Cara mengobati penyakit anthrax dan pencegahannya

Dalam menjalankan usaha pastilah ada sedikit kendala yang pastinya para peternak hadapi, salah satunya adalah masalah tentang penyakit. Ada beberapa yang tidak dapat saya jelaskan pada artikel kali ini karena terlalu panjang, untuk itu kali ini saya akan membahas tentang penyakit anthrax pada sapi lengkap dengan cara pengobatannya.

Penyakit antrax adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menular pada manusia. Biasanya kategori penyakit seperti ini disebut zoonosis. Nama lain dari antrax adalah radang limpa. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang mengandung bakteri basillus anthracis. Selain melalui makanan yang tidak bersih tersebut, bakteri antrax bisa masuk ke dalam tubuh sapi lewat tanah yang tercemar bakteri dan masuk melalui pernafasan dan luka pada sapi.

Bakteri antrax adalah bakteri yang daya tahannya luar biasa, disinfektan dan panas terkadang tidak mampu melawan bakteri ini. Penyebarannya juga sangat cepat apabila sapi tersebut kurang makan dan kelelahan. Apalagi saat musim panas. Bila sapi sudah terkena antrax, sebaiknya kita tidak mendekat dan harus berhati - hati dalam penanganannya. Bakteri dapat menular pada manusia melalui luka dan pernafasan (jika menghirup bulu sapi yang terserang).

Ada beberapa ciri yang harus anda ketahui bagaimana tanda – tanda gejala Gejala antrax pada sapi yang umunya adalah sebagai berikut :

  1. Tubuh sapi menjadi panas (demam), lemah dan mudah jatuh/ambruk
  2. Mengalami peraangan bagian limpa dan akhirnya sapi menjadi diare/mencret
  3. Di beberapa bagian tubuh yang berlubang akan mengalami pendarahan, biasanya berwarna hitam (pada lubang hidung dan mulut, pori - pori dan pada lubang anus sapi)
  4. Nafas tersengah - sengah
  5. Bagian bawah perut akan membengkak.
  6. Bila sudah akut, sapi akan mati mendadak

Jika masih ada harapan untuk sembuh maka segeralah melakukan pengobatan pada sapi,hal itu dilakukan untuk memperkecil resiko kematian.

Pencegahan :
  • Vaksinasi spora avirulen secara berkala tiap tahun pada sapi yang belum terkena
  • Pengecekan, pembersihan dan karantina jika pada suatu daerah sudah terkena antrax
  • Jangan memberi makan sapi dengan akarnya, biasanya hijauan. Berikan rumputnya saja
  • Jangan sering - sering kontak fisik dengan ternak jika tidak benar - benar darurat
  • Hewan yang sudah mati jangan dibedah, jangan memegang langsung bagian luka. Langsung kubur saja bila perlu bakar bangkainya.

Pengobatan :

  • Jika sapi sudah terkena, berikan antibiotik dengan spektrum luas seperti Penisilin G, Oxytetracyclin, Streptomycin,
  • Jika perlu panggillah dokter hewan untuk menangani sapi anda. Karena tentu saja dokter hewan lebih mengerti tentang penyakit hewan.

Itulah pembahasan saya kali ini tentang Penyakit Anthrax pada sapi dan cara pengobatannya. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda saat mengalami kesulitan. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini.



0 Response to "Cara mengobati penyakit anthrax dan pencegahannya"

Posting Komentar