Tips Mengatasi Ayam Bangkok yang Jatuh Mental (drob mental)


Tips Mengatasi Ayam Bangkok yang Jatuh Mental (drob mental)

Untuk mengembalikan mental ayam yang telah jatuh adalah hal yang tidak mudah. Dibutuhkan proses dan kesabaran yang banyak, dan jika tidak berusaha mengembalikan mentalnya, bisa jadi ayam itu akan drob selamanya. Tentunya itu bukanlah hal yang diinginkan para peternak. Ada beberapa faktor yang yang menyebabkan mental ayam drob adalah sebagai berikut :

1. Trauma
Pertama, trauma karena kekalahan. Ayam yang leres bisa disebabkan oleh kekalahan di arena pertarungan, terlebih kekalahan telak. Rasa sakit yang diderita ayam aduan akan menyebabkan ayam minder, ketakutan, sekaligus kehilangan nyali bertarung.

2. Kaget

Kaget karena sebuah kejadian yang menakutkan. Bisa dikatakan ayam yang kaget disebut stres. Kejadian yang menakutkan bisa berupa dikejar anjing, hampir ditabrak mobil, atau hampir kejatuhan dahan pohon.

3. Faktor turunan

Ketiga, ayam memang tidak punya turunan mental bertarung yang bagus.

Bila sudah mengetahui faktor-faktor penyebabnya, maka anda mesti melakukan langkah-langkah untuk mengembalikan mental yang jatuh atau tersebut, adapun cara mengembalikan mental ayam yang drob sebagai berikut :

1. Pemisahan

Pisahkan ayam bangkok aduan anda yang drob mentalnya dari kawanannya yang 'normal'. Kemudian, masukkan ke dalam kandang umbaran yang hanya berisi ayam-ayam betina atau anak ayam saja. Proses pertama ini dilakukan selama 1-2 bulan atau sampai anda yakin ayam itu sudah kembali normal mentalnya. Dan jika bisa jangan sampai ayam yang drob mentalnya mendengar suara kukuruyuk ayam yang lain.

2. Koloni dengan yang lebih muda

Bila proses pertama dilakukan dengan baik,maka lanjutkan dengan memasukkan ayam-ayam muda (lancuran) yang belum punya mental bertarung ke dalam kandang penyembuhan. Hal ini bertujuan sebagai latihan mengintimidasi ayam lancuran. Harapannya ayam leres akan tumbuh kepercayaan dirinya lagi.

3. Adu mental

Langkah yang terakhir adalah adu mental, yaitu ayam diadu dengan ayam yang lain tentunya yang lebih muda (yang sering kalah). Jika ayam yang di terapi menang berarti mental sudah mulai normal kembali. Namun saran saya tahap ketiga ini tidak perlu dilakukan karena pada dasarnya mengadu ayam adalah hal yang tidak baik dimata agama.

 

Itulah artikel tentang Tips Mengatasi Ayam Bangkok yang Jatuh Mental (drob mental) yang sengaja saya tuliskan untuk para pecinta ayam. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya diblog yantopedia ucapkan terimakasih.

 

0 Response to " Tips Mengatasi Ayam Bangkok yang Jatuh Mental (drob mental)"

Posting Komentar