Cara mengobati penyakit sapi ngorok dan pencegahannya

Ada beberapa kendala dalam berternak sapi, mulai dari kurangnya ketersediaan pakan, sulitnya penjualan dan penyakit. Ada banyak penyakit yang seringkali menyerang sapi, salah satunya adalah adalah penyakit ngorok.
Penyakit ngorok ini cenderung menyerang sapi pekerja maupun sapi potong yang stress akibat terlalu banyak aktifitas dan kandang yang lembab atau kurang bersih.
Dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan SEPTICHAEMIA EPIZOOTIC (SE) yang disebabkan oleh kuman yang bernama Pastuerella multocida serotipe 6B dan Pastuerella multocida serotipe 6E. Biasanya menjangkit pada sapi yang kelelahan / letih. Pakan yang buruk kualitasnya juga merupakan sarana penularan kuman ini. Penularan antar ternak biasanya melalui air liur, urine, makanan dan tanah yang terkontaminasi. Kondisi lingkungan yang dingin juga merupakan sarana untuk kuman tersebut berkembang.
Ada beberapa ciri yang bisa anda kenali jika ternak anda terjangkit penyakit ini, dan akan saya jelaskan bagaimana cirri, pencegahan dan pengobatannya seperti dibawah ini.


Ciri dan gejala ngorok pada sapi adalah :

  1. Selaput lendir memerah,
  2. Keluar air liur terus menerus,
  3. Sapi sulit bernafas dan gemetar,
  4. Suhu tubuh naik sampai 40 derajat celcius,
  5. Busung bagian kepala sampai leher bawah,
  6. Radang paru - paru, terlihat pada bagian dada karena sapi kurus.

Pencegahan :

  • Karantina dan pemeriksaan sapi yang baru datang,
  • Vaksinasi rutin ternak dengan oil adjuvant tiap tahun,
  • Kandang selalu bersih dan diberi disinfektan.

Pengobatan :

  • Pengobatan yang umum dipakai untuk penyakti ngorok ini adalah antibiotik Oxytetracyclin dan Streptomycin, pemakaiannya wajib konsultasi pada yang berpengalaman,
  • Karena yang terserang adalah bagian paru - paru, maka jika akan dipotong dan dikonsumsi kita buang bagian paru - paru nya,
  • Bangkai dan bagian yang terkontaminasi hendaknya dikubur atau dibakar.


Itulah pembahasan saya kali ini tentang Cara mengobati penyakit sapi ngorok dan pencegahannya. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda saat mengalami kesulitan. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini.

0 Response to "Cara mengobati penyakit sapi ngorok dan pencegahannya "

Posting Komentar