Ramuan penambah stamina ayam birma dan Bangkok agar selalu sehat dan fit


Bukan hanya sapi, kambing dan hewan ternak yang perlu ramuan khusus untuk menambah stamina dan menjaga kesehatannya, namun ayam Birma dan Bangkok juga perlu ramuan yang memang kedua ayam itu adalah tipe jenis ayam petarung. Namun walau yantopedia memberi resep penambah stamina bukan berarti saya sebagai admin yantopedia menganjurkan untuk mengadu ayam. Hal ini saya lakukan karena kasihan ayam yang sudah diadu kesakitan dan terlihat loyo.

Ayam aduan memang membutuhkan perhatian yang ektra. bukan hanya perhatian terhadap jenis dan jumlah pakan, kandang atau faktor keamanan, melainkan juga perhatian pada stamina dan kelihaiannya dalam bertarung. stamina yang baik itu bisa dihasilkana dari konsumsi pakan yang baik akan tetapi ia masih perlu tambahan suplemen untuk memperkokoh staminannya. salah satu cara memperkokoh stamina ayam aduan misalnya memberinya jamu dari bahan – bahan herbal yang memiliki kandungan yang cocok untuk ayam petarung seperti berikut ini.

1. KUNYIT
Kunyit sangat berkhasiat untuk memulihkan stamina, dalam tumbuhan kunyit juga memiliki kandungan antibiotic yang bisa menurunkan suhu panas, menetralisir toksin atau racun  pada ayam aduan. Kunyit juga bisa untuk mengobati dan mencegah pembekuan darah saat ayam selesai diadu. Di samping itu juga kunyit mampu memperlancar pencernaan.

2. LAOS
Laos memiliki nama lain lengkuas adalah salah satu bumbu atau rempah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. tak jarang bahan ini teradapat di dapur sebagai penyedap masakan. Bukan hanya sebagai rempah dan bumbu dapur saja, ternyata laos juga mengandung beberapa unsur atau senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan makhluk hidup, seperti minyak astiri dan metal sinamat dan juga beberapa senyawa lain. Senyawa ini sangat baik untuk ayam aduan.

3. JAHE
Manfaat jahe yang seperti kita ketahui adalah mengandung minyak atsiri dan sebagai penambah stamina untuk semua mahkluk hidup. selain itu khasiat jahe juga untuk melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan disaat cuaca yang tidak memungkinkan seperti musim pancaroba dan untuk meningkatkan metabolisme pada mahkluk hidup.

4. KENCUR
Khasiat dan kelebihan kencur sebagai salah saltu bahan rempah-rempah untuk bumbu masakan, akan tetapi belum banyak yang mengetahui kalau kencur juga bermanfaat untuk kesehatan ayam aduan, untuk pernafasan, meninggkatkan nafsu makan, dan antibiotik.

5. TELUR BEBEK
Bukan hanya untuk lauk makan saja lezat dimakan. Telur bebek juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang berkhasiat untuk meninggkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Telur bebek juga mengandung zat imuno yang menjaga kekebalan tubuh pada ayam aduan terhadap serangan penyakit.

6. MADU 
Khasiat madu pada umumnya menjaga kesehatan seperti suplemen atau tambahan makanan dan gizi yang sangat tinggi, madu mengandung frutosa, dan glugosa, ia juga terdiri dari mineral, natrium, klor, magnesium, kalium dan kalsium. Sungguh kandungan lengkap untuk kesehatan ayam juga sangat baik untuk kesehatan manusia.

CARA MEMBUATNYA

Sediakan bahan-bahan di atas seperti  jahe, kencur, kunyit, laos, madu, dan telur bebek.

1.    Kunyit 1/2 kg
2.    Laos 1/2 kg
3.    Jahe 1/2 kg
4.    Kencur 1/2 kg
5.    Telur bebek 3 biji
6.    Madu 5 sendok makan

Kupas dan bersihkan dengan air bahan no 1-5, setelah itu tiriskan jika selesai parut tapi saran saya adalah dengan menggunakan blender agar hasil lebih halus. Setelah halus campurkan madu dan kuning telur bebek(kuning telurnya saja) tersebut. lalu aduk supaya merata. kalau sudah tercampur secara merata campurkan poer secukupnya, setelah tercampur cetak sesuai keinginan. biasanya seperti silinder potong 2cm setelah tercetak seperti jamu pada umumnya.  ukuran cetak sebesar jari telunjuk. lalu jemur sampai kering.

Cara mengaplikasikan pada ayam
Pemberian untuk ayam aduan cukup 2 biji di pagi hari dan 2 biji di sore hari. Dan bahan – bahan tersebut bisa digunakan selama 1 bulan.



Itulah artikel kali ini tentang Ramuan penambah stamina ayam birma dan Bangkok agar selalu sehat dan fit. Semoga artikel ini dapat berguna untuk menjaga kehesatan ayam kita. Jika ada pertanyaan silahkan taruh komentar anda dikolom komentar yang sudah yantopediasediakan dibawah ini.

1 Response to "Ramuan penambah stamina ayam birma dan Bangkok agar selalu sehat dan fit"