Cara pengobatan penyakit mubeng dan pencegahannya

Nama lain dari penyakit mubeng ini adalah penyakit surra. Penyakit ini aktif menyerang dengan cara berkembang biak parasit dalam darah dan menurunkan kadar glukosa-nya. Sehingga kondisi tubuh sapi menjadi menurun, kurang nafsu makan, stress dan mudah letih. Penularanan parasit ini disebabkan oleh gigitan lalat haematophagus dan lyperosia dan aneka jenis kutu. Penyakit mubeng / surra seringkali menyerang sapi pada saat musim penghujan, dimana kondisi kekebalan sapi sering menurun dan melemah . Beberapa kasus bahkan dapat menewaskan ternak, terutama kerbau.


Ciri dan Gejala Sapi Mubeng adalah :

  1. Gerakan sapi menjadi tidak aturan (sempoyongan, jalan berputar putar/mubeng) jika sudah parah sering kejang - kejang
  2. Selaput lendir akan menguning
  3. Tidak nafsu makan dan bulu banyak yang rontok
  4. Sapi akan demam dan cepat lelah

Pencegahan :

  • Semprotkan  insektisida di kandang ternak (biasanya sejenis asuntol) untuk mencegah datangnya serangga penghisap darah.
  • Hindarkan kandang sapi dari tempat yang rawan menjadi sarang serangga (parit dan tempat lembab)
  • Usahakan sisa - sisa pakan sapi jangan sampai membusuk di kandang
  • Untuk sapi yang mengalami luka, jangan sampai dibiarkan infeksi dan menjadi makanan bagi lalat

Pengobatan :

  • Karantina sapi yang sakit dan berikan obat berupa atocyl maupun artosol, namun dalam penggunaannya hendaknya melalui konsultasi dengan dokter hewan setempat.

Itulah pembahasan saya kali ini tentang Cara pengobatan penyakit mubeng dan pencegahannya. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda saat mengalami kesulitan. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini.

0 Response to "Cara pengobatan penyakit mubeng dan pencegahannya "

Posting Komentar