Penyebab dan cara Mengatasi Kutu atau gurem Pada Kambing

Kutu atau gurem dalam istilah jawa, adalah hewan yang sangat menyebalkan bagi perternak kambing. Karena keberadaan kutu ini nafsu maan kambing akan menurun drastis karena kambing akan lebih fokus menggaruk bagian tubuh yang gatal karena digigit kutu tersebut. Dampak lain yang ditimbulkan kutu ialah bulu kambing akan terlihat semrawut seperti rambut yang tidak disuri. Sebelum membahas tentang Penyebab dan cara Mengatasi Kutu atau gurem Pada Kambing alangkah baiknya anda tau apa yang menyebabkan kutu bisa menempel bersarang pada kambing agar dapat melakukan pencegahan bagi kambing kesayangan anda agar tidak dihinggapi kutu. Adapun datangnya kutu pada kambing di sebabkan oleh beberapa factor berikut ini :
1.    Kandang kambing dan sarang ayam bertelur berdampingan.

Kandang kambing yang sengaja / tidak sengaja dibuat bertelur ayam, entah diatas kandang maupun dibawah dan samping kandang. Saat pertama bertelur mungkin tidak akan menampakkan adanya tanda – tanda kutu. Namun setelah telur ayam sudah dalam masa angram terlebih lagi telur yang dierami tidak jadi menetas maka telur itu akan didatangi kutu / gurem. Jika demikian lama kelamaan maka kutu itu akan naik keatas kandang kambing dan pindah pada kulit kambing

2.    Kandang yang kotor
Kandang yang kotor pastilah membawa hal negatif pada kambing, terutama kesehatan kambing. Maka jangan malas untuk membersihkan kandang kambing minimal 3x seminggu.
3.    Kandang terlalu lembab
Kandang yang terlalu lembab juga bisa jadi alasan kutu akan betah dikandang kambing. Maka saran saya beri penyinaran diatap kandang dengan menggunakan genting kaca.
Itulah beberapa masalah yang dapat mengundang kutu untuk betah dikandang kambing. Jika hal itu sudah terlanjur terjadi maka pastilah anda akan mencari solusi untuk  mengusir kutu itu dari tubuh kambing. Ada beberapa cara yag bisa dilakukan untuk mengusir kutu pada kambing, hal itu sebagai berikut :

1.    Menggunakan sabun cuci, rinso dll

Pertama mandikan kambing dengan sabun cuci secukupnya (rinso, soklin, dll) setelah itu tambah Fastac (insektisida) 1/2 tutup per 5 liter air, kemudian larutan digosokkan keseluruh tubuh kambign kecuali bagian mata sampai merata basah, jemur sampai kering. metode ini ternyata lebih murah, selain kutu hilang, telur kutu juga mati. kambing juga lebih bersih. pengalaman teman yang lain kudis juga sembuh dengan metode ini. Dan buka hanya kutu yang mati, namun kambing yang mengalami kudisan juga mulai membaik. metode ini aman dipakai untuk kambing bunting dan laktasi, untuk yang laktasi ambing perlu dibilas dengan air bersih. saya awalnya takut memakai metoda ini tapi beberapa kali ternyata aman. mohon kritik dan saran para senior

2. suntik dengan obat kutu
Untuk cara yang simple maka gunakan obat suntik wormectin atau bisa juga pake ivomec tapi wormectin lebih murah. kelemahan adalah beresiko bila dilakukan pada kambing bunting dan menyusui, bisa keguguran atau menyebabkan anak kambing kerdil (pengalaman teman). Hal itu dikarenakan wormectin dan ivomec cara berkerjanya adalah memperlambat metabolism tubuh sehingga asupan makan pada kutu gudik juga akan melemah, hal itu juga berpegaruh pada janin dalam kandungan induk kambing juga anakan kambing yang sedang menyusui.
Itulah artikel kali ini tentang Penyebab dan cara Mengatasi Kutu atau gurem Pada Kambing. Semoga artikel ini sangat membantu masalah anda para peternak kambing agar bisa sukses dalam usaha ternak kambing. Jika ada masalah lain yang ingin ditanyakan atau ada cara lain yang ampuh untuk membasmi kutu maka silahkan share dikolom komentar. Atas kunjungannya di yantopedia saya ucapkan terimakasih.


Disarikan dari beberapa sumber.

0 Response to "Penyebab dan cara Mengatasi Kutu atau gurem Pada Kambing"

Posting Komentar