Cara modern dan tradisional mengetahui umur kambing

Dalam usaha ternak kambing mengetahui umur kambing merupakan faktor yang sangat penting bagi para peternak maupun para pedangan kambing, hal itu karena berkaitan dengan program pemeliharaan kambing, seperti pemilihaan calon induk atau pemilihan bakalan yang akan digemukkan. Kambing yang berumur di bawah sembilan bulan akan mempunyai pertumbuhan yang pesat. Semakin tua, pertumbuhan kambing semakin lambat. Pada umur 18-20 bulan pertumbuhan kambing biasanya relatif berhenti, tidak bertambah besar lagi.
Besar kecilnya badan kambing, dan ada tidaknya tanduk, tidak dapat dipakai sebagai patokan umur. Hal itu karena ukuran badan lebih dipengaruhi oleh jenis, dan cara pemeliharannya. Di luar negeri untuk menentukan umur kambing dilakukan dengan melihat kartu catatan produksi atau regristrasi kambing yang bersangkutan, karena tiap peternak sudah biasa menggunakan atau mencatat hari lahir anakan kambing mereka, hal itu disebut dengan cara modern disaat ini dalam mengetahui umur kambing.
Namun lain halnya di Indonesia, peternak kambing tidak pernah menulis tanggal lahir anakan yang baru lahir, karena dianggap remeh dan biasa saja, alhasil kambing tidak memiliki catatan sama sekali.  Namun entah dari siapa yang mengajari, nenek moyang kita tlah mengajarkan bagaimana cara melihat umur kambing secara tradisional yaitu dengan cara melihat kondisi giginya. Tapi cara ini tidak bisa menentukan umur kambing secara pasti, karena hanya berdasarkan perkiraan.
Gigi seri kambing hanya terdapat pada rahang bawah sebanyak delapan buah(empat pasang). Gigi seri ini sudah keluar lengkap sejak dilahirkan.  Gigi seri yang sejak lahir belum berganti dinamakan gigi seri susu, sedangkan gigi seri yang telah tanggal akan tumbuh lagi. Gigi seri baru ini dinamakan gigi seri tetap.





Gambar diatas dapat diartikan sebagai berikut :
No
Usia
Kondisi Gigi Seri
1
< 1 tahun
Gigi seri susu sudah tumbuh semua
2
1 – 2 tahun
2 gigi seri susu sudah berganti tetap
3
2 – 3 tahun
4 gigi seri susu sudah berganti tetap
4
3 – 4 tahun
6 gigi seri susu sudah berganti tetap
5
4 – 5 tahun
8 gigi seri susu sudah berganti tetap
6
> 5
Gigi seri tetap sudah mengalami keausan atau mulai tanggal

Pergantian dan pertumbuhan gigi seri kambing sangat teratur waktunya. Gigi seri menggantikan gigi seri susu dengan bentuk yang lebih besar, kuat, dan warnanya lebih kekuningan. Penentuan umur kambing kurang dari satu tahun dengan memeriksa dengan memeriksa pertumbuhan gigi gerahamnnya. Anak kambing yang baru lahir, mempunyai 2-8 buah gigi seri, dan umur sembilan bulan gigi geraham nomor lima tumbuh.
Apabila ada pertanyaan, bagaimana mengidentifaksi kambing yang berumur 2-2,5 tahun dan 3-3,5 tahun? untuk menjawabnya perlu dilihat seberapa banyak terasahnya gigi seri yang terakhir berganti. Gigi seri pasangan kedua yang masih baru menandakan kambing berumur 1,5-2 tahun. Jika gigi seri pasangan kedua tersebut sudah terasah banyak dan gigi seri susu pasangan ketiga belum tanggal. Hal itu menandakan kambing  berumur 2-2,5 tahun. Bila gigi seri susu ketiga telah terasah banyak dan gigi seri  susu keempat belum tanggal, menandakan kambing berumur 3-3,5 tahun.
Ilmu tentang cara mengetahui umur kambing sangat berguna juga bagi kita, bukan hanya peternak, misalnya ketika kita akan berkurban. Hal itu penting untuk mengetahui umur kambing karena ketika usianya tidak memenuhi syarat, tentunya tidak sah kurban kita.
Itulah pembahasan dari yantopedia tentang Cara modern dan tradisional untuk mengetahui umur kambing. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dipratekkan oleh para peternak indonesia terutama dengan cara modern agar para pembeli bisa lebih yakin dengan umur kambing kita. Jika ada pertanyaan silahkan taruh dikolom komentar yang sudah yantopedia sediakan. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

Disarikan dari beberapa sumber.

0 Response to "Cara modern dan tradisional mengetahui umur kambing "

Posting Komentar