Cara akurat membedakan jenis kelamin ayam umur 1 – 30 hari (anakan)


Membedakan jenis kelamin anak yam yang masih berumur 1 – 30 hari memang tidaklah mudah. Bahkan para pedagang sendiri sangat kerepotan dan kadang salah nebak mana yang jantan dan betina. Namun jika kita jeli dan tau ciri – ciri nya maka akan sangat muda. Untuk membantu anda yang kerepotan membedakan jenis kelamin anak ayam saat mau membeli maka membaca artikel di yantopedia ini adalah solusi yang tepat.

Cara akurat membedakan jenis kelamin ayam umur 1 – 30 hari (anakan) adalah sebagai berikut :
Cara paling utama untuk mengetahui type kelamin anak ayam DOC (chicks Pertama) ayam terbagi dalam dua jenis, yaitu vent Pertama serta feather Pertama,. Ke-2 cara tersebut mempunyai tingkat akurasi yang tinggi untuk umur anak ayam DOC satu sampai sekian hari. Cara melakukan vent Pertama dan feather Pertama adalah sebagai berikut :


1.    Vent Pertama dilakukan dengan cara mengecek organ genital pada lubang bubur/kloaka anak ayam,. Anak ayam jantan yaitu bila mempunyai tonjolan kecil, terlihat seperti jerawat atau jarum, sedang yang betina tak ada tonjolan. Namun cara mengetahui Ayam Jantan Umur 1 Bulan Pertama cuma dapat dikerjakan oleh orang yang benar – benar paham dan terlatih,.
2.    Feather Pertama dilakukan dengan cara mengecek bulu sayap primer serta bulu sayap atas,. Ayam jantan, bila bulu sayap primer lebih pendek atau sama panjangnya dengan bulu sayap atas, sedang ayam betina bila bulu sayap primer lebih panjang dari pada bulu sayap atas,. Feather Pertama pas untuk turunan atau strain ayam broiler atau ayam spesifik saja,.

Jika anda kurang yakin setelah melakukan cara diatas maka tambahlah dengan cara yang paling sederhana yaitu dengan memegang anak ayam tersebut. Jika anak ayam ketika di pegang suka berontak berarti anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, jika anak ayam tersbut di pegang lalu diam saja (tidak berontak) berarti anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan. Namun cara lengkapnya adalah sebagai berikut :

1.    Ketika anda memegang anak ayam bagian kulit di lehernya, dan kemudian menariknya  ke atas, jika anak ayam berontak berarti dia berjenis kelamin betina, sedangkan jika anak ayam tidak berontak (diam), dapat di pastikan itu ayam jantan.

2.    Cara selanjutnya adalah meletakkan anak ayam dengan terbalik di atas telapak tangan kita. Jika anak ayam tersebut berontak berarti berjenis kelamin betina, sedangkan jika diam berarti jenis kelaminnya jantan.
3.    Cara terakhir adalah dengan menggantung ayam dengan memegang kakinya,. Jika saat anak ayam di pegang kakinya berontak dengan cara mengebaskan sayapnya berarti anak ayam jenis kelamin betina, begitu pun sebaliknya, jika anak ayam di gantung tidak berontak (diam) berarti itu anak ayam jenis kelamin jantan.

Bagaimana mudah bukan? Begitulah artikel yang sengaja saya buat tentang bagaimana Cara akurat membedakan jenis kelamin ayam umur 1 – 30 hari (anakan). Semoga artikel ini bisa berguna untuk anda agar tidak salah memilih calon bakalan dan tidak mudah ditipu pedagang ayam yang ingin ayamnya laku. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara akurat membedakan jenis kelamin ayam umur 1 – 30 hari (anakan)"

Posting Komentar