Cara mudah agar kambing cepat besar dan gemuk


Kambing menjadi salah satu jenis ternak yang sangat banyak di pelihara sebagai ternak. Hal ini dikarenakan tingkat pemeliharaan kambing yang lebih mudah dipelihara dari pada jenis sapi. Selain ukurannya yang lebih kecil, juga penyediaan kandang yang lebih kecil juga proses pemberian makan yang lebih mudah menjadi salah satu faktor kambing banyak diternakkan.
Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam wirausaha kambing adalah : bibit, pemberian vaksin, sistem kandang, dan juga pemberian pakan pada ternak. Pemberian pakan juga perlu sebuah manajemen yang baik dan perlu diperhatian diantaranya :
  1. Pakan memiliki kandungan gizi yang cukup
  2. Pakan dalam keadaan yang baik akan terlihat segar, tidak berbau busuk ataupun kadaluarsa.
  3. Mempunyai palabilitas yang disukai oleh kambing
  4. Tidak terdapat bibit penyakit dan juga parasit contohnya cacing.
  5. Tidak basah ataupun lembab.
Untuk perawatan dan pemberian pakan maka dapat memberikan perhatian berikut ini :
  1. Pakan hijauan
Pakan hijauan merupakan sumber vitamin untuk kambing yang sangat baik. Didalam pakan hijauan terdapat vitamin A dan E. Pakan yang bisa didapatkan dari tanaman seperti kacang – kacangan, dan juga rumput. Mengandung 17-19% serat kasar alam keadaan kering.
  1. Pakan konsentrat
Konsentrat adalah pakan pendamping atau sering disebut sebagai pakan pelengkap dari makanan utama hewan ternak. Tujuannya bisa melengkapi pemberian gizi yang dibutuhkan oleh hewan ternak secara seimbang. Konsentrat ini dapat anda dapatkan di toko pokpan didaerah anda.

    3.  Minuman (combor)


Minuman juga sangat berperuh untuk pertumbuhan kambing, minuman ini bisa anda taruh pada bak (timba) dengan dicampur garam kasar 1 genggam dan diaduk terlebih dahulu, bisa juga dicampur dengan dedak / katul / menir jagung giling. Berikan satu hari sekali saja, dan pemberiannya pada sore / malam hari.


    4.  Fermentasi

Fermentasi ini banyak sekali macamnya, saya akan memberikan satu contoh saja (lainnya silakan baca artikel berikut ini). Pakailah bahan debok pisang dan cacah lalu masukkan dalam tong lalu campur dengan 1 tutup em4 (sesuaikan dengan banyak bahan). Fermentasi sangat banyak keunggulannya, untuk itu jika ingin kambing anda cepat besar maka sesekali berikan pakan fermentasi.

Itulah beberapa cara agar kambing cepat besar dan gemuk. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan taruh unek – unek anda dikolom komentar yang sudah yantopedia sediakan. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.


0 Response to "Cara mudah agar kambing cepat besar dan gemuk"

Posting Komentar