Cara sehat dan tepat membuat Ikan Arwana Agar Cepat Besar


Tiap memelihara hewan anakan pastilah kita ingin melihatnya agar cepat besar dan sehat, tidak berbeda dengan memelihara ikan arwana apalagi yang masih anakan. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar cepat besar, mulai dari ukuran aquarium, kondisi air dan juga makanan yang diberikan. 

Untuk membantu anda yang ingin ikan arwana cepat besar dan sehat maka lakukanlah cara beriut ini :

1. Pahami Karakteristik Ikan Arwana
Memahami karateristik arwana yaitu dengan memberikan makanan yang sama dengan habitat aslinya, jenis air, perilaku dan lain sebagainya. Seperti kelabang, jangkrik dan ikan kecil.

2. Berikan Makanan yang Tepat
Jika anda menginginkan ikan arwana yang anda pelihara cepat besar dan sehat, maka kewajiban yang harus anda lakukan adalah selalu menjaga asupan nutrisi hariannya. Yakni dengan memberikan makanan sesuai dengan porsi dan pemberiannya rutin sesuai aturan yang sudah ditentukan. Intinya jangan sampai telat memberinya makan.

3. Penggantian Air Secara Rutin
Yang ketiga adalah selalu mengganti air dalam aquarium, jagalah kebersihan air dengan cara memberinya penyaring kotoran,. Sudah pasti jika air yang kotor akan menghambat pertumbuhan ikan dan air yang jarang dibersihkan menimbulkan jamur yang nantinya akan menyerang ikan arwana anda.

4. Penerangan yang Cukup
Pada dasarnya ikan arwana adalah tipe ikan yang tidak suka gelap, untuk itu berilah penerangan yang baik agar ikan arwana cepat besar walau penerangan hanya member sedikit dampak pada pertumbuhan ikan arwana

5. Ketersediaan Kadar Oksigen yang Baik
Tidak jauh berbeda dengan ikan hias jenis lain, ketersediaan oksigen adalah syarat utama hidup ikan. Apalagi jika anda yang memelihara ikan arwana di dalam aquarium, terlebih lagi ruangan rumah anda sangat terbatas dan kemungkinan kadar oksigen terbatas, maka anda bisa menambahkan alat khusus yang tugasnya untuk memfilter air sekaligus menyediakan oksigen karena pergantian air yang terjadi. Kadar oksigen yang tinggi jugaakan membuat ikan arwana sehat.

6. Hindarkan Dari Keramaian
Keramaian dapat menjadi kendala dalam memelihara ikan arwana, ikan arwana tidak suka dengan keramaian. Keramaian akan membuat ikan arwana menjadi stresdan tentu saja kondisi ini akan memperlambat pertumbuhan arwana. jika keramaian ini berlangsung lama tidak menutup kemungkinan jika arwana yang anda pelihara nantinya akan mati.

7. jangan pelihara predator darat
Predator darat tidak lain adalah anjing, kucing. Saat melihat anjing arwana akan kalap jika memiliki mental yang rendah, untuk itu hindarkan arwana dari gangguan hewan tersebut.

8. ukuran aquarium
Ukuran aquarium tentunya saja menjadi faktor penting dalam pertumbuhan arwana. ika arwana adalah jenis ikan hias terbesar terlebih lagi ikan arwana jenis silver brazil, ikan silver brazil memiliki ukuran tubuh maximal 1,5 meter bahkan lebih. Jika ukuran aquarium tidak mengimbangi maka arwana yang anda pelihara akan berhenti pertumbuhannya. Hal itu sudah terjadi pada arwana milik kakak saya sendiri.

9. Jangan Campurkan Jenis Ikan Lain 
Penghuni aquarium yang terlalu banyak tentu saja akan membuat ikan peliharaan anda menjadi lambat proses pertumbuhannya. Makin banyak penghuninya berarti akan semakin sempit ruang yang ada. Jadi anda wajib pertimbangkan poin ini ya sobat.

10. Sesuaikan Intensitas Aliran Air
Intensitas aliran air yang anda gunakan dalam rangka menyediakan oksigen sekaligus memberikan filter agar air tetap bersih, wajib anda atur sedemikian rupa agar tidak mengganggu gerak ikan arwana itu sendiri. Aliran air yang terlalu deras tentu saja akan membuat ikan arwana sulit untuk melakukan pergerakan bahkan bisa mengalami kelelahan.

11. Berikan Vitamin Khusus
Vitamin merupakan alternatif terbaik yang bisa anda manfaatkan untuk merangsang pertumbuhan ikan arwana. Selain itu nafsu makan ikan tersebut bisa terpacu menjadi lebih baik dan terhindar dari masalah sulit makan. Terkadang sering ditemukan ikan yang sulit makan sehingga sisa makanan yang ada justru malah membuat kotor airnya saja. Vitamin ikan arwana dapat anda dapatkan di took – took peralatan aquarium dan pakan ikan.

12. Menata Tanaman Hias yang Ada
Untuk memberikan kenyamanan pada penghuni aquarium, alangkah baiknya anda tambahkan beberapa tanaman hias untuk membuat ikan arwana menjadi lebih nyaman dan juga bisa merasakan suasana natural seperti halnya habitat asli.

13. Tambahkan Batu – Batuan
Batu – batuan juga sangat cocok digunakan untuk meningkatkan kenyamanan ikan arwana di dalam aquarium. Kenyamanan ini bisa dijadikan sebagai modal awal untuk merangsang ikan arwana agar bisa tumbuh dengan baik sobat.


Itulah artikel yang sengaja saya buat untuk membantu pertumbuhan ikan arwana yang anda pelihara, semoga Cara sehat dan tepat membuat Ikan Arwana Agar Cepat Besar dapat member dampak positif pada pertumbuhan ikan arwana anda. Jika tidak keberatan mohon share artikel ini agar dapat berguna juga bagi yang lain. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya pada yantopedia saya ucapkan terimakasih

0 Response to "Cara sehat dan tepat membuat Ikan Arwana Agar Cepat Besar"

Posting Komentar