Manfaat daging kelinci bagi kesehatan tubuh



Untuk para peternak pemula bahkan peternak senior mungkin tidak tau apa saja kandungan dan manfaat daging kelinci bagi kesehatan tubuh, rata – rata mereka hanya tau manfaat daging kelinci ini hanyalah untuk penyakit asma. Tapi nyatanya tidak, daging kelinci ini memiliki banyak manfaat yang bahkan tidak dimiliki oleh daging mamalia lain seperti kambing, sapi dan kerbau. Untuk hal itu saya akan memberitahu anda sekalian apa saja “manfaat daging kelinci bagi kesehatan tubuh”. Adapun manfaat daging kelinci bagi kesehatan sebagai berikut :

1.     Sebagai sumber nutrisi yang baik
 
Pertama daging kelinci ini bermanfaat sebagai sumber nutrisi yang baik yang tak kalah dengan daging – daging dari hewan jenis lainnya seperti daging ayam, kambing, kerbau dan sapi. Sumber nutrisinya yang tinggi dan sehat cukup baik bagi tubuh kita. Hal itu dikarenakan daging kelinci mengandung protein dan lemak dalam cukup besar yang bagus untuk pembangunan dan proteksi tubuh, sangat cocok untuk anak yang baru belajar makan nasi.
2.       Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daging kelinci sangat mendukung untuk tumbuh kembang anak, terutama kandungan proteinnya yang berperan sebagai zat pembantu tubuh yang sangat baik. Tumbuh kembang anak pun bisa mencapai optimal, karena protein dalam daging kelinci sangat mudah diserap oleh sistem pencernaan anak yang kemudian langsung didistribusikan sebagai elemen utama untuk membangun berbagai jaringan dan organ tubuh, terutama pembentukan otot. Itulah kenapa sangat disarankan agar rutin mengkonsumsi daging kelinci agar lebih cepat tampak bongsor.

3.       Dapat menjaga kesehatan lansia

Yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan orang lanjut usia. Dengan mengkonsumsi daging kelinci daya tahan tubuh akan meningkat sehingga tak mudah terserang oleh penyakit. Untuk lansia jika ingin mengkonsumsi daging kelinci ini harus dengan cara pengolahan yang benar supaya manfaat yang ada pada daging kelinci tetap tinggi dan manjur. Pengolahan terbaik tentunya dengan cara direbus, namun tak hanya daging kelinci saja yang harus di konsumsi, tapi dibarengi dengan konsumsi sayur mayur dan buah – buahan.

4.       Mengurangi resiko tekanan darah tinggi

Keempat daging kelinci dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi berkat kandungan dalam daging kelinci yang memiliki kandungan kolesterol jahat yang sangat rendah. Hal itu berbeda dengan jenis mamalia lain seperti kambing,kerbau apalagi kambing yang kadar kolesterolnya sangat tinggi. Namun hal yang harus di lakukan adalah cara pengolahan yang benar, yaitu dengan cara direbus. Karena jika digoreng maka akan sebaliknya justru memicu tekanan darah tinggi naik.

5.       Mencegah penyakit jantung

Daging kelinci yang lucu ini mengandung kolestreol tak jenuh alias kolesterol baik yang dapat menekan kolesterol jahat yang bersarang dalam tubuh. Kandungan natrium yang terkandung dalam daging kelinci ini juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk pengolahannya adalah di kukus atau direbus.

6.       Mencegah timbulnya penyakit kanker

Keenam daging kelinci ini sangat berguna untuk mencegah timbulnya penyakit kanker, hal itu berkat kandungan niacin,vitamin B12, dan selenium yang yang terkandung di dalam daging. Beberapa zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel – sel kanker. Dengan demikian mengkonsumsi daging kelinci secara  rutin bisa menekan terkena resiko pneyakit kanker.

7.       Sembuhkan penyakit asma

Penyakit asma ini memang sangat membahakan bagi penderitanya karena saat kambuh bisa sampai tersengal – sengal ketika batuk, belum lagi sulitnya bernafas karena otot dalam paru – paru mulai menyempit. Untuk penderita asma ini sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi hati dan jantung kelinci. Hal ini karena zat ketotifen yang terkandung didalamnya berperan mencegah kambuhnya asma secara tiba – tiba. Untuk cara mengolahnya dengan cara direbus atau bisa juga dipanggang, dan hindari pengolahan dengan cara digoreng walau hali itu terasa lebih nikmat.

8.       Sebagai obat kuat atau meningkatkan vitalitas kaum pria

Yang kedelapan ini sangat berguna bagi kaum yang lemah sahwat, mengkomsumsi daging kelinci ini juga mengdongkrak kamampuan vitalitas pria. Libido pria akan lebih tinggi sehingga kualitas sperma yang dihasilkan nanti akan lebih sehat dan aktif. Manfaat daging kelinci untuk vitalitas ini juga berlaku juga pada kaum hawa tentunya.

9.      Meningkatkan kesuburan wanita dan pria

Hal ini menjadi kabar baik bagi anda yang selalu mendampakan keturunan, karena karena dengan mengkomsumsi daging kelinci secara teratur akan meningkatkan kesuburan bagi kaum hawa dan sekaligus meningkatkan kualitas sperma kaum adam. Selain dagingnya, bagian yang terpenting untuk meningkatkan kesuburan kaum hawa yaitu otak kelinci.

10.  Sangat bagus untuk diet yang sehat

Kabar baik lagi bagi yang sedang menjalankan program diet, namun tak ingin meninggalkan kebiasaan makan enak, daging kelinci ini adalah solusinya. Karena daging kelinci inilah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, hal ini dikarenakan didalam daging kelinci memiliki kandungan kolesterol jahat yang sangat rendah. Jadi penambahan berat badan pun tak begitu signifikan.

Dan beberapa manfaat lain yang tidak kalah penting adalah :

11.  Menekan bahaya kolesterol jahat

12.  Mengatasi alergi karena makanan atau karena cuaca

13.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

14.  Sebagai sumber pembangunan tubuh

15.  Melegakan pernapasan
 Itulah beberapa Manfaat daging kelinci bagi kesehatan, beruntung sekali kan kita yang beternak kelinci? Bukan hanya pemasukan saja yang meningkat, namun kesehatan dan kekebalan tubuh kita juga semakin hebat. Tentunya hal ini dapa menjadi pendongkrak semangat bagi para peternak pemula maupun senior agar lebih semangat lagi dalam beternak. Karena kita bisa kapan saja memberikan daging kelinci pada buah hati kita tanpa harus mengeluarkan tabungan yang sengaja dikumpulkan untuk masa depannya. Dan semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca, silakan share dan jika ingin copas silahkan namun jangan lupa sertakan sumber. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat daging kelinci bagi kesehatan tubuh"

Posting Komentar