Cara mengobati sapi cacingan dan pencegahannya

Dalam menjalankan usaha pastilah ada sedikit kendala yang pastinya para peternak hadapi, salah satunya adalah masalah tentang penyakit. Ada beberapa yang tidak dapat saya jelaskan pada artikel kali ini karena terlalu panjang, untuk itu kali ini saya akan membahas tentang Penyakit cacingan pada sapi lengkap dengan cara pengobatannya.



Penyakit cacingan pada sapi disebut pula helminthiasis. Penyakit cacingan ini kerap kali menyerang sapi dipedesaan yang dipelihara secara tradisional. Namun penyakit cacingan tergolong penyakit yang mudah ditangani tergantung dengan banyak/sedikit-nya cacing dalam tubuh sapi, jenis cacing yang menyerang (cacing hati, cacing pita, cacing gilig/nematoda). Jenis cacing yang menyerang sapi sebenarnya sangat banyak jenisnya. Namun yang paling sering menyerang adalah jenis cacing hati dan cacing pita,

Cacing bersarang dalam tubuh sapi biasanya disebabkan oleh kondisi pakan yang tidak bersih / mengandung larva cacing yang biasanya bersarang pada rumput hijauan.
Proses pengobatan biasanya dilakukan dengan melumpuhkan cacing sehingga cacing yang mati tersebut akan ikut keluar melalui kotoran sapi.

Sama seperti penyakit lainnya, ada beberapa ciri dan gejala yang umum pada sapi yang  terserang cacingan, yaitu sebagai berikut :

  1. Nafsu makan sapi tiba – tiba turun drastis
  2. Sapi terlihat kurus dari hari ke hari
  3. Susah buang air besar / tidak teratur
  4. Diare berkepanjangan dan mencret
  5. Gerakan melemah dan mata sayu
  6. Nafas terengah - engah
  7. Hidung dan mulut mulai kering

Cara pencegahan penyakit cacingan ini tergolong enteng dan mudah, biasa sapi yang terserang penyakit cacing akan diobati sendiri oleh pemiliknya tanpa memanggil mantra hewan.

Pencegahan cacingan pada sapi :

  • Usahakan kondisi kandang tidak sering lembab
  • Jangan terlalu sering menggembalakan sapi karena kita tidak bisa mengontrol kebersihan rumput yang dikonsumsi oleh sapi
  • Sisa pakan di kandang jangan dibiarkan terlalu lama, segera buang atau olah menjadi pupuk tanaman

Pengobatan :

  • Berikan obat cacing secara rutin dan berkala (biasanya dua bulan sekali)
  • Obat yang biasanya digunakan oleh dokter hewan adalah dalam jenis benzimidazol, Imidathiazol dan Avermectin (konsultasi dengan dokter hewan sebelum menggunakan)
  • Pengobatan tradisional dengan pemberian daun / buah nanas. Terutama untuk melumpuhkan cacing nematoda. Untuk cacing lainnya, bisa diberikan bawang putih karena sangat efektif dan tidak terdapat efek samping.

Itulah pembahasan saya kali ini tentang Cara mengobati sapi cacingan dan pencegahannya
. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda saat mengalami kesulitan. Jika ada pertanyaan silahkan taruh pada kolom komentar yang telah yantopedia sediakan dibawah ini.


0 Response to "Cara mengobati sapi cacingan dan pencegahannya "

Posting Komentar