Cara tepat dan cepat mengobati mata ayam berair dan berbusa


Cara tepat dan cepat mengobati mata ayam berair dan berbusa

Kembali lagi di yantopedia untuk para pembaca setia dan selamat datang bagi pembaca baru, semoga anda selalu setia menunggu postingan terbaru saya di blog yang saya miliki ini. Mata berair dan berbusa mungkin tidaklah masalah bagi yang tidak tau ganasnya penyakit mata ini, namun nyatanya penyakit mata berair dan berbusa ini bisa menurunkan performa dan kesehatan ayam yang terserang, dan jika dibiarkan maka akan mengakibatkan kematian. Sangat mengejutkan bukan?
Gejala yang disebabkan adalah karena bakteri mulai dari infeksi ataupun masuknya benda asing ke dalam mata sehinga ayam pun memproduksi cairan mata lebih banyak dari pada biasanya, akan tetapi penyakit ayam bangkok mata berbusa sering kali disebabkan karena terkena cacing mata. Jika ayam anda mengalami hal ini, sebaiknya anda segera melakukan tindakan pengobatan agar ayam aduan kita ini kembali bugar serta tidak menulari ayam kita yang lainny. Untuk penanganan awal, pisahkan ayam yang terjangkit dari ayam ayam lainnya agar tidak menulari ayam lainnya. Adapun cara pengobatannya adalah sebagai berikut :
1. Pengobatan dengan obat modern
Obat modern yang dapat diartikan Obat apotik. Dan obat yang digunakan untuk mengobati mata ayam yakni obat tetes mata seperti insto, rohto dan lain sebagainya yang biasanya digunakan manusia untuk mengatasi sakit mata.
Cara mengaplikasikannya
Caranya yakni dengan meneteskan obat mata sebanyak 2 atau 3 tetes pada mata ayam yang sakit. Berikan obat ini pada setiap pagi dan sore hari hingga mata ayam kembali bening atau segar.
Akan tetapi jika penyakitnya sudah terlalu parah, dapat menggunakan obat mata khusus ayam yakni Eye Chick. Penggunaannya dapat mengikuti aturan pakai yang tertera dikemasan obat tersebut. Selama pengobatan ini sebaiknya ayam dipisahkan dengan ayam lainnya agar ayam tidak terlalu aktif bergerak dan juga tidak menular pada ayam lainnya.
2. Pengobatan dengan obat tradisional
Obat tradisional yang biasa digunakan untuk penyakit mata ada dua yaitu daun kelor dan getah ubi rambat. 
-Daun kelor
Cara mengaplikasikannya daun kelor pada mata berair dan berbusa :
Cara nya adalah menggunakan daun kelor dengan mengambil tangkai daun kelor dan teteskan getahnya pada mata ayam yang terkena penyakit mata berair dan berbusa. Teteskan 1 atau 2 tetes getah dan kemudian mata ayam dibalut menggunakan plaster hansaplast,. Lakukan pengobatan sekali sehari sampai mata ayam kembali segar.
-Getah ubi rambat
Cara mengaplikasikannya daun kelor pada mata berair dan berbusa :
Cara pengobatannya sama dengan menggunakan getah daun kelor. Namun sebelum meneteskan getah ini, sebaiknya mata ayam dibersikan menggunakan kain basah agar debu dan kotoran tidak menempel saat diberikan getah tersebut.

Itulah Cara tepat dan cepat mengobati mata ayam berair dan berbusa, segeralah lakukan pengobatan agar ayam anda tidak menderita dengan penyakitnya. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya di blog yantopedia saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara tepat dan cepat mengobati mata ayam berair dan berbusa"

Posting Komentar