Cara efektif Menghilangkan Jamur Pada Mata Ikan Arwana


Sudah pasti bukan hanya manusia saja yang risih jika terkena penyakit jamur, ikan juga demikian. Apalagi ikannya adalah ikan jenis arwana yang harganya sangat mahal, sungguh saying jika arwana yang kita beli terkena jamur karena jika terlalu lama dibiarkan maka ikan arwana akan stress dan nantinya akan mati. Untuk itu saya akan berusaha membantu anda yang tengah mencari cara untuk menghilangkan jamur pada ikan arwana kesayangan anda secara efektif

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jamur pada mata ikan arwana yang cukup efektif dijelasakan dalam uraian di bawah ini.
1.    Kenali penyebab jamur
Sebelum anda memahami lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jamur pada ikan arwana alngkah baiknya jika mengetahui penyebab dari munculnya jamur tersebut. Umumnya jamur akan muncul pada aquarium yang tidak terkontrol dan kurang terjaga kebersihannya. Jenis jamur yang biasa menginfeksi ikan arwana hampir sama dengan ikan mas yang diantaranya seperti Saprolegnia parasitica merupakan jamur air tawar yang menyerang organ tubuh terluka, Aspergillus Flavus merupakan jamur yang memproduksi alfatoksin sebagai racun, dan Aspergillus niger yang secara spesifik menyerang bagian insang dan sirip ikan arwana.
2.    Lakukan isolasi
Setelah mengetahui penyebanya, maka tinggallah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pemilik ikan adalah melakukan proses isolasi. Isolasi dilakukan dengan mengambil ikan arwana dan memindahkannya pada akuarium baru yang hanya beriisi satu ikan saja. Isolasi dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran jamur hingga menular pada ikan lainya. 
3.    Bersihkan jamur secara manual
Dalam proses pemindahan tersebut, jamur yang memang sudah terlihat dengan jelas dapat dibersihkan secara langsung mengunakan tangan. Kotoran yang menempel pada ikan arwana harus dibersihkan sebelum masuk ke dalam kolam isolasi. Namun saat membersihkannya lakukan secara lembut agar sisikya tidak lepas.
4.    Gunakan obat anti jamur
Cara menghilangkan jamur pada mata ikan arwana yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan cairan anti jamur yang ditetaskan pada kolam. Cairan anti jamur tersebut banyak dijual di toko ikan dan toko hewan lainnya.
5.    Gunakan garam dapur
Jika tidak menemukan cairan antijamur yang dijual di toko ikan maka pemilik ikan arwana dapat menggunakan garam dapur sebagai salah satu anti jamur yang cukup baik. Penggunaan garam dapur meskipun efeknya perlahan dapat membantu menghilangkan jamur pada mata arwana. Penggunaan garam dapur jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kekeruhan pada ikan dan berpengaruh buruk terhadap kulit ikan dan bisa saja arwana anda akan mati sia – sia. 
6.    Bersihkan kolam ikan secara rutin
Sudah saya katakan diatas bahwa jamur seringkali datang pada aquarium yang tidak pernah dibersihkan dan kotor. Maka dari itu jangan malas untuk membersihkan aquarium dan mengganti air nya. Paling lama mengganti air aquarium adalah 3 bulan sekali.

Itulah Cara efektif Menghilangkan Jamur Pada Mata Ikan Arwana, semoga artikel ini bisa membantu masalah anda dalam memelihara ikan arwana.jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar yang sudah yantopedia sediakan. Atas kungjungannya saya ucapkan terimakasih.


0 Response to "Cara efektif Menghilangkan Jamur Pada Mata Ikan Arwana"

Posting Komentar