Ikan Arwana Golden Pino, jenis makanan dan perlengkapan memeliharanya


Dari berbagai macam jenis ikan air tawar, ikan arwana adalah Rajanya ikan hias arwana. Bagaimana tidak? Dari harganya saja sudah fantastis walau untuk jenis – jenis tertentu yang harganya masih terjangkau, ikan arwana ini juga memiliki keindahan yang tidak dimiliki ikan hias air tawan lain. Ikan arwana memiliki nama latin Scleropages formosus. Masyarakat Kawasan Asia Tenggara lebih mengenal jenis ikan hias satu ini dengan nama “Siuk Naga”. Nama ini diambil dari bentuk tubuh ikan arwana yang menyerupai naga, legenda hewan purba yang dipercayai ada sejak lama oleh masyarakat Asia dan Eropa. Ikan arwana sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias di aquarium. Ikan ini dipercaya memiliki aura yang akan mendatangkan rejeki pada pemiliknya. Dari berbagai jenis ikan arwana yang ada didunia salah satunya adalah golden pino. Arwana ini adalah arwana termahal didunia.
Berikut sekilas tentang Ikan Arwana Golden Pino, jenis makanan dan perlengkapan memeliharanya yang yantopedia sediakan untuk anda :

Ikan Arwana Golden Pino



Ikan arwana jenis golden pino ini banyak ditemukan di Myanmar, Kamboja, Thailand, dan Indonesia. Ciri khas dari ikan arwana golden pino adalah warna hijau keemasan mulai dari kepala hingga ujung ekor. Harga ikan arwana golden pino akan lebih mahal jika warna sisiknya berubah menjadi hijau keemasan.
Harga Ikan arwana golden pino di pasaran dibandrol seharga Rp 5.500.000 per ekor. Lalu untuk harga ikan arwana anakan jenis ini berkisar Rp 250.000 per ekor.
Makanan ikan Arwana Golden Pino
Makanan arwana super platinum sama seperti makanan arwana pada umumnya, tidak jauh beda. Adapun makanan yang bisa anda berikan pada ikan Arwana golden pino adalah :
1. Kecoa
2. Kelabang
3. Jangkrik
4. Cacing darah beku
5. Ikan kecil
6. Anak katak
7. Belatung
8. Udang
9. Pellet
Sebenarnya arwana adalah ikan pemakan segala serangga dan hewan kecil, jadi anda dapat memberinya belalang, kupu – kupu, laron, orong – orong dll.
Sama seperti perawatan ikan arwana pada umumnya,anda harus, anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan untuk aquarium anda.
Adapun perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut :

·         Aerator

Aerator berguna untuk menyuplai udara dalam akuarium sehingga kebutuhan oksigen ikan arwana bisa tercukupi dan terjaga dengan baik. Harga aerator bervariasi mulai 35.000 – 150.000
·         Filter
Berguna untuk menyaring kotoran atau sisa makanan arwana sehingga kebersihan air bisa terjaga, membersihkan bakteri sekaligus menjaga nafsu makan ikan arwana. harga filter bervariasi mula 25.000 – 50.000 saja
·         Lampu TL

Berfungsi tidak hanya untuk memperindah akuarium saat siang dan malam sekaligus sebagai pengganti sinar matahari untuk tumbuhan air dan juga meningkatkan nafsu makan arwana karena bisa menjaga kestabilan suhu dalam akuarium. Harga lampu TL sekitar 50.000 – 100.000
·         Heater

Berguna untuk menjaga temperatur agar tetap normal suhunya sekaligus menenangkan arwana sehingga bisa mengembalikan nafsu makan ikan arwana. harga heater adalah 100.000 - 250.000.

Untuk menambah kenyamanan ikan arwana anda didalam aquarium maka anda perlu mendekor aquarium anda dengan beberapa tanaman hias air tawar, batu – batuan dan juga pasir putih. Dengan perpaduan antara perlengkapan dan dekorasi yang meniru kondisi dibawah air maka ikan arwana akan merasa bahwa dirinya berada dihabitat aslinya. Hal itu akan mempengaruhi pertumbuhannya karena ikan tidak mudah stress. Jika ikan arwana stress maka akan menurun nafsu makannya dan jika dibiarkan lama kelamaan ikan arwana anda akan mati.

Itulah artikel kali ini yang dapat saya buat untuk anda, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memelihara ikan arwana. jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini.

0 Response to "Ikan Arwana Golden Pino, jenis makanan dan perlengkapan memeliharanya"

Posting Komentar