Faktor dan Pengobatan ampuh kambing masuk angin

Dalam berjalannya suatu usaha pastilah ada sedikit kendala – kendala yang mempengaruhi kesuksesan usaha tersebut. Tidak luput juga dalam usaha peternakan, dan terutama pada peternakan kambing yang akan saya bahas dan akan saya rangkum dalam artikel pendek ini tentang Faktor dan Pengobatan ampuh kambing masuk angin. Kembung kerap sekali menyerang kambing di saat musim hujan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan kondisi cuaca yang secara drastis dan juga karena faktor pakan yang basah terkena air hujan sehingga membuat pakan berdampak tidak baik bagi kambing terutama anak kambing. 
Secara biologis, penyakit kembung pada kambing disebabkan oleh banyaknya gas yang terdapat di dalam perut kambing akibat jumlah fermentasi berlebih sehingga menekan organ paru-paru dan jantung. Hal ini mengakibatkan kambing mengalami kesulitan bernafas. Banyak alternatif yang biasanya dilakukan oleh peternak untuk mengatasi kembung pada kambing dengan membuat obat anak kambing (cempe) masuk angin. 
Ada beberapa faktir yang mempengaruhi cempe mask angin diantara :
·                     Pakan yang terlalu muda
·                     Pakan yang terlalu basah atau mengandung banyak air
·                     Pakan yang terlalu mengandung banyak protein (contoh legume)
·                     Pakan mengandung banyak tanin (terdapat pada daun singkong)
·                     Pakan berongga yang mengandug banyak gas (kangkung, daun ubi tanah)

Jenis-jenis pakan diatas menyebabkan aktivitas fermentasi yang tinggi sehingga dapat menimbulkan banyak gas yang terbentuk di dalam perut kambing. Gas-gas yang terbentuk ini di antaranya  adalah gas methana, gas karbondioksida (CO2), dan lain-lain.

Pengobatan Kambing Masuk Angin
Berbeda kembung yang kerap kali melanda kelinci, kelinci kembung biasanya memiliki peluang besar untuk mati. Namun untuk kembung pada kambing ini tidak terlalu berat, biasanya dapat sembuh sendiri tanpa diobati. Tapi jika kembung kambing ini terlalu berlebih maka sebaiknya cobalah alternatif untuk memijit kambing pada bagian perutnya menggunakan minyak tanah, hal ini akan membantu mengeluarkan gas yang tertimbun. 

Untuk mencegah terjadinya pengumpulan gas didalam lambung kambing dapat dilakukan dengan cara sebelum pakan diberikan terlebih dahulu pakan sebaiknya dikeringkan atau dilayukan  agar gas dalam tumbuhan keluar. Yang kedua cobalah mengeluarkan kambing dari kandang untuk melakukan aktivitas dan bergerak guna mengurangi penumpukan gas di perut.

Pemberian obat tradisional

Obat tradisional kambing masuk angin yang biasanya diberikan biasanya :
·         air jahe,
·         air kelapa,
·         minuman bersoda,
·         minyak kelapa .

dan cara pengobatan kambing yang masuk angina tau kembung dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

·         Cekoki kambing dengan menggunakan obat tradisional kambing masuk angin tersebut (seperti contoh diatas). Cakoki sebanyak setengah gelas.
·         Cekoki kambing dengan minuman bersooda sperti seprit, lebih baik jika diberikan telur. Baluri perut kambing dengan menggunakan tumbuhan bawang merang yang dicampur dengan minyak kayu putih. Urut perut dari bagian depan ke belakang secara pelan dan cukup ditekan. Usahakan juga dilakukan selama minimal 15 menit. Angkat bagian kaki depan agar gas turun ke perut bawah. Biasanya setelah diurut selama 15 menit, kambing akan mengeluarkan gas.
·         Tusuk anus kambing menggunakan tangkai pepaya yang sudah diolesi minyak goreng. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kambing mengeluarkan gas. 
·         Berikan obat tradisional kambing masuk angin atau obat kambing yang tersedia di toko ternak. Atau bisa juga kita berikan penicillin untuk mengurangi jumlah bakteri penghasil gas dalam rumen.
·         Kambing juga diberi Tymposol dengan dicampur air yakni dengan perbandingan sebanyak 30-50 ml Tymposol dengan 0,3-0,5 liter air.


Itulah pembahasan mengenai Faktor dan Pengobatan ampuh kambing masuk angin, semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi solusi saat kambing kita mengalami masuk angin / kembung. Jika ada pertanyaan lain silahkan taruh di kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Faktor dan Pengobatan ampuh kambing masuk angin"

Posting Komentar