Macam – macam jenis ikan naga (arwana) dan harga terbarunya

Dari berbagai macam jenis ikan air tawar, ikan arwana adalah Rajanya ikan hias arwana. Bagaimana tidak? Dari harganya saja sudah fantastis walau untuk jenis – jenis tertentu yang harganya masih terjangkau, ikan arwana ini juga memiliki keindahan yang tidak dimiliki ikan hias air tawan lain. Ikan arwana memiliki nama latin Scleropages formosus. Masyarakat Kawasan Asia Tenggara lebih mengenal jenis ikan hias satu ini dengan nama “Siuk Naga”. Nama ini diambil dari bentuk tubuh ikan arwana yang menyerupai naga, legenda hewan purba yang dipercayai ada sejak lama oleh masyarakat Asia dan Eropa. Ikan arwana sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias di aquarium. Ikan ini dipercaya memiliki aura yang akan mendatangkan rejeki pada pemiliknya.
Ada sekitar 15 jenis ikan arwana yang ada diseluruh dunia, namun karena terbatasnya sumber yang saya miliki saya hanya akan memberi 9 macam jenis ikan arwana. Macam – macam jenis ikan naga (arwana) dan harga terbarunya :

  

1. Arwana Super Platinum

Arwana super platinum adalah hasil dari kelainan genetic yang hanya ada 1 : 100 dari kelahiran ikan arwana platinum biasa, dan ikan arwana ini hanya bisa ditemukan dibenua amerika. Ikan memiliki rating yang sangat tinggi di kalangan para pecinta ikan arwana. dan tentunya ikan super platinum ini adalah jenis ikan arwana temahal didunia.
Untuk harga ikan arwana super platinum dewasa kualitas standar dijual seharga Rp. 20.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana super platinum kualitas terbaik di jual hingga Rp. 100.000.000 per ekor. Dan untuk harga ikan arwana anakan jenis ini dibandrol dari Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 per ekor. Sangat mahal bukan.
2. Harga Ikan Arwana Super Red


Ikan arwana super red adalah salah satu jenis ikan arwana endemik yang berasal dari Sungai Kapuas dan Sentarum, Kalimantan Barat.
Harga ikan arwana super red mahal karena jenis ikan arwana satu ini sangat dipercayai sebagai ikan pembawa hoki oleh masyarakat Tionghoa dan juga memiliki warna merah merona dan bentuk tubuh yang elegan. Ikan arwana Ini juga dianggap merupakan lambing kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Tionghoa.
Harga ikan arwana super red dewasa dibandrol seharga Rp 25.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana super red kualitas terbaik bisa dibandrol hingga ratusan juta rupiah. Untuk harga anakan ikan arwana jenis ini ukuran 10 cm berkisar Rp 3.500.000. per ekornya.
3. Arwana Golden Red

Yang ketiga adalah ikan arwana golden red, ikan ini banyak ditemukan di Pulau Sumatra bagian Timur, tepatnya di Kabupaten Pekan Baru, Riau. Harga ikan arwana golden red tidak jauh beda dengan harga ikan arwana super red. Kedua jenis ikan arwana ini sangat banyak peminatnya walau harganya sangat mahal. Ciri-ciri ikan arwana golden red adalah warna dasar emas dengan perpaduan merah ke orange an.
Untuk harga ikan arwana golden red dewasa di pasaran berkisar Rp 15.000.000 per ekor. dan untuk harga ikan arwana golden red kualitas terbaik dan disertai sertifikat bisa dibandrol hingga Rp 20.000.000 per ekor. Lalu harga ikan arwana golden red anakan dijual dipasaran sekitar Rp 3.000.000 per ekor. Sangat mahal bukan?

4. Harga Ikan Arwana Cross Back Golden

ikan arwana cross back golden berasal dari negara tetangga kita, Malaysia. Ikan arwana yang satu ini memiliki ciri khas dari warna dasar emas dan pada ujung sirip ekor berwarna merah kecoklatan. Kecantikan warna inilah yang membuat harga ikan arwana cross back golden menjadi mahal.
Harga ikan arwana cross back golden dewasa di Indonesia biasa di jual dengan harga Rp 10.000.000 per ekor. Semakin cerah warna emas pada sirik ikan arwana jenis ini, maka akan membuat harganya menjadi lebih mahal. lalu untuk harga ikan arwana cross back golden anakan dibandrol dengan harga Rp 1.500.000 per ekornya.
5. Arwana Silver

Ikan arwana silver ini lebih sering dikenal dengan nama ikan arwana brazil. Hal itu dikarenakan ikan arwana silver berasal dari Sungai Amazon, Brazil. Ikan yang terkenal dengan warna silver ini sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Arwana jenis ini termasuk jenis arwana paling murah dibandingkan dengan jenis arwana yang lain.
Untuk harga ikan arwana silver dewasa dijual Rp 2.000.000 per ekor. Semakin bersih warna silver dari ikan arwana jenis ini, maka akan membuat harga jualnya semakin tinggi. Lalu untuk harga ikan arwana silver anakan biasa dijual Rp 75.000-150.000 per ekornya.
6. Harga Ikan Arwana Golden Pino


Ikan arwana jenis golden pino ini banyak ditemukan di Myanmar, Kamboja, Thailand, dan Indonesia. Ciri khas dari ikan arwana golden pino adalah warna hijau keemasan mulai dari kepala hingga ujung ekor. Harga ikan arwana golden pino akan lebih mahal jika warna sisiknya berubah menjadi hijau keemasan.
Harga Ikan arwana golden pino di pasaran dibandrol seharga Rp 5.500.000 per ekor. Lalu untuk harga ikan arwana anakan jenis ini berkisar Rp 250.000 per ekor.
7. Harga Ikan Arwana Banjar Red

Ciri khas dari ikan arwana banjar red adalah  kepala kecil dan bentuk tubuh sempurna. Untuk warna, jenis ikan arwana satu ini hampir sama dengan ikan arwana super red, tetapi lebih dominan warna emasnya.
Harga ikan arwana banjar red dewasa dihargai seharga Rp 8.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana anakan jenis ini berkisar Rp 650.000 per ekor. Harga ikan arwana banjar red lebih murah dari ikan arwana super red tetapi corak warna dan kualitas tidak jauh beda dengan super red.
8. Harga Ikan Awana Irian

Ikan arwana jenis Irian ini terdapat diirian Jaya, Papua, Indonesia. Ikan arwana irian memiliki ciri khas pada pola warnanya, yaitu bintik-bintik kuning yang menyerupai batik. Ikan ini memiliki warna dasar hitam kesilveran dengan ukuran kepala lebih kecil dari tubuhnya.
Untuk harga ikan arwana irian dewasa berkisar Rp 2.500.000 per ekornya. Semakin silver dan terlihat jelas pola bintik-bintik pada ikan arwana irian, maka akan membuat harga ikan arwana jenis ini lebih mahal. Sedangkan untuk harga ikan arwana anakan dibandrol seharga Rp 125.000 per ekornya.
9. Harga Ikan Arwana Black Brazil

Harga ikan arwana yang terakhir adalah harga ikan arwana brazil. Seperti namanya, jenis ikan arwana ini berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Banyak orang yang salah dalam membedakan ikan arwana brazil dan ikan arwana silver. Ciri khas dari ikan arwan brazil adalah memiliki warna dasar silver kehitaman dengan bentuk tubuh memanjang dan ukuran kepala lebih besar dari tubuhnya.
Untuk harga ikan arwana brazil dipasaran dibandrol seharga Rp 3.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana anakannya dijual seharga Rp 150.000 per ekor.

Untuk memudahkan pengunjung blog yantopedia maka lihatlah table ini agar mudah membandingkan harga ikan arwana yang ada didunia.
Daftar Harga Ikan Arwana Semua Jenis
Jenis Ikan Arwana
Anakan
Dewasa
Ikan Arwana Super Platinum
Rp 10.000.000
Rp 200.000.000
Ikan Arwana  Super Red
Rp 3.500.000
Rp 25.000.000
Ikan Arwana Golden Red
Rp 3.000.000
Rp 20.000.000
Ikan Arwana Cross Back Golden
Rp 1.500.000
Rp 10.000.000
Ikan Arwana Silver
Rp 75.000
Rp 2.000.000
Ikan Arwana Pino
Rp 250.000
Rp 5.500.000
Ikan Arwana Red Banjar
Rp 650.000
Rp 8.000.000
Ikan Arwana Irian
Rp 125.000
Rp 2.500.000
Ikan Arwana Black Brazil
Rp 150.000
Rp 3.000.000


Itulah macam – macam jenis ikan naga (arwana) dan harga terbarunya yang bisa saya buat untuk anda, artikel ini dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, mungkin untuk harga tidak akan jauh berbeda walau daerah penjual tidak sama. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Macam – macam jenis ikan naga (arwana) dan harga terbarunya"

Posting Komentar