Cara merawat anak kambing baru lahir sampai disapih

Selamat datang kembali di yantopedia, hari ini saya akan membahas tentang Cara merawat anak kambing baru lahir sampai disapih. Pada fase ini yang perlu diperhatikan adalah lantai kandang, kondisi kesehatan induk dan penyapihan, karena tiga point itu sangat berpengaruh untuk kesahatan anak kambing, untuk menyingkat artikel langsung saja akan saya bahas dua point tersebut :

1. Pertama lantai kandang.

Lantai kandang ini sangat penting untuk diperhatikan, karena keselamatan anak kambing juga tergantung dari lantai kandang, ada dua jenis lantai kandang yang biasa dipakai yaitu lantai cor (semen) atau tanah, yang kedua adalah lantai bambu.

  • Lantai cor (semen) atau tanah.


Jika kandang anda menggunakan lantai cor (semen) atau tanah maka yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang, jaga untuk tetap kering dengan cara selalu bersihkan pagi dan sore menjelang malam, dan saran saya adalah gunakan genting kaca agar sinar matahari dapat memanasi lantai yang lembab. Hal ini bertujuan agar anak kambing tidak terpelset saat berjalan terutama saat menyusu pada induknya, jika terpeleset maka sudah tidak diragukan lagi bahwa anak kambing akan mudah sakit dan kurang asupan susu. Untuk itu jaga lantai agar tidak basah dan selalu bersih.

  • Lantai bamboo.


dan jika kandang anda terbuat dari bamboo, maka pastikan kerapatan antar bamboo tidak terlalu benggang (merenggang) atau berlubang, usahakan kerapatan tersebut tidak membuat kaki anak kambing terjepit, karena jika hal itu terjadi maka akan membuat kaki anak kambing patah (pincang). Jika lantai dalam keadaan merenggang maka gantilah dengan bamboo yang baru yang lebih lebar, atau bisa langsung saja di sumbat dengan bambu kecil yang penting hasilnya bagus. Perhatikan paku yang digunakan, jangan sampai ada yang muncul kepermukaan agar tidak melukai telapak kakinya.

2. Kedua kesehatan induk

Kesehatan induk juga sama pentingnya bagi kesehatan anak kambing, karena pada masa 0-6 bulan nutrisi anak kambing 90% harus dipenuhi dari air susu induk, hal yang perlu diperhatikan adalah pakan dan minuman yang diberikan, berikan pakan hijauan seperti rumput odot dan daun sengon, tumbuhan itu sangat baik untuk memperbanyak air susu pada sang induk, selain pemberian hijauan alangkah baiknya berikan comboran berupa ampas tahu/dedak dengan dicampur sedikit air dan garam kasar, jika ada sedikit dana lebih maka campur juga pellet sapi/kambing agar induk cepat gemuk kembali dan tentunya asupan air susu melimpah. Pellet yang dimakan induk nanti juga akan berpengaruh pada pertumbuhan anak kambing.

3. Ketiga adalah fase sapih

Sebernarnya penyapihan tidak terlalu penting dibanding dengan kedua point diatas, karena walau tidak disapih anak kambing setelah umur 6 bulan keatas sudah tidak menyusu lagi pada induknya, namun alangkah baiknya jika disapih karena kawatir anak kambing yang baru disapih akan di seruduk oleh pejantan induknya saat dalam masa perkawinan.

Itulah tiga point Cara merawat anak kambing baru lahir sampai disapih yang sudah yantopedia bahas, dengan demikian anda tidak akan bingung lagi untuk merawat kambing yang baru melahirkan sampai waktunya penyapihan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengunjung dan jika artikel ini silahkan bagikan pada yang lain. Terimakasih.

0 Response to "Cara merawat anak kambing baru lahir sampai disapih"

Posting Komentar