Cara cepat dan mudah menjinakkan burung derkuku / tekukur hasil tangkapan alam

Selamat berkunjung di blog yantopedia para pencinta derkuku yang baik hati. Pada kesempatan kali ini saya akan membeberkan beberapa cara bagaimana trick menjinakkan burung derkuku / tekukur hasil tangkapan alam agar kelak bisa jinak dan rajin manggung. Agar derkuku jinak dan rajin manggung maka perlu beberapa perawatan khusus yang harus dilakukan pada burung derkuku yang baru anda beli di pasar burung. Perawatan tersebut tidak jauh beda dengan perawatan pada burung jenis lain seperti trucuk, kutilang, kacer, tledekan, dll yang didapatkan dari hasil jaring.


derkuku alam liar yantopedia

Seperti inilah cara menjinakkan burung derkuku / terkuku hasil tanggakan alam :

1. Pemilihan jenis kelamin

Untuk mendapatkan suara yang bagus dan rajin manggung pastikan anda membeli burung derkuku / tekukur yang berkelamin jantan.

2. Perawatan

hal yang perlu dilakukan adalah setiap pagi kerodong di buka dan bawa ke luar rumah untuk di mandikan.durasi pemandian untuk burung liar usahakan lebih lama di banding burung anakan atau hasil tangkaran.jika kalian memakai keramba untuk pemandian boleh di lakukan dengan durasi 1 jam atau lebih.baik tidaknya menerapkan pemandian pada burung yang masih liar,kalian perlu memperhatikan kondisi cuaca di sekitar.proses pemandian di usahakan sampai basah kuyup dan taruh di tempat yang terkena sinar matahari saat pemandian berlangsung. saat burung basah kuyup masukkan tangan anda sebelah kiri sambil menyemprot burung derkuku, hal ini ditujukan agar burung terbiasa mengenali tangan menusia dan bisa tenang saat pemberian pakan dan minum nantinya.

3. Terapi lapar

terapi lapar dilakukan dengan cara memberi pakan disaat sore hari dan pagi hari saja. Karena semalaman burung tidak dikasih makan maka akan sedikit kelaparan, dan paginya berilah pakan secukupnya (sekali makan). Hal ini dilakukan agar burung dapat bergantung pada manusia.

4. Gantang

Selesai penjemuran taruh burung di tempat teduh yang aktif di lalui manusia.atau boleh kalian taruh di dalam ruangan tepatnya di ruang tamu atau ruang buat nonton tv. Jangan terlalu tinggi saat menggantang burung derkuku, usahakan tinggi sangkar sama dengan tinggi tubuh manusia.

5. Waktu makan sore dan istirahat
Setelah tidak makan dari pagi dan sore hari, maka saat inilah adalah waktunya member burung derkuku makan lagi. Berilah porsi makan yang agak banyak, namun setelah jam 7 ambilah cepuk makan nya lagi agar burung derkuku esok harinya lapar kembali. Saat istirahat ini burung dikerojong dan putar mp3 suara burung derkuku yang bertemakan alam liar. Hal itu dilakukan agar burung cepat berbunyi kembali.
Lakukanlah perawatan diatas minimal 3 bulan atau sampai burung benar – benar jinak. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat maka mandikannlah burung derkuku dalam baki dengan menggunakan kedua tangan anda. Mandikan sampai basah kuyup sambil memijat dengan perlahan, untuk proses ini biasanya hanya membutuhkan waktu 2 mingguan saja maka burung akan jinak total. Namun kekurangannya dalam memandikan burung derkuku dengan menggunakan tangan adalah bulunya akan rusak karena banyak yang lepas, tapi nanti setelah jinak akan tumbuh bagus lagi saat waktunya mabung berlangsung.


Demikianlah artikel kali ini tentang  Cara mudah menjinakkan burung derkuku / tekukur hasil tangkapan alam. Jangan lupa share pada yang lain agar dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya pada blog yantopedia saya ucapkan terimakasih.


2 Responses to "Cara cepat dan mudah menjinakkan burung derkuku / tekukur hasil tangkapan alam"

  1. Punya saya giras derkuku lama sebetulnya,ada gk cara yg lebih jitu...makasih infonya

    BalasHapus
  2. jika itu masalahnya silahkan mencoba dengan memandikannya pakai tangan dan celupkan ke bak mandi sampai basah kuyup.

    BalasHapus