Beberapa Manfaat Ikan Arwana Bagi Manusia [Yantopedia]

Mengenal Ikan Arwana
Dari berbagai macam jenis ikan air tawar, ikan arwana adalah Rajanya ikan hias arwana. Bagaimana tidak? Dari harganya saja sudah fantastis walau untuk jenis – jenis tertentu yang harganya masih terjangkau, ikan arwana ini juga memiliki keindahan yang tidak dimiliki ikan hias air tawan lain. Ikan arwana memiliki nama latin Scleropages formosus. Masyarakat Kawasan Asia Tenggara lebih mengenal jenis ikan hias satu ini dengan nama “Siuk Naga”. Nama ini diambil dari bentuk tubuh ikan arwana yang menyerupai naga, legenda hewan purba yang dipercayai ada sejak lama oleh masyarakat Asia dan Eropa. Ikan arwana sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias di aquarium. Ikan ini dipercaya memiliki aura yang akan mendatangkan rejeki pada pemiliknya.

Dalam dunia ilmiah ikan arwana dibagi menjadi 5 klasifikasi, yaitu sebagai berikut :
Kelas : ActinopterygiiK
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Osteoglossidae

Walaupun ikan arwana ikan Arwana ini bukan jenis ikan konsumsi, namun ikan arwana memiliki manfaat yang sangat berguna untuk manusia. Adapun manfaat ikan arwana bagi manusia adalah :

1. Sebagai ikan hias dan juga peliharaan
Manfaat pertama dari ikan arwana adalah sebagai salah satu ikan peliharaan dan juga ikan hias. Sering sekali kita temui jenis ikan arwana ini mengisi akuarium di dalam rumah dan juga beberapa restoran, hal ini diseabkan oleh bentuk dari arwana yang unik dan juga menarik, serta warnanya yang juga berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.
Ditambah dengan perawatannya yang tidak terlalu mudah dan juga tidak terlalu sulit, maka ikan arwana berhasil menjadi salah satu pemikat dari para pecinta ikan hias eksotis yang ada di Indonesia.

2. Sebagai penghilang stress
Bukan hanya gerakannya saja yang anggun, namun bentuk tubuh dan warnanya yang sangat indah dilihat menjadikan arwana ini sebagai obat stress karena kelelahan saat bekerja. Untuk para pecinta ikan hias terutama ikan hias arwana seringkali duduk rileks didepan aquarium hanya sekedar melihat arwana yang dipeliharanya sambil memberinya pakan. Mereka merasakan stress dan lelah yang diembannya akan sedikit demi sedikit berkurang.

3. Dipercaya dapat mendatangkan rezeki
Ini merupakan salah satu kepercayaan dari masyarakat yang sudah bertahan dari jaman dahulu kala. Ya, manfaat ikan arwana dipercaya merupakan salah satu jenis ikan keramat yang memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal mendatangkan rezeki. Hal ini tidak lain merupakan kepercayaan dari kalangan masyarakat sejak jaman dahulu.
Maka dari itu, ikan arwana banyak diletakkan pada tokok  atau restoran, yang dipercaya dapat menambah rezeki, karena dapat menarik pelanggan agar berdatangan.

4. Sebagai pengisi waktu luang dan juga hobi
Bagi mereka yang memiliki kesenangan dan juga hobi tersendiri pada ikan, terutama ikan hias. Ikan arwana merupakan salah satu pelampiasan kepuasan hobi mereka. dengan memelihara dan juga merawat ikan arwana, maka hal tersebut akan menjadi salah satu penyaluran hobi dan juga pemuasan hobi yang mereka miliki.
Selain itu, dengan merawat ikan arwana, hal ini dapat membantu anda untuk mengisi waktu luang. Daripada anda tidak mengerjakan apa-apa, maka ada baiknya anda mencoba untuk memelihara ikan hias seperti arwana untuk mengisi waktu luang anda.

5. Lambang keberhasilan
Manfaat lainnya dari ikan arwana adalah sebagai salah satu lambing keberhasilan. Ikan arwana sering sekali dikaitkan dengan nama naga emas. Hal ini merupakan salah satu dasar mengapa ikan arwana dijadikan salah satu lambang kesuksesan. Beberapa orang percaya, ketika mereka sudah sukses dalam beberaa bidang tertentu, maka mereka haruslah memiliki ikan arwana untuk dipelihara. Alasan arwana sebagai lambing keberhasilan adalah karena harga ikan arwana sangat mahal apalagi arwana super red dan arwana super golden.

6. Menambah banyaknya relasi
Yang keenam adalah dapat membantu anda untuk menambah relasi. Relasi ini dapat anda peroleh dengan cara bergabung dengan berbagai macam komunitas pencinta ikan arwana. dengan adanya banyak teman maka saat anda sedang dalam masalah maka akan banyak yang menawarkan bantuan untuk anda bukan?

7. Dapat memberi energy positif
Percaya tidak percaya walau zaman sudah semodern saat ini masih banyak dikalangan masyarakat yang percaya bahwa ikan arwana yang dipelihara akan member energy positif pada penghuni rumah. Kepercayaan itu sudah dari zaman nenek moyang Karena ikan arwana memiliki yoni (energy) yang bagus untuk kesehatan dan penarik rejeki.

8. Dapat dijadikan sebagai lahan bisnis
Manfaat ikan arwana bagi manusia yang terakhir adalah sebagai sumber penghasilan sampingan atau lahan bisnis. Karena harganya yang fantastis (mahal) dan selalu harganya pun dari tahun ke tahun semakin mahal maka menggeluti bisnis ikan arwana sangat menjanjikan, anda dapat menjadi reseller atau peternak ikan arwana. dengan harga jualnya yang tinggi pastinya ikan arwana dapat member keuntungan yang sangat besar bagi anda.

Itulah artikel kali ini mengenai Beberapa Manfaat Ikan Arwana Bagi Manusia, semoga artikel ini dapat menjadi wawasan yang berguna bagi para pengunjung yantopedia. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya pada blog yantopedia yang sederhana ini saya sebagai admin mengucapkan banyak – banyak terimakasih.



Disarikan dari berbagai sumber

0 Response to "Beberapa Manfaat Ikan Arwana Bagi Manusia [Yantopedia]"

Posting Komentar