Cara jitu Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Arwana merupakan ikan hias air tawar yang memiliki harga tinggi dengan ukuran tubuh bisa mencapai 1 meter dan bahkan ada jenis ikan arwana tertentu yang bisa mencapai panjang 2 meter. Sisik dari ikan arwana berukuran besar dengan tubuh panjang dan kuat. Ikan arwana juga memiliki barbel pada mulut yang serupa dengan kumis sehingga sering dianggap simbol naga yang hidup dan mendapat julukan ikan naga. Dalam memelihara ikan arwana sendiri tidak bisa dibilang mudah namun juga tidak susah. Ikan arwana dianggap akan membawa hoki pada penghuni rumah, apalagi ikan arwana super red yang dari dulu kala dianggap sebagai symbol kemakmuran bagi rakyat tionghoa. Ikan ini memiliki keunikan dalam memakan menurun? Tentunya ikan arwana akan berkurang keindahannya. Untuk itu kali ini yantopedia akan membahas tantang Cara jitu Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan agar lebih lahap lagi dalam urusan makan. 
arwana cross back yantopedia

Adapun cara jitu itu adalah sebagai berikut :

1.    Beri makanan asli dalam habitatnya
Tips pertama untuk mengatasi ikan arwana yang kurang nafsu makan bisa dilakukan dengan memberikan makanan kesukaan arwana yang juga bisa dilakukan dalam budidaya ikan air tawar lainnya. Dalam habitat aslinya ikan arwana menyukai anak katak dan ikan kecil. Maka dari itu berilah makan tersebut namun sesuai dengan ukuran tubuh arwana. jika masih ukuran 15cm maka berilah perut jangkrik dan ulat hongkong, namun jika suda dewasa maka berilah katak hidup.
2.    Menaikkan arus air
Menambahkan arus dalam akuarium menjadi cara terbaik selanjutnya untuk merangsang rasa lapar dari ikan arwana namun sebaiknya jangan dilakukan pada budidaya ikan nila dalam drum plastik. Namun saat menaikkan arus air setel agar tidak terlalu kencang agar ikan arwana tidak kelelahan yang nantinya malah akan membuat ikan arwana stress dan malah mati.
3.    Pemberian porsi makan yang salah
Banyak pemilik arwana yang  berpikir jika memberikan banyak makan pada ikan arwana, maka membuat tubuhnya bisa semakin cepat besar. Meski hal tersebut memang benar, akan tetapi interval tetap harus diperhatikan yakni jangan terlalu banyak diberikan dalam sekali waktu makan dan membuat arwana hingga kekenyangan. Hal ini bisa menyebabkan ikan arwana mogok makan hingga 1 sampai 2 hari karena masih kekenyangan seperti pada jenis jenis ikan hias air tawar lainnya. Untuk itu jangan berlebihan dalam pemberian pakan ikan arwana anda.
4.    Variasikan Makanan
Bukan hanya manusia dan hewan lainnya, ikan arwana juga ingin agar makanan yang dikonsumsinya selalu beragam atau bergonta – ganti. Untuk itu buatlah jadwal menu makanan ikan arwana anda, contoh hari senin pagi ikan kecil, sore jangkrik. Pada hari selasa berikan ulat hongkong dan sore harinya berikan kecoa atau pellet.
5.    Memastikan Kestabilan Air
Ketika anda menguras air, maka pastikan untuk tidak mengurangi jumlah akuarium terlalu banyak namun hanya perlu 20 sampai 30% saja setiap 2 hingga 3 hari sekali. Selain itu, pastikan juga air pengganti yang anda gunakan sudah terbebas dari kaporit dan air mengandung banyak oksigen.

6.    Cuci Kapas Dengan Berkala
Cuci kapas dan ganti dengan yang baru. Namun jika akan mengganti kapas dengan yang baru, maka pastikan kapas baru tersebut sudah direndam dalam air selama 24 jam sebelum digunakan. Kapas yang kotor akan membawa bibit penyakit seperti jamur yang biasa menyerang ikan arwana, untuk itu alangkah baiknya mengganti kapas aquarium 7 hari sekali, paling lambat 2 minggu sekali. Dengan begitu air akan selalu bersih dan sehat.
7.    Atur Pemanas dan Penerangan Dengan Baik
Pengaturan pemanas atau heater sangat penting dilakukan untuk mengatasi ikan koi mogok makan. Pengaturan heater paling tepat untuk ikan arwana adalah sekitar 30 derajat celcius. Selain heater, faktor penerangan juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan penerangan pada akuarium cukup dan tidak terlalu gelap untuk mengembalikan nafsu makan ikan arwana anda.
8.    Tambahkan Perlengkapan Akuarium
Segala kebutuhan ikan arwana sangat penting untuk dilengkapi baik dari segi makanan ataupun peralatan dalam akuarium supaya tidak mengurangi nafsu makan ikan arwana anda sekaligus sebagai cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati. Kondisi akuarium yang bersih tidak hanya bisa menambah nafsu makan ikan arwana namun juga memastikan ikan arwana tidak terjangkit penyakit.
Adapun perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut :

·         Aerator
Aerator berguna untuk menyuplai udara dalam akuarium sehingga kebutuhan oksigen ikan arwana bisa tercukupi dan terjaga dengan baik. Harga aerator bervariasi mulai 35.000 – 150.000
·         Filter
Berguna untuk menyaring kotoran atau sisa makanan arwana sehingga kebersihan air bisa terjaga, membersihkan bakteri sekaligus menjaga nafsu makan ikan arwana. harga filter bervariasi mula 25.000 – 50.000 saja
·         Lampu TL
Berfungsi tidak hanya untuk memperindah akuarium saat siang dan malam sekaligus sebagai pengganti sinar matahari untuk tumbuhan air dan juga meningkatkan nafsu makan arwana karena bisa menjaga kestabilan suhu dalam akuarium. Harga lampu TL sekitar 50.000 – 100.000
·         Heater
Berguna untuk menjaga temperatur agar tetap normal suhunya sekaligus menenangkan arwana sehingga bisa mengembalikan nafsu makan ikan arwana. harga heater adalah 100.000 - 250.000.

9.    Setting Akuarium Seperti Habitat Asli
Arwana yang tidak mau makan juga bisa terjadi karena lingkungan dalam akuarium tidak sesuai dengan lingkungan aslinya sehingga meningkatkan stress pada ikan arwana yang kemudian diikuti dengan penurunan nafsu makan.
Untuk itu, sebaiknya lengkapi akuarium dengan berbagai perlengkapan sehingga membuat akuarium terlihat seperti habitat aslinya seperti tumbuhan air, pasir dan juga bebatuan.
10.  Jangan beri kelabang
Walau kelabang adalah makanan yang dapat memperindah sisik ikan arwana, namun nyatanya pemberian kelabang secara berlebihan dapat menurunkan nafsu makan arwana. untuk itu alangkah baiknya agar tidak member kelabang pada ikan arwana anda.
11.  Berikan makanan bermutu dan tambahan suplemen
Pemberian pakan yang bermutu dan pemberian suplemen tambahan agar ikan arwana bisa hidup sehat dan doyan makan. Karena pentingnya pemberian suplemen tambahan ini maka yantopedia akan memberi contoh suplemen yang terbaik untuk ikan arwana peliharaan anda.
Adapun beberapa tambahan suplemen tersebut diantaranya adalah :
·         Berikan mineral plus sesuai aturan dalam kemasan
·         Berikan arovital sesuai dengan aturan dalam kemasan
·         Berikan arovital pil hobbies sesuai dengan aturan dalam kemasan
·         Berikan aquasafe sesuai dengan aturan dalam kemasan
·         Berikan blackwater sesuai dengan aturan dalam kemasan
Suplemen diatas adalah suplemen buatan pabrik yang biasa diberikan pada ikan arwana, tentunya suplemen tersebut lebih efisien dan mudah pemberiannya. Jika anda ingin memberikan suplemen alami maka berilah daun ketapang kering. Daun ketapang kering Bisa diberikan sebanyak 1 helai saja per 50 liter air dengan cara merendam daun ketapang pada air mineral atau simpan di bawah kapas selama 3 hingga 4 hari dan ganti daun ketapang dengan yang baru sesudah 3 sampai 4 hari dan jika air sudah berwarna coklat maka pemberian daun ketapang bisa dihentikan dan lakukan pengurasan air dengan teratur.

12.  Halangi Pandangan Ikan Arwana
Menurunnya nafsu makan ikan arwana banyak terjadi pada ikan arwana yang sedang stress, biasanya ikan yang stress tidak begitu suka dengan adanya lalu – lalang manusia atau hewan lain seperti kucing dan anjing peliharaan. Untuk itu, tutup bagian dengan akuarium anda dengan koran atau penutup lain supaya ikan bisa merasa nyaman dan kembali makan dengan normal. Jika nafsu makan ikan arwana sudah kembali, maka penutup bisa dibuka kembali.
Itulah artikel yang bisa saya buat untuk anda para pecintaikan arwana yang saya beri judul Cara jitu Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan, semoga artikel ini bisa membantu masalah anda dalam memelihara ikan arwana. jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Jika perlu silahkan share artikel ini agar yang yang lain juga bisa melakukan cara yang sama namun jangan lupa cantumkan sumber dari yantopedia. Atas kunjungannya pada blog yantopedia saya ucapkan terimakasih.
Disarikan dari beberapa sumber.


0 Response to "Cara jitu Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan"

Posting Komentar