Cara jitu menghilangkan kutu jarum pada ikan arwana


ikan arwana banyak diburu oleh pecinta arwana karena keindahan fisik dan keunikan berenangnya yang indah, namun apa jadinya jika ternyata arwana yang kita pelihara malah terkena kuku jarum? Tentunya sangat menjengkelkan bukan.
Penyakit kuku jarum disebut juga dengan penyakit kutu jangkar, penyakit ini berasal dari parasit berukuran besar yang kadang nampak menyerang ikan arwana. Parasit ini disebut penyakit kutu jarum karena bentuk tubuhnya memang mirip dengan jarum yang menempel pada ikan arwana peliharaan.
kutu jamur juga disebut kutu jangkar karena parasit ini menggunakan semacam kait mirip jangkar di kepalanya untuk menempel di tubuh ikan arwana peliharaan. 

Ada beberapa gejala dan cara untuk mengobatinya agar arwana bisa sehat kembali. Yaitu sebagai berikut :

1. Gejala
Ikan arwana yang terserang kutu jamur akan menunjukkan tingkah laku yang aneh dan tidak biasa. Ikan arwana peliharaan satu ini suka menggesekkan tubuhnya di dinding akuarium dan di bebatuan dasar akuarium. Perhatikan pada tubuhnya,
Jika anda melihatnya dengan teliti maka akan Nampak seperti rambut namun pendek – pendek berukuran 6mm, itulah kutu jarum yang membuat arwana anda gatal – gatal.

2.  Kutu jarum bahaya bagi Arwana

Kutu jarum yang dalam bahasa inggris disebut dengan anchor worm ini sebenarnya merupakan krustacea yang menempel pada tubuh arwana untuk menghisap darah dan memakan sebagian dari sel sel ikan arwana, dibiarkan sudah pasti ikan arwana anda akan menderita dan tentunya akan mati dalam kurun waktu tertentu.

3. Cabut kuku jarum

Cara pertama dan mudah untuk mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan arwana adalah dengan mencabutnya menggunakan pinset, lakukan dengan cara hati –hati dan perlahan agar arwana tidak meronta - ronta. Jika terlanjur maka sisik ikan arwana akan sobek dan arwana anda akan kehilangan keindahannya. Dan jika pada arwana dewasa biasanya kutu jarum juga besar dan dapat dengan mudah diambil dengan tangan kosong.

4. Berikan Antibiotik
Setelah proses pencabutan berhasil berhasil dilakukan, maka segeralah tambahkan antibiotik ikan arwana peliharaan pada kolam atau pada aquarium. Antibiotik ini dapat dibeli di toko ikan peliharaan terdekat.

5. Selalu Bersihkan Akuarium Sobat Secara Berkala
Keadaan air yang kotor tentunya adalah faktor utama datangnya kutu jarum ini, untuk itu jangan maas untuk membersihkan air aquarium anda dengan cara menggantinya setiap tiga bulan sekali.

6. Menambahkan Bubuk Abate
Siapa sangka bubuk abate yang biasanya digunakan untuk membasmi jentik jentik nyamuk ternyata dapat mengatasi penyakit penyakit kutu jarum pada ikan arwan, caranya cukup mudah untuk dilakukan.
Cukup menambahkan bubuk abate pada aquarium tempat ikan arwana, namun perlu diingat bahwa dosis bubuk abate yang ditambahkan haruslah pas dengan kapasitas air pada aquarium. Saran saya jangan terlalu banyak member bubuk abate apalagi sampai melewati kapasitas air dalam aquarium maka dapat mengakibatkan ikan arwana juga akan ikut mati, hal itu dikarenakan bubuk abate adalah bahan kimia yang mengandung racun pembunuh, namun akan aman jika anda tidak terlalu banyak memberinya atau sesuai petunjuk yang terdapat pada bungkus bubuk abate.

7. Cara Mencegah infeksi
Setelah kutu jarum tersebut dicabut dari tubuh ikan arwana peliharaan, maka berikan arwana peliharaan antibiotik pada akuarium sehingga ikan arwana peliharaan terhindar dari infeksi seperti yang penulis jelaskan sebelumnya. Antibiotik yang diberikan arwana peliharaan bisa tetrasiklin, amoksilin,berikan antibiotic tersebut sampai arwana anda benar - benar sembuh dan kembali normal.

8. Pastikan pH Air Normal
Hal lain yang harus perhatikan dalam menyembuhkan ikan arwana adalah karakter air di kolam atau aquarium harus selalu jernih dan usahakan air terus mengalir dan anda perlu selalu menjaga kadar pH dalam air yaitu 6 atau 7, jangan lebih atau kurang karena tidak baik untuk ikan arwana.

9. Berikan Pakan Bergizi
Untuk pakan atau makanan yang diberikan untuk ikan arwana yang sakit ini harus berupa gabungan pellet yang mengandung 32% protein dan beragam pakan hidup berupa ikan mas, udang, atau potongan daging dan kepiting kecil. Pakan diberikan dengan ukuran sekitar 2 persen dari berat tubuh ikan arwana setiap hari dengan dibagi menjadi 2 kali pemberian pakan pada pagi dan sore hari.


Itulah Cara jitu menghilangkan kutu jarum pada ikan arwana yang dapat anda terapkan pada ikan arwana anda yang terkena kutu jarum, semoga artikel ini bermanfaat agar para pecinta arwana bisa dengan mudah menghilangkan kutu jarum pada arwananya. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara jitu menghilangkan kutu jarum pada ikan arwana"

Posting Komentar