seleksi dari berbagai kambing Etawa yang akhirnya terpilihlah kualitas super dari kambing Etawa. Kambing Etawa yang memenangkan juara kontes kemudian dijadikan sebagai Indukan sehingga menghasilkan kambing Etawa kualitas super atau sering disebut sebagai Kambing Etawa Super. Sudah tidak diragukan lagi, karena ukuran kambing Etawa ini yang super sehingga kambing ini memiliki penampilan yang besar dan juga menghasilkan susu yang banyak dan berkualitas. Dengan alasan itu pula kambing ini menjadi sangat mahal disbanding kambing etawa senduro dan kambing etawa kaligesing.

Untuk berternak kambing etawa ini tidak bisa terburu / sembrono, ada beberapa persiapan yang harus benar – benar dipikirkan dan dilakukan agar kelak bibit kambing etawa yang anda pelihara menjadi sehat dan tentunya menghasilkan susu secara maxsimal. Persiapan persiapan itu adalah :

4. Persiapan Kandang Kambing Etawa
Untuk memulai usaha budidaya kambing Etawa, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan kandang. Persiapan kandang ini meliputi penentuan lokasi dan penentuan kapasitas kandang kambing. Untuk mengetahui lebih lengkap, maka baca juga tulisan tentang Persiapan kandang Kambing Etawa.

5. Persiapan Lahan Pakan Kambing Etawa
Untuk melaksanakan usaha secara kontinyu, maka sebaiknya jangan melupakan untuk menyiapkan lahan pakan. Hal ini penting karena ketersediaan pakan harus selalu ada untuk mendukung usaha ternak kita.

6. Pemilihan Bibit Unggul Kambing Etawa
Setalah kedua persiapan diatas sudah dilakukan, maka yang terakhir pemilihan bibit unggul. Pemilihan bibit unggul ini didasarkan untuk menghasilkan keturunan yang unggul juga nantinya.

Setelah tiga persiapan diatas tlah terlaksana, maka tinggal satu point yang juga tidak kalah penting yaitu tentang menejemenpemeliharaan. Manajemen pemeliharaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam beternak kambing Etawa. Beberapa hal terkait manajemen pemeliharaan adalah sebgai berikut:

7. Manajemen Pemberian Pakan dan minum

Manajemen pakan meliputi pengaturan pemberian pakan kambing Etawa yang dilakukan dua kali sehari yakni pada sore hari dan pagi hari, dan pemberian minum bisa dilakukan sore setelah makan atau malam sebelum tidur.

8. Manajemen Perkawinan

Manajemen perkawinan meliputi tentang pengaturan perkawinan kambing Etawa dengan membuat pencatatan umur, waktu melahirkan dan lepas sapih.

9. Manajemen Vaksin
Manajemen Vaksin merupakan pengaturan terhadap pemberian vaksin kambing guna mencegah timbulnya berbagai macam jenis penyakit.

10. Manajemen Kebersihan Kandang
Manajemen Kebersihan kandang merupakan pengaturan kebersihan kandang yang dilakukan minimal 3 hari sekali untuk menghindari bersarangnya bakteri penyebab penyakit terutama penyakit scabies yang sering menyerang hewan ternak dikandang yang kotor.

10. Manajemen Pemasaran Kambing Etawa
Dan yang terakhir adalah Manajemen pemasaran kambing Etawa, menejemen pemasaran merupakan pengaturan pemasaran kambing Etawa untuk mencapai konsumen secara langsung. Hal ini berguna sebagai ajang silaturahmi dengan calon pelanggan agar kedepannya bisa terjalin hubungan bisnis yang baik.

Itulah panduan lengkap ternak kambing etawa bagi pemula, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua untuk menjalani usaha ternak kambing etawa agar sukses seperti yang kia inginkan. Jika ada pertanyaan yang ingin di lontarkan maka silahkan koment di kotak komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah. Atas kunjungannya terimakasih.

Di sarikan dari beberapa sumber.


0 Response to "Panduan lengkap ternak kambing etawa bagi pemula"

Posting Komentar